Apa itu kain Oxford? kenali lebih detail karakterisik sera harga terbaru

Bagi banyak pria biasanya sudah tidak asing dengan jenis kain oxford. Hal tersebut dikarenakan jenis kain ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan kemeja yang cukup adem dan nyaman ketika digunakan. Kemeja bahan oxford juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Selain kemeja, bahan oxford juga bisa dimanfaatkan menjadi berbagai jenis pakaian. Kualitas bahan oxford juga cenderung kuat dan tidak mudah sobek. Sehingga, banyak seragam kerja maupun sekolah yang menggunakan bahan oxford dalam pembuatan seragam.

Seperti Apa Kain Oxford?

Bahan oxford merupakan jenis kain yang terbuat dari katun dan sedikit campuran tetoron. Secara umum, oxford dapat dimasukkan ke dalam kategori tekstil yang terbuat dari penyilangan dua benang sampai membentuk tekstur titik-titik. Saat diraba bahan oxford akan terasa halus.

Advertisements

Bahan oxford merupakan kain tenun yang memiliki karakteristik struktur keranjang yang disebut basketweave dengan kilau yang khas. Jenis kain ini sering diproduksi untuk pembuatan kemeja, baik kemeja formal atau kemeja kasual.

Ciri atau Karakteristik

Untuk memastikan bahwa jenis kain yang Anda beli merupakan bahan oxford maka Anda perlu mengenal ciri atau karakteristik kain oxford oxford. Berikut merupakan karakteristik bahan oxford, yaitu:

  • Ketika diraba bahan oxford akan terasa halus.
  • Tekstur kain rata, sehingga bahan oxford akan terlihat rapi serta lembut saat diraba menggunakan permukaan tangan.
  • Kekuatan bahan oxford termasuk dalam kategori bahan yang sangat kuat dikarenakan pembuatannya menggunakan teknik khusus.
  • Bobot bahan oxford ringan dan tipis, sehingga pori kulit bisa bernafas dengan baik.
  • Benang-benang kain bahan oxford akan terlihat seperti pixel pada foto atau resolusi gambar jika diperbesar.

Kelebihan-Kekurangan

Bahan oxford ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai busana baik untuk pria maupun wanita. Sebelum membeli bahan oxford, Anda harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari bahan oxford. Berikut merupakan kelebihan bahan oxford, yaitu:

Baca Juga  KAIN KATUN seperti apa? penjelasan lengkap dan jenisnya
Advertisements
  • Bahan oxford sangat cocok digunakan di wilayah dengan iklim tropis, seperti Indonesia.
  • Memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga nyaman ketika dikenakan.
  • Kain xford tersedia dalam berbagai warna yang berbeda dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan pemakai.
  • Memiliki ketebalan yang paling kecil dibandingkan jenis kain drill yang lain. Hal ini membuat bahan oxford merupakan bahan yang paling lembut dan lentur dibandingkan jenis drill lainnya, sehingga penggunanya akan merasa nyaman ketika menggunakan pakaian bahan oxford.
  • Kain tidak menerawang dan tidak transparan yang membuat jenis kain ini sangat cocok digunakan sebagai bahan membuat pakaian untuk pria dan wanita.
  • Bahan oxford dijual dengan harga yang terjangkau.
  • Tidak hanya murah, bahan oxford dapat ditemukan dengan mudah di toko kain daerah Anda. Tetapi, jika Anda menginginkan bahan oxford dengan kualitas yang bagus maka beli dari toko kain yang telah terpercaya.

Ada banyak kelebihan dari bahan oxford yang sangat menguntungkan bagi penggunanya. Selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan bahan oxford yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa kekurangan bahan oxford, yaitu:

  • Jika terkena detergen berlebih maka serat pada bahan oxford akan rentan sobek dan kaku.
  • Bahan oxford termasuk jenis kain yang mudah kusut. Hal ini masih bisa diatasi dengan cara menyetrika pakaian dengan bahan oxford setiap habis mencucinya.
  • Ada bahan oxford yang dijual dengan kualitas kurang bagus. Sebagai konsumen, Anda harus bisa memeriksa bahan dengan cermat sehingga bisa memperoleh bahan oxford yang berkualitas.

Harga Kain Oxford

Harga bahan oxford sangat beragam tergantung merek, toko, dan faktor lainnya. Berikut merupakan beberapa harga bahan oxford, yaitu:

Jenis KainHarga (Rp/meter)
Taipan Tropical45.000
Cotton Oxford35.000
Denim Oxford37.050
Katun Oxford Sari Warna Polos Grade A25.000
Katun Masker Oxford Anti Microbial35.000

Jenis Kain Oxford

Terdapat beberapa jenis bahan oxford yang dijual di pasaran. Berikut beberapa jenis bahan oxford yang dapat Anda temukan, yaitu:

Baca Juga  Bahan Rayon Viscose: ketahui karakeristik kelebihan dan kekuragannya

1.   Oxford Taipan Tropical

Taipan Tropical adalah jenis kain yang merupakan turunan oxford dan terbuat dari campuran katun dengan polyester. Bahan taipan tropical ini banyak dibilang memiliki kualitas yang sebanding dengan japan drill. 

Perbedaan taipan tropical dengan japan drill adalah kain ini tidak memiliki tekstur dengan garis miring seperti kain drill yang lain.

2.   Cotton Oxford

Katun oxford juga sering disebut sebagai kain osworth atau kain tropical. Oleh karena itu, jika Anda sedang membeli di toko kain jangan sampai kebingungan dengan nama yang berbeda. 

Semakin banyak komposisi katun pada bahan maka tingkat kenyamanan kain juga akan semakin tinggi.

Advertisements

3.   Oxford Denim

Kain oxford ini terbuat dari bahan denim. Denim adalah jenis kain yang terbuat dari twill weave atau sejenis tenun silang kepar. Karakteristik oxford denim adalah memiliki tekstur yang sedikit kasar dengan durability yang lebih kuat dibandingkan jenis kain lainnya.

Perbedaan dengan Bahan yang Hampir Sama

Jenis bahan oxford terkadang sulit dibedakan dengan bahan katun. Bahan katun terbuat dari serat kapas murni. Hal tersebut membuat bahan katun memiliki karakteristik yang tidak mudah kusut, lembut, dan mudah menyerap keringat. 

Bahan katun sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kaos sablon atau kaos bordir. Sementara itu, bahan oxford merupakan jenis katun campuran yang dirajut, sehingga bahan memiliki karakteristik yang kaku dan lebih kuat. 

Bahan oxford lebih cocok dimanfaatkan untuk membuat seragam atau kemeja.

Contoh Penggunaan Kain Oxford

Selain kemeja pria, kain oxford dapat digunakan untuk berbagai jenis pakaian. Bahan oxford juga cocok untuk dibuat pakaian santai maupun formal. Berikut merupakan beberapa contoh penggunaan bahan oxford, yaitu:

Baca Juga  Kain Linen: Yuk ketahui detail kain, karakteristik dan contohnya

1.   Kemeja

Jenis pakaian yang banyak dibuat menggunakan bahan oxford adalah kemeja pria. Kemeja pria dari bahan oxford bisa dibuat dengan model yang beragam. Mulai dari kemeja kasual, kemeja formal, dan kemeja slim fit dengan potongan pas badan.

Ketika Anda membeli kemeja dengan bahan oxford maka anda harus bisa teliti agar mendapatkan kemeja dengan kualitas yang bagus.

2.   Blus wanita

Blus wanita yang terbuat dari bahan oxford akan terlihat lebih berkelas walaupun modelnya sederhana. Blus bahan oxford ini cocok digunakan pada acara formal, semi formal, atau santai.

3.   Baju koko

Bahan oxford juga sangat bagus digunakan untuk membuat baju koko dengan berbagai model dan trendy. Saat ini baju koko juga banyak digunakan untuk berbagai kegiatan, sehingga baju koko bahan oxford akan lebih nyaman digunakan dibandingkan bahan yang panas. 

Baju koko bisa dibuat dalam dua macam model yaitu model baju lengan panjang serta lengan pendek.

4.   Gamis

Selain kemeja, saat ini bahan oxford juga banyak dimanfaatkan untuk membuat gamis wanita. Gamis yang terbuat dari bahan oxford akan terasa nyaman dan tidak menerawang. Bagi Anda yang ingin membuat gamis, Anda bisa mencoba berkreasi dengan bahan oxford.

5.   Masker kain

Masker kain juga bisa dibuat menggunakan bahan oxford. Karakteristik yang lembut dan hadir dalam beberapa warna membuat kain oxford cocok sebagai bahan dalam pembuatan masker kain.

Tentu saja Anda harus memperhatikan bahwa kain cukup tebal sebelum dibuat menjadi masker, sehingga masker bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Walaupun masih banyak orang yang bingung dalam membedakan bahan oxford dan katun, ternyata kedua jenis kain memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Bahan oxford bisa Anda pilih jika Anda ingin membuat pakaian yang nyaman dan tidak panas ketika digunakan.

Diambil dari berbagai seumber:

  • https://fitinline.com/article/read/kenali-ciri-khas-kelebihan-dan-kekurangan-kain-oxford-serta-pemanfaatannya-pada-produk-sandang/
  • https://www.fesyendesign.com/kain-oxford/
  • https://ozzakonveksi.com/mengenal-bahan-kain-oxford-kelebihan-serta-kekurangannya/
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *