Bahan Babyterry


Bahan Babyterry seperti apa? – Kain Terry atau Babyterry adalah kain tebal yang terbuat dari dua posisi benang. Dimana satu benang diatur dalam posisi tegang, sedangkan benang lainnya diatur dalam posisi longgar.

Hal ini bertujuan agar kain memiliki rongga dan empuk. Sehingga walaupun kain terlihat tebal akan tetapi jika dipakai akan terasa sejuk.

Jika dilihat secara mendetail, kita akan melihat perbedaan yang jelas antara kain lain dan kain babyterry ini.

Tekstur permukaan di salah satu sisi kain terlihat memiliki bulatan kecil seperti cincin dan mengait antara satu yang lainnya. Sedangkan, sisi lain memiliki permukaan seperti kain kaos pada umumnya.

Karakteristik dan kelebihan bahan Babyterry

Kain Babyterry, Bahan Alami -  -

Sebenarnya, kain Babyterry memiliki beberapa jenis. Jenis kain disesuiakan dengan produk yang akan dibuat. Akan tetapi secara umum kita dapat mengenai ciri bahan Baby terry ini dengan mengenali karakteristik kain tersebut.

Berikut ini ciri bahan babyterry yang menjadi karakteristik serta kelebihannya:

  1. Memiliki permukaan luar dan dalam. Pada sebagian permukaan kain memiliki tekstur kain kaos pada umumnya. Namun pada sebagian permukaan lain kain ini memiliki “loop” atau bulatan kecil seperti handuk namun lebih padat.
  2. Termasuk jenis kain tebal. Meskipun tebal kain ini tidak gerah saat dikenakan. Karena memiliki rongga diantara rajutan benang “loop”.
  3. Jika dipegang kain terasa empuk karena adanya “loop” atau benang yang megumpul seperti cincin. Namun kain ini tidak beberapa kain wol.
  4. Kain tidak terlalu berat. Meskipun tebal, ternyata kain ini tidak terlalu berat, sehingga cocok digunakan sebagai bahan pakaian sehari hari. Namun lebih cocok untuk bahan pakaian musim dingin atau bayi agar suhu badan tetap terjaga.
  5. Kain terasa lembut saat dikenakan. Karena bahan ini memang kebanyakan berbahan dasar alami seperti Cotton, Viscose atau Bambbo.
  6. Memiliki daya serap keringat yang bagus. Karena terbuat dari bahan alami, tentunya kain memiliki daya serap keringat yang sangat bagus.
  7. Tidak menimbulkan iritasi. Kain yang terbuat dari bahan alami cenderung memiliki sifat alami yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Sehingga bahan ini memang banyak digunakan untuk pakaian bayi.

Bahan Babyterry mrip dengan kain Fleece

Ada satu lagi kain yang memiliki kesamaan dengan kain Fleece ini. Yaitu kain Fleece. Agar dapat membedakan dari kedua kain tersebut, kamu juga harus mengethaui karakteristik kain Fleece…

Bahan utama kain Babyterry

Pada awalnya kain ini terbuat dari bahan Cotton 100%, akan tetapi sekarang banyak dikembangkan yaitu dengan mencampur bahan Cotton dengan bahan lain

Pencampuran bahan disesuaikan degan penggunaan pakaian. bahan yang sering digunakan untuk campuran yaitu: Polyester, Spandex dan Rayon.

Meskipun bahan dicampur, karakter kain tidak berubah dan kain babyterry yang ada di pasaran umumnya memiliki karakteristik seperti yang kita sebutkan di atas tadi.

Contoh Produk bahan Babyterry

Jika dilihat dari karakteristiknya, memang kain ini awalnya digunakan untuk bahan pakaian hangat seperti sweater, hoodie, jaket dan pakaian bayi.

Akan tetapi dengan berkembangnya zaman, produsen membuat jenis kain babyterry yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Ada yang memiliki loop besar ada juga yang memiliki loop kecil.

Kain Babyterry, Bahan Alami -  -

Sekarang ini banyak sekali penggunaan bahan babyterry untuk pakaian sepeti:

Kain Babyterry, Bahan Alami -  -
  • Hoodie
  • Sweater
  • T-shirt
  • Gamis
  • Handuk
  • Pakaian anak
  • Pakaian Bayi
  • Rok
  • Dan lain sebagainya…

Kekurangan bahan Bahan babyterrry

Kain Babyterry, Bahan Alami - kekurangan bahan baby terry - kekurangan bahan baby terri dan kelebihannya

Kekurangan bain babyterry ini sebenarnya ada pada loop kain.

  1. Dengan adanya loop ini, kain menjadi mudah tercantol barang barang sekitar sehingga gampang rusak.
  2. Kurang cocok dipakai pada musim panas karena kain terlalu tebal.
  3. Kain tidak cepat kering sehingga kain kadang berbau setelah dicuci dan dijemur.
  4. Tidak seperti kain Spandek. Kain ini kurang elastis, sehingga tidak cocok untuk pakaian yang memerlukan pergerakan tinggi.

Kesimpulan

Kain Babyterry, Bahan Alami - bahan baby terry - kain baby terry

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, tentnunya pemakai sudah tahu bagaimana cara merawat kain tersebut.

Tidak semua kain Babyterry memiliki karakteristik seperti yang digambarkan diatas, karena sekarang ini banyak sekali produsen yang menjual kain degan berbagi tingkatan kualitas. Artikel ini hanya menggambarkan kain secara umumnya saja.

Di pasaran kain ini juga dijual dengan harga yang bervariatif, mahal atai tidaknya bahan tergantung bahan utama yang digunakan serta kualitas kain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *