Kain Dobby seperti apa? kenali karakteristik dan pemanfaatannya

Tidak hanya memiliki permukaan yang rata, ada juga kain yang memiliki tekstur salah satunya adalah kain dobby. Dobby adalah salah satu jenis kain premium yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian seperti batik berkualitas.

Tidak hanya baju batik, bahan dobby juga dapat dibuat menjadi berbagai jenis busana. Bahan dobby memiliki beberapa motif yang beragam dan unik. Motif unik pada kain tersebut menjadi daya tarik tersendiri dan membuat baju yang dijual memiliki harga yang cukup tinggi.

Advertisements

Seperti Apa Kain Dobby?

Kain Tenun, Kain Dobby -  -

Kain dobby merupakan jenis kain yang bermotif dan dihasilkan dengan proses tenun dobby. Bahan dobby memiliki permukaan kain yang tidak rata serta ada motif yang timbul di permukaan kain. Motif pada permukaan bahan dobby sering dikira hasil hasil penyulaman, namun ternyata bukan.

Berdasarkan sejarah teknik tenun dobby pertama kali dikembangkan menggunakan alat tenun tangan. Dalam pembuatan motif tenun dobby diperlukan satu orang duduk diatas alat tenun untuk mengatur benang supaya terbentuk motif sesuai yang diinginkan.

Baca 8 Jenis kain Tenun dan daerah asalnya

Ciri atau Karakteristik Kain Dobby

Selain bahan dobby terdapat beberapa jenis kain yang memiliki tekstur pada permukaannya. Berikut ciri atau karakteristik khas bahan dobby yang membedakan dengan jenis kain lainnya, yaitu:

Pembuatan bahan dobby membutuhkan mesin tenun khusus yang dapat mengangkat atau menarik benang lusi. Mesin tersebut bekerja secara selektif mengangkat beberapa benang lusi serta menurunkan benang lain. Pekerjaan ini berjalan dengan bantuan dari kartu dobby.

Advertisements

Motif bahan dobby yang paling terkenal adalah motif baron, herringbone, dobby crystal, dobby kotak-kotak, dan dobby salur.

Bahan dobby memiliki tekstur yang unik dan cantik, sehingga menghasilkan nuansa yang berbeda daripada jenis kain serupa.

Baca Juga  Jenis kain Ulos dan kegunaannya dalam adat Batak

Bahan dobby dapat diberi warna tergantung dari keinginan dan kebutuhan. Selain itu, bisa juga diberi motif cetak atau printing diatas kain.

Kain pembuatan bahan dobby sangat beragam, misalnya rayon, polyester, katun, nylon, serta macam benang lainnya.

Kelebihan-Kekurangan Kain Dobby

Bahan dobby memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut kelebihan dari bahan dobby, yaitu:

Motif yang indah

Advertisements

Motif pada kain dobby menghasilkan jenis kain yang bertekstur. Selain itu, terdapat beragam motif pada bahan dobby yang terlihat indah dan unik. Selain itu, proses pembuatan motif yang menggunakan teknik khusus menghasilkan motif yang berbeda dari kain tekstur lainnya.

Jenis bahan premium

Bahan dobby tergolong kain premium dengan kualitas yang bagus. Oleh karena itu, jenis kain ini banyak digunakan untuk keperluan membatik. Terdapat beberapa tingkatan kain, dari dobby halus sampai yang kasar.

Dapat diberi warna atau motif cetak

Bahan dobby bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian. Selain itu, bahan dobby juga bisa diberi warna sesuai dengan keinginan maupun diberi motif cetak.

Sebaga kain premium, bahan dobby juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangan bahan dobby yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Tersedia dalam warna putih

Bahan dobby yang dijual biasanya didominasi dengan warna putih. Jika Anda menginginkan dobby warna tentu Anda harus mencari toko yang sudah memberi warna pada kain dobby yang putih. Namun, sebagian orang menyukainya karena warna putih terlihat lebih eksklusif dan elegan.

Tingkat kelembutan dibawah sutra

Bahan dobby memang tergolong sebagai bahan premium. Untuk tingkat kelembutan bahan dobby tergolong bagus dan lembut. Walaupun begitu jika dibandingkan dengan sutra, bahan dobby tidak terlalu lembut seperti sutra.

Harga Kain Dobby

Bahan dobby dijual dalam harga yang bervariasi tergantung dari kualitas bahan dan motif. Namun, pada beberapa marketplace bahan dobby dijual mulai dari kisaran harga Rp26.000 per meter kain dengan lebar kain 120 cm.

Baca Juga  Bahan Tencel Seperti apa? Inilah Karakteristik, Kelebihan dan Cara Perawatannya

Untuk lebar bahan dobby yang lebih besar biasanya akan dijual lebih mahal sekitar Rp65.000 per meter dengan lebar 250 cm. Selain itu, bahan dobby halus juga dijual dengan harga sekitar Rp70.000 per meter.

Jenis Kain Dobby

Bahan dobby yang dijual di pasaran tidak hanya satu jenis dengan motif yang berbeda. Terdapat beberapa jenis bahan dobby yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut jenis-jenis kain dobby berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu:

Dobby cotton

Dobby cotton adalah jenis bahan dobby yang terbuat dari 100% bahan katun tanpa campuran bahan lainnya. Jenis bahan dobby ini memiliki finishing tang halus dan motif yang dihasilkan juga terlihat cantik. 

Selain halus, jenis dobby cotton juga akan terasa nyaman dan adem saat digunakan. Hal ini dikarenakan terbuat dari katun murni tanpa ada tambahan atau campuran bahan lain. Bahan dobby sangat cocok dibuat menjadi berbagai jenis pakaian. 

Umumnya, bahan dobby cotton digunakan sebagai bahan pembuatan batik premium maupun dibuat langsung menjadi pakaian.

Dobby rayon

Dobby rayon adalah jenis dobby yang dibuat menggunakan bahan 100% rayon tanpa adanya campuran bahan atau kain lainnya. Jenis bahan dobby ini sangat cocok dibuat menjadi kemeja, gamis, mukena, sarung, dan gamis. 

Motif yang timbul dengan serat kain yang menonjol menampilkan kesan yang unik pada produk yang dihasilkan.

Dobby polyester cotton

Dobby polyester cotton dibuat dari campuran katun dan polyester dengan perbandingan tertentu, misalnya 35% katun dengan 65% polyester katun. Polyester adalah jenis bahan yang dibuat melalui proses kimia dan termasuk jenis kain sintetis. 

Kelebihan jenis dobby polyester cotton adalah perawatannya yang mudah. Jenis dobby ini juga tidak mudah kusut jika dibuat dengan perbandingan bahan polyester lebih banyak dibandingkan bahan katun.

Dobby cotton viscose

Dobby cotton viscose adalah jenis dobby yang dibuat menggunakan bahan 50% viscose dengan 50% katun. Harga jenis bahan dobby ini bisa dikatakan lebih ekonomis, namun kain tetap terlihat indah dan cocok dibuat menjadi pakaian. 

Baca Juga  Bahan SCUBA seperti apa? Ciri dan harga permeternya berapa?

Dibandingkan jenis dobby lainnya, dobby cotton viscose merupakan jenis dobby yang adem, lembut, motif indah, serta bahan yang jatuh saat dipakai. Viscose adalah serat buatan atau sintetis yang diproduksi dari hasil regenerasi selulosa.

Baca Perbedaan Bahan Katun dan Rayon

Perbedaan dengan Bahan yang Hampir Sama

Kain bertekstur yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah kain embos. Kain embos merupakan kain yang dibuat menggunakan dua bahan kain, seperti katun prima atau katun primis. 

Sementara itu, bahan dobby dibuat menggunakan berbagai bahan jenis bahan baik murni maupun campuran yaitu dari bahan rayon, katun, nylon, dan polyester. Baik bahan dobby maupun embos sama-sama cocok dibuat menjadi pakaian batik. 

Walaupun begitu motif tekstur pada kain embos dan dobby terlihat cukup berbeda. Bahan dobby akan terlihat lebih elegan dan eksklusif.

Contoh Penggunaan Bahan Dobby

Kain Tenun, Kain Dobby -  -

Sebenarnya jenis bahan dobby ini dapat dimanfaatkan sebagai jenis pakaian apa saja. Namun, sebelum Anda membuat bahan ini menjadi pakaian sebaiknya kain dicuci terlebih dahulu, karena bahan dobby akan menyusut 2-10%, sehingga Anda bisa melihat ukuran kain yang sebenarnya.

Bahan dobby banyak dibuat menjadi kemeja pria, blus wanita, dress, dan rok. Selain itu, bahan dobby juga cocok untuk dibuat sebagai bahan pembuatan mukena, kain batik, sarung, serta gamis. Kain batik yang terbuat diatas bahan dobby akan memiliki kesan yang unik, karena tekstur dari motif kain.

Umumnya, kain batik bahan dobby ini dijual sebagai batik dengan segmen menengah ke atas. Kualitas batik yang dihasilkan lebih baik dan mewah jika dibuat menggunakan bahan dobby.

Tidak semua orang menyukai kain bertekstur, namun Anda perlu mempertimbangkan lagi untuk menggunakan kain dobby sebagai bahan pakaian. Baju batik yang dibuat menggunakan bahan dobby memiliki kesan mewah dan terlihat bagus ketika dikenakan.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *