Bahan Kaos PE seperti apa? berikut contoh dan penjelasannya

bahan pe

PE sendiri singkatan dari polyester. Nah polyester sendiri terbuat dari kata poly dan ester yang artinya dibuat dari pengulangan dari bagian senyawa ester sehingga membentuk serat sintetis yang menjadi bahan dasar sebuah produk.

bahan PE adalah 300x214 - Bahan Kaos PE seperti apa? berikut contoh dan penjelasannya

Serat sintetis paling banyak digunakan untuk keperluan industri textile yaitu bahan kain, termasuk kain kaos yang kita kenal sekarang ini.

Jadi serat sintetis bisa dibilang serat buatan, tidak seperti serat alami dari tumbuhan seperti kapas, linen, sutera, katun dan lain sebagainya.

Seat sintetis tidak hanya terbuat dari hasil minyak bumi namun ada juga terbuat dar bahan alami seperti dari kulit tumbuhan.

Untuk membedakan antara kaos berbahan polyster atau serta sintetis dengan produk berbahan alami sangatlah mudah. Jika dibakar, serat sintetis terlihat meleleh seperti plastik dan menimbulkan bau yang tidak sedap sedangkan bahan alami jika dibakar tidak meleleh seperti kita membakar serat kayu.

Kain Kaos PE

Polyester sendiri bisa dicampur dengan beberapa bahan alami seperti katun atau sutera untuk kebutuhan sebuah produk. Namun harganya jauh lebih mahal dari pada kain yang menggunakan polyester 100%.

Kain kaos yang menggunakan bahan PE 100% memiliki harga yang paling murah. Biasanya digunakan untuk kaos partai, kaos promosi atau event, kaos suvenir, jilbab instan murah atau kaos-kaos olahraga yang yang dijual murah di pasar.

Dalam perkembangannya kaos berbahan PE dibuat dengan tingkatan kualitas dan ketebalan yang bisa di sesuaikan dengan budget. Mulai dari Polyester 20s sampai Polyester 40s. Semakin tebah bahan maka harga semakin mahal.

Namun sebagus-bagusnya kain polyester tetap lebih nyaman kain yang berbahan serat alami.

Produk yang menggunakan bahan PE mempunyai beberapa kekurangan sebagai Berikut:

Kekurangan bahan polyester

  • Tidak bisa menyerap keringat dengan sempurna
  • Terasa panas ketika dipakai walaupun kain terlihat lembut dan halus.
  • Bisa menimbulkan iritasi jika pemakaiannya memiliki kulit sensitif
  • Mudah terbakar dan tidak tahan panas setrika.

Kelebihan bahan polyester

  • Murah meriah
  • Bahan lentur
  • Lebih tahan terhadap kuman dan jamur
  • Tidak mudah kusut karena bukan terbuat dari serat alami.

Bahan PE tidak melulu seperti kaos, namun ada yang dibuat menyerupai kain katun, woll, satin dan menyerupai bahan lain atau persisi produk original lain. Seperti Jilbab misalnya, banyak sekali jilbab dijual dengan harga murah. Lebih-lebih di toko online seperti Shopee, Bukalapak atau Tokopedia.

Mereka menggunakan gambar produk original dan harga dibawah rata-rata karena bahan dari jilbab tersebut adalah bahan PE. Jika dilihat sekilas memang sama tetapi kualitas jauh berbeda.

Jilbab Bahan Kaos PE (Polyester)

Jika kamu sendiri pernah membeli sebuah jilbab yang memiliki harga sangat terjangkau dan sekilas bahan terlihat bagus namun ketika dipakai jilbab terasa tidak nyaman, panas dan licin tidak seperti jilbab yang memiliki harga mahal. hal ini karena bahan jilbab murah biasanya menggunakan bahan 100% plester.

Kita bisa bandingkan produk jilbab kaos seperti jilbab arrafi, zoya atau eldya hijab dengan produk yang ada di pasar. meskipun desain sama dan kain sama pasti jika dipakai terasa berbeda.

Jadi jika produk dipakai keseharian belilah produk yang original seperti produk eldya hijab.

Berikut ini video singkat tentang bahan PE

Feature image by https://www.rushordertees.com/

Leave a Reply