Jenis Kain Brokat, kelebihan dan kekurangan serta harga terbaru

Siapa yang tidak mengenal kain brokat? Brokat merupakan kain yang mudah dibedakan dengan ciri dan karakteristik kain yang sangat khas. Brokat biasanya banyak digunakan untuk membuat baju kebaya dengan motifnya yang sangat indah dan beragam.

Ternyata bahan brokat juga memiliki beberapa jenis dengan ciri motif dan bahan yang berbeda. Umumnya, semakin rumit motif dari bahan brokat maka harga kain juga akan semakin mahal. Ada banyak jenis kain yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Advertisements

Seperti Apa Kain Brokat?

Kain brokat adalah kain dekorasi yang sangat kaya. Bahan brokat juga sering disebut sebagai kain yang estetik karena tampilan dan dekorasinya yang menarik. Umumnya, jenis kain ini memiliki motif berupa bunga.

Pada zaman dahulu brokat sangat identik dengan kebaya yang sering digunakan oleh orang tua. Tetapi, saat ini perkembangan motif brokat semakin beragam, modern, dan cocok digunakan oleh siapa saja tidak hanya terbatas untuk orang tua saja.

Ciri atau Karakteristik

Kain brokat bisa dikatakan sebagai kain dengan kualitas yang tinggi dengan karakteristik yang sangat khas. Berikut merupakan beberapa ciri atau karakteristik dari brokat yang membedakannya dengan kain lain, yaitu:

  • Memiliki kesan mewah

Kesan yang diberikan oleh brokat adalah kain yang terlihat mewah. Hal ini membuat brokat sangat cocok digunakan di berbagai jenis aksesoris maupun pakaian wanita dan menampilkan kesan yang elegan dan modern.

  • Memiliki tekstur yang sedikit kasar

Tekstur dari brokat adalah sedikit kasar, sehingga saat dipakai akan terasa kurang nyaman di kulit. Walaupun bisa menyebabkan rasa gatal di kulit dan bahannya sedikit keras, hal ini masih bisa disiasati dengan menambah kain furing di dalam pakaian sebagai bahan pelapis.

Baca Juga  Kain MAXMARA Seperti apa? kenali jenis, karakter dan contohnya
Advertisements
  • Kain yang tidak mudah kusut

Brokat termasuk ke dalam jenis kain yang tidak mudah kusut. Walaupun pakaian dengan bahan brokat digunakan selama seharian, namun tampilan kain akan terlihat tetap rapi. Kelebihan dari brokat yaitu bahannya yang tidak mudah kusut. 

Oleh karena itu, brokat perlu dirawat secara khusus agar kualitas bahan tetap bisa terjaga.

  • Terdapat banyak motif

Brokat adalah jenis kain yang memiliki banyak motif. Terdapat macam-macam motif brokat yang sangat beragam. Variasi motif yang ditawarkan membuat banyak konsumen wanita tertarik untuk menggunakannya. 

Umumnya, pola dari brokat cukup rumit dengan gambar berupa bunga, tanaman, atau pola lainnya. Semakin sulit dan unik corak kain tersebut maka harganya juga akan lebih mahal.

Kelebihan-Kekurangan

Setiap jenis kain memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut merupakan beberapa kelebihan brokat, yaitu:

  • Kesan yang ditampilkan oleh brokat adalah menawan, anggun, dan elegan.
  • Kesan mewah yang dimiliki oleh brokat membuat kain ini cocok digunakan untuk pergi ke pesta.
  • Terdapat aksen bordir dengan tampilan yang lebih menawan serta elegan untuk dijadikan kebaya.
  • Brokat biasanya digunakan untuk membuat pakaian yang bersifat lebih resmi.
  • Brokat merupakan kain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat banyak pakaian dan membuat tampilannya lebih menarik.
  • Selain kebaya, brokat juga dapat digunakan untuk membuat baju gamis, busana muslim, dress, dan baju lainnya.

Berikut merupakan beberapa kekurangan brokat, yaitu:

Advertisements
  • Karakter kasar brokat membuat kain ini kurang nyaman saat bersentuhan dengan kulit secara langsung.
  • Brokat memberikan efek yang cenderung panas di kulit. Sehingga, ketika mengenakan pakaian berbahan brokat di luar ruangan maka orang yang mengenakannya akan merasa gerah bahkan gatal karena keringat.
  • Kesan yang mewah membuat bahan brokat hanya cocok digunakan pada acara tertentu saja.

Harga Kain Brokat

Harga kain brokat sangat beragam tergantung dari kualitas bahan serta motif kain. Berikut beberapa harga bahan brokat di pasaran, yaitu:

Baca Juga  Bahan Voal
Jenis KainHarga (Rp)
Brokat Prancis30.000/meter
Brokat Cornelly Jepang60.000/meter
Brokat Cornelly Italy60.000/meter
Brokat Prada125.000/meter
Brokat Haute Couture160.000/meter

Jenis Kain Brokat

Bahan brokat memiliki motif yang beragam dan indah. Bahan brokat sendiri terdiri dari beberapa jenis brokat, yaitu:

  1. Brokat Prada

Jenis brokat prada dikenal juga sebagai jenis brokat dengan harga yang mahal. Jenis brokat prada memiliki tekstur kain yang sangat timbul dan berat. Umumnya, brokat prada ini juga dijual di toko kain yang menjual berbagai kain berkualitas tinggi.

  • Brokat Semi Prancis

Brokat semi Prancis termasuk jenis brokat yang banyak disukai oleh banyak orang, karena merupakan produk lokal. Bahan brukat ini biasanya dijual dalam bentuk potongan pabrik atau panel dengan harga yang bervariasi tergantung grade kain.

  • Brokat Jacquardtronic

Brokat jenis ini memiliki bentuk yang mirip dengan semi Prancis. Namun, terkadang jika dibandingkan dengan semi Prancis, jenis brokat ini memiliki tekstur yang lebih halus dan tebal. Brokat jacquardtronic juga biasanya dijual dalam bentuk meter.

  • Brokat Corneli

Jika digunakan sebagai bahan pembuatan kebaya, bahan brokat corneli ini akan terlihat sangat cantik. Brokat corneli memiliki benang yang terlihat timbul pada pinggiran motif brokat yang diberi nama chord. Jenis brokat corneli terbilang berat dengan bordir yang berbentuk rapat dan kecil.

  • Brokat Italy

Jenis brokat italy sangat cocok jika dibuat menjadi kebaya dalam waktu yang cukup singkat. Pada kain ini telah terdapat tambahan payet dan bordir yang membuat kain terlihat menonjol. Semakin rumit dan unik payet atau bordir pada kain maka harga bahan brokat italy juga lebih mahal.

  • Brokat Tile

Jenis brokat tile adalah brokat dengan tekstur tipis dan harganya yang cukup terjangkau. Namun, tekstur yang tipis membuat pengguna tidak akan merasa berat saat menggunakannya dan kain juga cukup awet.

Perbedaan dengan Bahan yang Hampir Sama

Kain brokat memiliki tampilan yang mirip dengan kain damask. Kedua jenis kain ini memiliki persamaan yaitu ditenun menggunakan mesin tenun jacquard. Tetapi, perbedaan antara brokat dan damask bisa dilihat dari kedua sisi kain. 

Baca Juga  Bahan Twiscone seperti apa? kenali karakteristik dan cirinya

Pada kain damask, kedua sisi kain memiliki tampilan yang sama. Namun, bahan brokat tidak memiliki tampilan atau gambar yang sama. Hal tersebut membuat bahan damask bisa dimanfaatkan di kedua sisinya atau reversible, berbeda dengan bahan brokat.

Contoh Penggunaan

Kain brokat dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk pakaian dengan desain yang beragam. Berikut merupakan contoh penggunaan dari bahan brokat yang banyak dipakai di Indonesia, yaitu:

Kebaya

Salah satu pemanfaatan bahan brokat yang paling banyak dibuat adalah untuk membuat baju kebaya. Saat bahan brokat digunakan sebagai bahan kebaya maka pakaian yang dihasilkan akan terlihat lebih elegan, mewah, dan anggun.

Gaun pesta

Selain kebaya, brokat juga banyak digunakan untuk membuat gaun pesta. Gaun pesta yang terbuat menggunakan bahan brokat terlihat lebih cantik dengan detail bordir, payet, mutiara, dan lainnya.

Gamis wanita

Untuk acara yang tidak terlalu formal, brokat bisa dibuat menjadi gamis wanita. Desain dan model gamis wanita yang dibuat menggunakan bahan brokat dapat dijadikan baju dengan model sederhana maupun model yang rumit.

Tunik

Hampir mirip dengan gamis, tunik biasanya dibuat dengan panjang sampai lutut saja. Tunik brokat adalah pakaian longgar yang menutupi bagian dada dan memiliki panjang sampai lutut atau pertengahan betis. Umumnya, tunik brokat bisa dipakai untuk berbagai macam acara.

Saat ini pemanfaatan kain brokat sudah semakin luas. Tampilannya yang elegan dan mewah membuat siapa saja menginginkan bahan terbaik untuk dibuat pakaian. Bahan brokat yang bagus juga biasanya digunakan untuk membuat baju kebaya pengantin agar lebih istimewa dan mewah.

Di ambil dari berbagai sumber:

  • https://www.tokobrukat.com/haute-couture
  • https://www.lunartextile.com/blog/bahan-brokat-membuat-pakaian-terlihat-mewah-glamour.html#:~:text=Brokat%20lebih%20menonjolkan%20pada%20akses,kesan%20yang%20anggun%20dan%20menawan.
  • https://fitinline.com/article/read/karakteristik-kain-brokat-dan-pemanfaatannya-dalam-industri-fashion/
  • https://situsbelanjaonline.com/jenis-bahan-kain/apa-itu-kain-brokat.php
  • https://today.line.me/id/v2/article/nPnVGg
  • https://olympics30.com/kain-brokat/
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *