Mengenal Kain Twill (Katun Cina) lebih detail

Bagi penggemar baju gamis atau baju muslim maka kain twill ini menjadi bahan yang sedang banyak digunakan. Bahan twill yang adem dan tidak menerawang memang sangat cocok dimanfaatkan dalam pembuatan busana muslim.

Selain baju muslim, bahan twill juga bisa dibuat menjadi berbagai jenis pakaian, misalnya jaket atau celana lapangan. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan bahan twill mungkin akan sulit membedakannya dengan kain drill.

Advertisements

Seperti Apa Kain Twill?

Bahan twill juga disebut sebagai kain atau katun Cina. Jenis kain ini memiliki kualitas yang dibilang mirip dengan katun Jepang, walaupun begitu katun Jepang memiliki kualitas yang lebih baik. Bahan twill terbuat dari campuran katun dengan spandex sebesar 2%.

Salah satu ciri dari bahan twill adalah warna kain yang tidak terlalu mencolok. Namun, jenis bahan ini sangat cocok dibuat menjadi baju, karena sifatnya yang cukup lentur dan tidak menerawang.

Ciri atau Karakteristik

Supaya tidak salah ketika membeli bahan twill maka Anda perlu mengetahui karakteristik yang membedakan kain twill dengan kain lainnya. Berikut merupakan beberapa ciri atau karakteristik bahan twill, yaitu:

  • Twill merupakan kain yang memiliki tekstur tipis. Namun, bahan twill tidak menerawang sehingga sangat cocok dibuat menjadi pakaian.
  • Bahan twill terbilang adem dan nyaman saat digunakan. Bahan twill atau kain Cina lebih tipis dibandingkan katun Jepang, sehingga lebih adem dan sejuk saat dipakai.
  • Memiliki permukaan bahan yang berbentuk diagonal.
  • Bahan twill lebih tahan lama dan kuat. Hal ini disebabkan oleh permukaan yang berbentuk diagonal dan awet digunakan dalam jangka panjang.
  • Warna dari bahan twill tidak terlalu mencolok atau kurang mencolok.
  • Perawatan bahan twill sangat mudah. Kain ini tidak memerlukan perawatan khusus dan bisa dicuci seperti biasa, namun kualitasnya tetap terjaga.
  • Bahan twill memiliki tekstur sedikit kasar, namun ketika disentuh dengan tangan tetap terasa lembut.
  • Bahan twill termasuk jenis kain yang mudah menyerap keringat. Hal ini dikarenakan bahan twill yang terbuat dari serat kapas alami dengan model tenun diagonal.
Baca Juga  Apa itu kain Oxford? kenali lebih detail karakterisik sera harga terbaru

Kelebihan-Kekurangan

Bahan twill memiliki karakteristik yang cukup khas dan berbeda dari jenis kain lainnya. Walaupun begitu jenis bahan twill juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dari bahan twill, yaitu:

  • Bahan yang lentur

Salah satu kelebihan dari bahan twill yaitu kain ini termasuk jenis kain yang lentur, karena ada campuran spandex 2% di dalamnya. Hal tersebut membuat bahan twill agak lentur dan nyaman ketika digunakan ketika dibuat menjadi pakaian. 

Advertisements

Bahan ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat saat digunakan.

  • Nyaman dan adem saat digunakan

Bahan twill terbuat dari bahan katun dan spandex yang membuat bahan twill nyaman saat digunakan. Selain nyaman, bahan twill juga cukup sejuk dan adem saat dipakai diluar ruangan.

  • Warna kain yang tidak cepat pudar

Bahan twill memiliki warna yang cenderung pucat atau tidak mencolok. Hal ini membuat warna bahan twill tidak mudah pudar dalam waktu yang cukup lama. 

Kandungan spandex yang terdapat pada bahan twill juga sangat bagus dalam mengunci warna yang membuat warna kain lebih awet.

  • Tahan lama dan kuat

Kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda adalah jenis bahan twill merupakan kain yang tahan lama. Jenis tenunan diagonal pada bahan twill juga membuat jenis kain ini lebih kuat dan tahan lama. Bahan twill lebih awet ketika digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian.

  • Daya serap air yang bagus

Kandungan bahan katun dan sedikit kandungan dari spandex membuat bahan twill memiliki kekuatan daya serap air yang cukup bagus. Hal ini membuat bahan twill sangat cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian di negara dengan iklim tropis, seperti Indonesia.

Baca Juga  KAIN KATUN seperti apa? penjelasan lengkap dan jenisnya
Advertisements

Selain kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh bahan twill, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diketahui. Berikut beberapa kekurangan bahan twill, yaitu:

  • Bahan cenderung tipis

Kekurangan dari bahan twill adalah bahan yang terbilang lumayan tipis. Jika dibandingkan dengan katun Jepang maka jenis bahan twill ini akan terlihat dan terasa jauh lebih tipis. 

Hal ini tidak akan menjadi masalah jika Anda menginginkan jenis pakaian yang adem dan memang lebih menginginkan bahan twill dibandingkan katun Jepang.

  • Kualitas kain dibawah katun Jepang

Saat dilihat dari kualitas bahan, bahan twill memiliki kualitas yang lebih rendah daripada katun Jepang. Anda bisa mencoba melihatnya dari sisi kualitas bahan, ketebalan bahan, warna, serta daya serap keringat. 

Katun Jepang memiliki kemampuan dan kualitas yang lebih baik dibandingkan bahan twill.

  • Warna yang kurang cerah

Jika Anda menginginkan pakaian dengan warna yang cerah maka Anda bisa merasa kecewa dengan kinerja bahan twill. Bahan twill lebih cocok digunakan bagi seseorang yang menyukai warna lembut.

Harga Kain Twill

Harga bahan twill tidak bisa dikatakan cukup terjangkau, namun harga jual sebanding dengan kualitas dari bahan twill. Selain itu, perbedaan harga antara bahan twill stretch dan no stretch juga tidak terlalu besar.

Jenis Kain Harga (Rp)
Bahan twill stretch 49.000/yard
Bahan twill no stretch 48.500/meter

Jenis Kain Twill

Ketika Anda pergi ke toko kain, Anda akan menemukan jenis bahan twill stretch dan twill no stretch. Berikut merupakan penjelasan jenis bahan twill, yaitu:

1.   Bahan twill stretch

Twill stretch memiliki tingkat ketebalan kain sedang dan melar. Sifat melar pada kain membuat jenis kain ini sangat nyaman ketika digunakan untuk jenis pakaian yang pas. Hal ini dikarenakan bahan twill stretch dapat menyesuaikan dengan bentuk tubuh pemakainya.

Baca Juga  Bahan WOLFIS seperti apa?

2.   Bahan twill no stretch

Bahan twill no stretch juga sama-sama memiliki tingkat ketebalan kain sedang. Namun, perbedaannya jenis kain ini tidak melar. Jenis bahan twill no stretch juga bisa dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai jenis pakaian.

Perbedaan dengan Bahan yang Hampir Sama

Kain twill memiliki penampakan yang serupa dengan kain drill, hal ini terlihat dari permukaannya yang berbentuk garis diagonal. Walaupun secara sepintas terlihat mirip, ternyata bahan twill dan drill memiliki karakteristik yang cukup berbeda.

Jika dibandingkan dengan bahan drill, bahan twill sedikit lebih tebal. Selain itu, bahan twill juga memiliki tingkat kelenturan bahan yang cukup baik. Tekstur bahan twill sedikit kasar, tetapi akan terasa lembut saat digunakan. 

Sementara itu, bahan drill memiliki permukaan kain yang berbeda pada kedua sisi. Kain twill lebih tahan lama dan kuat, sehingga banyak dibuat menjadi pakaian outdoor. Sementara itu, bahan drill juga dapat dibuat menjadi pakaian outdoor maupun indoor.

Contoh Penggunaan Kain Twill

Jenis bahan twill ini sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian yang tidak menerawang dan nyaman ketika digunakan. Bahan twill banyak dimanfaatkan untuk membuat celana, jaket, rompi, jas, atau baju muslim.

Tidak hanya jaket, Anda juga bisa membuat kreasi pakaian menggunakan kain twill. Walaupun memiliki kualitas dibawah katun Jepang, tetapi penggunaan bahan twill juga banyak diminati. Hal tersebut tentu saja tergantung dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Diambl dari berbagai sumber:

https://www.yabatex.com/bahan-twill-dan-katun-twill/#:~:text=Bahan%20twill%20atau%20kain%20twill,yang%20memiliki%20bentuk%20tenunan%20diagonal.&text=Katun%20Twill%20memiliki%20sebutan%20lain,memiliki%20warna%20yang%20kurang%20mencolok.
https://fitinline.com/article/read/pemanfaatan-kain-twill-sebagai-bahan-pakaian/
https://fitinline.com/article/read/10-perbedaan-kain-drill-dan-kain-twill/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *