Bahan Oscar Seperti Apa?

Banyak orang memilih sofa sebagai furniture rumah karena kenyamanan yang ditawarkan. Kehadiran sofa akan membuat tampilan ruangan Anda terlihat lebih elegan. Tampilan cantik sofa sangat bergantung pada kain pembungkusnya. Salah satu jenis kain pelapis sofa terbaik yaitu kain oscar.

Kualitas jenis kain yang satu ini tentunya sudah tidak diragukan lagi. Untuk mengetahui seperti apa karakteristik kain Oscar, cara perawatan, dan jenis-jenisnya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Advertisements

Seperti Apa Kain Oscar Itu dan Bagaimana Karakteristiknya?

Sebagian orang mungkin belum terlalu paham dengan bahan Oscar. Oscar merupakan jenis kain sintetis yang jika dilihat secara sekilas bentuk fisiknya menyerupai kulit. Jenis kain yang satu ini tidak hanya digunakan untuk pembungkus sofa saja, namun untuk melapisi jok mobil dan kursi juga.

Kain Oscar memiliki karakteristik yang lembut dan kuat dengan harga yang sangat bersahabat. Berikut ini ciri-ciri bahan Oscar.

  • Tidak mudah kotor sehingga mudah dibersihkan saat terkena air atau noda.
  • Tidak mudah lengket dan nyaman digunakan.
  • Lebih elastis, kuat, dan tidak mudah robek karena terdapat satu hingga dua rajutan.
  • Tahan lama dan tahan terhadap embusan angin maupun hujan ringan.

Jenis-jenis Bahan Oscar

Sebagai salah satu bahan sintetis pelapis sofa atau jok mobil, bahan Oscar terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis kain Oscar antara lain sebagai berikut ini.

1.   Kain Myo

Kain myo merupakan salah satu jenis kain yang sering digunakan untuk bahan pelapis sofa karena memiliki beberapa keunggulan terutama dalam segi serat kainnya. Serat kain myo memiliki bulu-bulu halus yang memungkinkan untuk menyerap hangat dengan baik sehingga nyaman digunakan.

Baca Juga  Kenali karakterisitik Kain Drill lebh detail

Kain ini juga memiliki tekstur yang elastis sehingga tidak mudah robek meskipun diberi beban yang cukup berat. Harga yang dibanderol untuk jenis kain ini juga terbilang terjangkau yaitu kisaran Rp50.000,00 hingga Rp60.000,00 per meternya.

Advertisements

2.   Kain MBTech

Kain MBTech merupakan salah satu kain yang paling banyak digunakan untuk melapisi jok mobil dan sofa. Jenis kain ini memiliki tingkat keawetan yang tinggi dan nyaman digunakan. Harga yang dipatok untuk kain MBTech terbilang tinggi yaitu kisaran Rp80.000,00 hingga Rp200.000,00 per meter.

3.   Kain Maestro

Kain maestro merupakan jenis kain yang memiliki kualitas yang setara dengan kain MBTech. Dibandingkan jenis kain lainnya, kain maestro memiliki motif yang akan membuat tampilan sofa menjadi semakin unik, menarik, dan terkesan unik.

Kain maestro memiliki serat yang halus seperti karpet. Jenis kain ini juga memiliki tekstur yang lentur sehingga mampu menahan beban dengan baik.

4.   Kain New Ebonia-T

Jenis kain pelapis lainnya yang memiliki kualitas mirip kain myo yaitu New Ebonia-T. Serat dan tekstur antara kain New Ebonia-T dengan kain myo hampir mirip. Hanya saja serat pada kain New Ebonia-T lebih renggang dibandingkan dengan kain myo.

Meski serat kainnya lebih renggang, namun kain ini tergolong kuat, lentur, dan tidak mudah robek. Serat kainnya yang renggang juga memiliki fungsi untuk mengalirkan suhu yang mengendap pada sofa sehingga lebih nyaman saat digunakan untuk bersantai.

Harga yang dibanderol untuk jenis kain ini relatif sama dengan harga kain myo yaitu kisaran Rp52.000,00 hingga Rp60.000,00 per meternya.

Advertisements

5.   Kain Virotex

Jenis kain lainnya untuk pelapis sofa yaitu virotex. Pada umumnya, kain jenis ini banyak digunakan untuk produksi tas dan aksesori. Namun, karena teksturnya mudah dibentuk, banyak industri pembuatan sofa yang menjadikannya sebagai salah satu kain yang dipilih untuk melapisi sofa.

Baca Juga  Bahan Rayon Viscose: ketahui karakeristik kelebihan dan kekuragannya

Harga yang dibanderol untuk jenis kain ini yaitu kisaran Rp45.000,00 hingga Rp50.000,00 per meter. Namun sayangnya, kain ini memiliki serat yang cukup tipis sehingga lebih mudah rusak dan rentan sobek dibandingkan dengan kain myo atau jenis kain lainnya.

Kelebihan Bahan Oscar

Setelah memahami mengenai apa itu kain Oscar dan jenis-jenisnya, Anda juga harus tahu apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh jenis kain yang satu ini. Kelebihan dari bahan Oscar antara lain sebagai berikut.

  • Alternatif bahan pengganti kulit asli yang lebih terjangkau dan ramah di kantong.
  • Bahan Oscar tersedia dalam berbagai pilihan motif/corak dan warna.
  • Multifungsi karena tidak hanya digunakan untuk pelapis sofa, namun pelapis berbagai jenis kursi seperti kursi kantor, kursi makan, dan jok mobil.
  • Mudah dibersihkan dan tahan dengan percikan air.
  • Cara perawatannya sangat mudah yaitu cukup menggunakan kain lap basah atau sikat gigi yang halus.

Di samping menawarkan kelebihan, kain Oscar juga memiliki beberapa kekurangan antara lain timbulnya rasa panas ketika diduduki dalam waktu lama, rentan rusak apabila terkena paparan sinar matahari, dan mudah pecah atau retak.

Cara Merawat Bahan Oscar yang Benar

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan Oscar, kunci utama agar sofa dengan lapisan kain Oscar lebih tahan lama dan tidak cepat rusak atau sobek yaitu merawatnya dengan benar. Berikut ini beberapa cara perawatan bahan Oscar yang benar dan tepat.

1.   Gunakan Cuka

Cara yang tepat agar sofa tetap awet yaitu segera membersihkan sofa ketika terkena noda menggunakan lap kering atau lap yang sudah ditetesi cuka. Untuk mengurangi bau yang kurang sedap akibat penggunaan cuka, Anda bisa menaburkan baking soda pada bagian sofa yang dibersihkan.

Baca Juga  5 Jenis BAHAN KAOS yang bisa dipilih untuk produksi

2.   Gunakan Kemoceng atau Lap Kering

Selain noda, Anda juga harus membersihkan debu yang menempel pada permukaan sofa agar debu tidak menumpuk dan merusak lapisan sofa. Cara membersihkan debu yang menempel pada sofa sangatlah mudah yaitu cukup menggunakan lap kering atau kemoceng.

3.   Gunakan Sari Cuka Apel

Untuk menjaga lapisan sofa tetap awet dan terawat, Anda bisa menggunakan sari cuka apel yang dicampur air dengan perbandingan 5:1. Setelah tercampur merata, Anda bisa menggunakan lap kering untuk menggosok permukaan sofa yang kotor atau terkena noda dengan hati-hati.

4.   Keringkan Sofa Dengan Kipas Angin

Cara lain agar sofa terawat dengan baik yaitu dengan mengeringkan permukaannya menggunakan kipas angin setelah selesai dibersihkan. Meskipun lapisan sofa dapat kering dengan sendirinya, namun penggunaan kipas angin atau alat pengering rambut dapat mempercepat proses pengeringan sofa.

5.   Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Agar sofa Anda tetap awet dan tidak cepat rusak, hindari untuk meletakkan sofa di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat membuat permukaan sofa cepat panas, sehingga mengakibatkan lapisan kain Oscar mengalami retak dan pecah.

6.   Gunakan Pelembab Sofa

Karena sifat bahan Oscar yang tidak tahan terhadap paparan sinar matahari, Anda bisa menggunakan pelembab sofa agar kelembaban permukaan sofa tetap terjaga. Selain itu, pelembab sofa akan membantu mempertegas warna sofa dan menjaga elastisitas permukaan sofa.

Penggunaan pelembab sofa juga akan membuat lapisan sofa terhindar dari kerutan yang bisa menyebabkan permukaannya mudah sobek atau retak. Pemberian pelembab sofa ini bisa dilakukan secara teratur minimal satu kali dalam seminggu.

Dari penjelasan di atas, Anda akan lebih memahami mengenai karakteristik dan keunggulan dari kain Oscar. Harganya yang terbilang murah dan perawatannya yang mudah, membuat bahan Oscar ini banyak diminati dan dipilih sebagai lapisan sofa.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *