9 Jenis Isian Bantal

Memilih jenis isian bantal yang tepat agar nyaman dan tidak membuat leher pegal memang hal yang tergolong gampang-gampang susah. Banyaknya pilihan isi bantal membuat Anda harus jeli dan teliti sehingga nyaman digunakan dan tidak menyebabkan leher menjadi pegal atau sakit.

Pemilihan isi bantal yang tepat akan mempengaruhi kualitas tidur Anda. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jenis bantal beserta jenis isian bantal yang recommended dan nyaman digunakan.

Advertisements

Pengertian Bantal dan Jenis-jenisnya

Setiap orang tentu membutuhkan istirahat yang cukup untuk membantu memulihkan kondisi tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas. Salah satu komponen penting untuk mendukung kualitas tidur yang baik adalah pemilihan bantal yang tepat.

Berdasarkan pengertiannya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bantal adalah suatu benda yang digunakan untuk alas kepala, alas duduk, atau sandaran punggung yang dijahit menyerupai karung dengan isian berupa kapuk, sabut, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengertian tersebut, bantal tidak hanya menjadi komponen penting dalam kamar tidur saja, namun menjadi salah satu elemen pelengkap di ruang tamu atau ruang keluarga. Menurut fungsi dan manfaatnya, bantal terbagi menjadi beberapa jenis antara lain sebagai berikut.

  1. Bantal kepala yang berfungsi sebagai alas kepala ketika tidur. Bantal kepala biasanya memiliki bentuk persegi panjang dengan pilihan jenis isian bantal yang beragam, mulai dari kapuk, busa, dacron, dan lain sebagainya.
  2. Bantal guling merupakan pasangan dari bantal kepala yang biasanya tersedia dalam bentuk lonjong. Bentuk bantal guling yang lonjong ini bertujuan agar lebih nyaman dipeluk.
  3. Bantal leher memiliki bentuk menyerupai huruf U yang digunakan untuk menyangga leher agar Anda terhindar dari rasa pegal saat bepergian jarak jauh. Bantal leher didesain dengan ukuran yang kecil minimalis agar lebih praktis saat dibawa ke mana-mana.
  4. Bantal sofa atau cushion merupakan bantal yang digunakan sebagai pelengkap sofa atau kursi tamu. Sarung bantal sofa biasanya didesain dengan bentuk persegi dan motif yang senada dengan sofa untuk mempercantik tampilan sofa.
  5. Bantal duduk merupakan jenis bantal yang dirancang khusus untuk alas duduk. Dari segi bentuk dan ukuran, bantal duduk hampir sama seperti bantal sofa. Perbedaan keduanya terletak pada kerutan yang terdapat pada permukaan bantal dan lebih empuk.
  6. Bantal bayi merupakan jenis bantal yang dirancang khusus untuk bayi sehingga ukurannya lebih kecil dibandingkan ukuran bantal pada umumnya. Pada bantal bayi biasanya terdapat ruang kosong di bagian tengahnya yang bertujuan untuk menahan kepala bayi agar tidak bergeser
Baca Juga  Jenis Resleting : Fungsi dan contoh gambar

9 Jenis Isian Bantal yang Nyaman dan Recomended

Ada berbagai jenis bantal yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli bantal, pastikan Anda paham jenis isian bantal sehingga lebih nyaman saat digunakan. Berikut ini beberapa rekomendasi isian bantal beserta karakteristiknya.

1. Dacron (silicon)

Dacron merupakan salah satu jenis isian bantal yang paling diminati karena kemampuannya yang baik dalam menopang kepala. Dacron terdiri dari 3 jenis yaitu polyester, silikon, dan reguler. Isian bantal yang satu ini banyak dipilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain:

Advertisements
  • Memiliki fleksibilitas yang tinggi
  • Terhindar dari debu dan tungau
  • Tahan lama meskipun sering dicuci

2. Kapuk

Sebelum maraknya bantal isi dacron, kapuk menjadi salah satu jenis isi bantal yang populer di kalangan masyarakat. Jenis isian yang berasal dari tanaman kapuk ini akan dibersihkan dan diproses terlebih dahulu sebelum dijadikan bantal agar steril dan tidak mengganggu pernapasan.

3. Busa

Anda tentu sudah sangat familiar dengan bantal busa, bukan? Jenis isian bantal yang satu ini memang sangat mudah ditemukan di pasaran. Keunggulan dari isi bantal jenis ini terletak pada teksturnya yang lentur, empuk, dan bisa mengikuti bentuk kepala (fleksibel).

Di samping keunggulan tersebut, bantal dengan isian busa juga memiliki kekurangan antara lain timbulnya efek panas jika digunakan terlalu lama, sehingga akan terasa kurang nyaman untuk digunakan tidur.

4. Memory Foam

Memory foam merupakan jenis isian untuk bantal yang menggunakan bahan busa bernama polyurethane. Tidak seperti kebanyakan bantal pada umumnya, isian bantal memory foam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali bentuk semula saat mendapatkan tekanan.

Baca Juga  Jenis Resleting : Fungsi dan contoh gambar

Meski begitu, isian bantal jenis ini banyak disukai masyarakat karena memiliki daya serap yang baik sehingga cocok digunakan oleh orang-orang yang mudah berkeringat saat tidur.

5. Latex

Latex merupakan isian bantal yang memiliki kualitas terbaik dan tergolong dalam kategori bantal yang sehat, karena memiliki rongga. Bantal dengan isian latex akan memungkinkan Anda untuk tidur dalam posisi yang nyaman tanpa takut merasakan pegal pada leher.

Advertisements

Tidak hanya itu saja, bantal latex juga menjauhkan Anda dari risiko alergi dan ruam. Hal ini dikarenakan bahan latex yang tidak menimbulkan efek panas dan memiliki daya serap keringat yang baik.

6.   Nanofiber

Nanofiber diklaim sebagai salah satu jenis isi bantal yang tingkat kenyamanannya melebihi bantal isi dacron. Dengan menggunakan bantal nanofiber, tidur Anda akan lebih nyenyak dan berkualitas. Namun sayangnya, isian bantal jenis ini masih cukup sulit ditemukan di pasaran.

7. Mikrofiber

Dibandingkan dengan nanofiber, isian bantal mikrofiber lebih mudah ditemukan di pasaran. Isian bantal jenis ini sudah diproses menggunakan teknologi yang canggih dan modern, sehingga pengguna bantal mikrofiber tidak akan mengalami alergi. Ada beberapa keunggulan bantal mikrofiber antara lain:

  • Memiliki bobot yang terbilang ringan
  • Teksturnya empuk dan nyaman digunakan
  • Mudah dibersihkan karena tidak mudah menyerap kotoran atau noda.

8. Bulu Angsa

Isian bantal dari bulu angsa dikenal sangat halus dan nyaman saat digunakan. Meski begitu, harga yang dibanderol untuk bantal dengan isian bulu angsa ini tergolong mahal dibandingkan isian bantal lainnya.

Karena terbuat dari bahan organik, bantal bulu angsa menghasilkan debu yang lebih banyak sehingga sangat tidak disarankan bagi pengguna yang memiliki alergi terhadap debu.

Baca Juga  Jenis Resleting : Fungsi dan contoh gambar

9. Plastik

Plastik merupakan salah satu jenis isian untuk bantal yang populer di Jepang. Jenis isian bantal ini terbuat dari plastik yang bentuknya seperti sedotan. Sebelum dibungkus kain untuk dijadikan bantal, plastik akan dikemas ke dalam kain jaring yang dilengkapi risleting.

Daftar Harga Bantal Berdasarkan Isinya

Harga yang dibanderol untuk masing-masing bantal juga sangat bervariasi tergantung merk dan kualitas bahan isian yang digunakan. Berikut ini daftar kisaran harga bantal berdasarkan jenis isian bantal yang digunakan.

No. Jenis Bantal Kisaran Harga
1. Bantal Kapuk Rp20.000,00 – Rp50.000,00
2. Bantal Dacron Rp25.000,00 – Rp400.000,00
3. Bantal Bulu Angsa Rp150.000,00 – Rp4.000.000,00
4. Bantal Nanofiber Rp150.000,00 – Rp1.000.000,00
5. Bantal Memory Foam Rp160.000,00 – Rp550.000,00
6. Bantal Mikrofiber Rp100.000,00 – Rp400.000,00
7. Bantal Busa Rp50.000,00 – Rp250.000,00
8. Bantal Plastik
9. Bantal Latex Rp100.000,00 – Rp600.000,00

Penjelasan mengenai jenis bantal dan isiannya di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi dan tambahan pengetahuan. Sebelum memutuskan untuk membeli bantal, pastikan untuk mengenali jenis isian bantal terlebih dahulu sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dan budget yang dimiliki.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *