Bahan WOLLYCREPE seperti apa? inilah ciri, keunggulan dan contohnya

amunzen-crepe

Saat kita belanja sebuah baju di toko online, biasanya hal yang pertama kita lihat adalah bahan baju tersebut. Karena saat di gambar kadang bahan baju erlihat sangat bagus dan pada keterangan produk biasanya bahan baju yang ingin kita beli terdengar asing di telinga kita.

Kalau di penjelasan selalu di tulis yang positif atau kelebihannya saja. Hal ini sangat wajar sekali karena penjual ingin produknya terlihat sempurna serta cepat laku walaupun kadang bahan yang digunakan memiliki beberapa kekurangan namun tidak di sebutkan.

Kali ini saya akan membahas tentang bahan wolly crepe karena bahan ini sering dijadikan bahan baju, gamis dan rok. Kain wolly crepe memang termasuk kain populer namun tak semua orang faham tentang bahan ini karena mungkin toko kain di beberapa daerah belum menyediakan jenis kain ini.

Maka di artikel ini admin mencoba menjelaskan apa itu bahan wolly crepe, kelebihan serta kekurangan bahan ini.

Kain Wolly Crepe itu bagaimana?

Bahan wolly crepe atau yang dibaca “wollkrep” adalah kain yang masuk kategori kain krep yaitu kain yang memiliki tekstur pada permukaan kain yang kasar.

Namun berbeda dengan kain crepe lain seperti diamond atau bubble crepe, kain wolly crepe memiliki tekstur lebih mirip seperti lumut yaitu terlihat tidak rata namun jika dipegang terasa halus dan sedikit licin.

Serat pada kain wolly crepe ini tidak terlihat seperti bahan katun karena serat membentuk seperti butiran pasir yang bisa kita lihat seperti pada gambar di bawah ini:

contoh-bahan-wolycrepe

pict by @mizutextile

Bahan dasar kain wolly crepe ini sendiri terbuat dari serat sintetis atau serat buatan. Meskipun dari serat sintetis kain ini cukup nyaman jika dibuat untuk bahan gamis.

Dari beberapa jenis kain krep, woll krep adalah kain krep yang paling tebal sehingga kain ini hanya digunakan untuk produksi baju, rok atau gamis saja, sangat jarang untuk produksi jilbab.

Salah satu alasan kenapa kain ini tidak banyak digunakan untuk jilbab adalah kin terlalu tebal dan licin sehingga jika digunakan untuk jilbab-jilbab simple tidak terlalu nyaman. Kalaupun ada biasanya berbentuk jilbab syari atau jilbab jumbo.

Ciri kain woll crepe

Jika kita tidak berkecimpung di dunia tekstil mungkin jika diminta untuk membedakan antara kain krep satu dengan kain krep lain tidak mudah. Namun sebenarnya seriap kain memiliki karakteristik yang menonjol seperti bahan wolcrep ini.

Ciri yang menojol dari bahan wollycrepe ini adalah mempunyai ketebalan diatas bahan krep lain dan memiliki tekstur seperti butiran pasir yang rapat dan halus jika dipegang.

detail-bahan-wolyycrepe

pinct by @mizutextile

Wollycepe jet black

Sama seperti bahan wolfis, kain woll crepe juga ada yang versi jet black yaitu kain wollycrepe yang diproduksi khusus hitam dengan kualitas yang lebih bagus dan lebih tebal. Biasanya kain ini di export ke negara yang memiliki cuaca ekstrim seperti arab. Walaupun begitu kita juga bisa menemukan kain wollycrepe jet black di Indonesia.

Apa kelebihan kain Wollycrepe?

Seperti yang saya katakan di atas tadi, salah satu kelebihan dari bahan ini adalah paling tebal dari jenis ain krep. Kelebihan lain diantaranya:

  • Tidak transparan
  • Walaupun tebal kain terasa adem
  • Kuat
  • Sedikit melar
  • Tekstur terlihat kasar namun halus jika diraba.
  • Tersedia banyak warna cerah

Kelebihan diatas tentunya saya mengacu pada bahan wolfis yang sering di produksi di eldya hijab. Jika ternyata berbeda kemungkinan bahan yang tidak sesuai gambaran diatas merupakan bahan wollycrepe biasa bukan yang premium.

Apa Kekurangan kain Wollycrepe?

  • Daya serap keringat kurang bagus
  • Agak Licin
  • Terlalu tebal jika untuk jilbab
  • Banyak tiruan
  • Tidak tahan panas

Itulah kelebihan dan kekurangan bahan wollcrepe, semoga bisa menjadi referensi sebelum membeli kain atau produk jadi dari bahan ini.

Mari kita bahan point-point peting mengenai bahan wollycrepe ini yang sering ditanyakan.

Bahan wollycrepe cocok untuk produk apa saja?

Sesuai dengan karakternya kain ini sangat bagus untuk dijadikan pakaian wanita seperti baju atasan, gamis syari atau rok. Karena kain ini lumayan tebal dan tidak transparan jadi jika dibuat untuk busana syari terlihat cocok sekali.

Daya serap keringat kurang bagus

Semua bahan yang terbuat dari bahan sintetis memiliki sifat serperti itu, tidak seperti bahan katun. Namun jika memilih bahan wollycrepe kualitas premium baju akan terasa nyaman, berbeda jika bahan yang digunakan adalah wollycrepe bajakan. Walaupun harga lebih murah.

Wollycrepe Amunzen

Apakah beda dengan wollycrepe biasa? Sama yang membedakan hanya kualitas dan harganya saja. Kualitas wollycrepe amunzen dibuat lebih halus dan lebih bagus dari pada wollycrep biasa sehingga hargnya juga sedikit berbeda.

amunzen-crepe

pict by @mizutextile

Jika tidak terbiasa dengan kain kita tidak akan bisa membedakannya. Untuk membedakannya bisa menanyakan ke penjual atau melihat dari tulisan atau hologram yang menempel pada lain secara langsung.

Perbedaan Moss Crepe dengan Wollycrepe

Ada yang bertanya tentang perbedaaan moss crepe dan wollycrepe karena ada yang memiliki pengalaman saat ingin membeli gamis wollycrepe ternyata bahannya tidak jauh berbeda dengan mosscrepe.

detail-arabian-crepe

Contoh gambar arabian crepe/mosscrepe pict by @mizutextile

Untuk membedakan kedua kain tersebut sangat mudah, moss crepe memiliki tekstur yang lebih kasar dari wollcrepe dan lebih tipis dari pada wollcrepe. Jika dipegang kain moss crepe juga lebih lentur.

Berapa harga bahan wollycrepe permeter?

Saya sendiri bukan penjual kain namun produsen gamis dan jilbab jadi tidak tahu persis harga pasarannya namun jika saya perkirakan bahan woll crepe premium dijual permeter harganya berkisar antara 30.000 sampai 35.000 mungkin juga ada yang menjual 40.000 lebih.

Contoh Produk dari bahan wolly crepe

Berikut ini contoh produk busana yang terbuat dari bahan wolly crepe. Contoh produk diambil dari berbagai sumber. Jika ingin foto dan akun media sosial kamu bisa tampil sebagai contoh seperti ini kamu bisa mengirimkan foto asli ke admin.

gamis-bahan-wollycrepe

pict by @le_khari

Leave a Reply