Bahan Lacoste

Sudah bukan rahasia lagi, bahwasanya bahan lacoste merupakan salah satu material kain yang paling banyak digunakan untuk membuat produk kaos berkerah, atau lebih dikenal dengan sebutan polo t-shirt di Indonesia. Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari kualitas yang ditawarkan.

Jika ditelusuri lebih jauh, nama lacoste ternyata diambil dari sebuah merek kaos kerah ternama dengan nama yang sama. Sementara itu, konsumen kaos berkerah di tanah air cukup tinggi. Terutama karena kaos kerah cocok dikenakan, baik pada acara formal, maupun non formal.

Seperti Apa Kain Lacoste?

Bagi penggemar pakaian atasan kaos berkerah, pasti Anda sudah sangat akrab dengan kain lacoste. Meskipun variannya ada bermacam-macam, namun umumnya memiliki tekstur yang sama, yaitu kaos berkerah rajut dengan beragam pilihan warna berbeda, dan terkadang dibuat dengan bordir.

Advertisements

Pada awalnya, kaos tersebut didominasi oleh produk pria. Namun seiring dengan perkembangan zaman, saat ini banyak sekali ditemukan polo t-shirt yang dibuat untuk perempuan, dengan desain dan pemilihan warna lebih feminim. Jadi, tampak sangat modis dan fashionable saat dikenakan.

Karakteristik Kain Lacoste

Ada beberapa ciri khas atau karakteristik bahan lacoste yang membedakannya dengan produk kaos dari material lain. Jika Anda termasuk pengguna setia produk kaos berkerah pasti sudah tahu perbedaannya. Untuk lebih jelasnya, maka bisa melihat karakteristik lacoste di bawah ini:

  • Produk dari kain lacoste umumnya adalah polo t-shirt atau kaos berkerah
  • Bagian permukaan kain tampak bolong-bolong karena pori-pori serat yang besar
  • Kain terasa lembut saat dipegang
  • Memiliki daya serap keringat yang baik, terutama pada beberapa jenis tertentu
  • Lacoste hanya dikombinasikan dengan aksen bordir, dan bukan sablon
  • Produk lacoste terasa dingin saat dipakai karena celah pori-porinya lebih lebar
  • Serat rajut tampak timbul di permukaan

Kelebihan dan Kekurangan Lacoste

Setiap kain bahan pasti mempunyai kelebihan serta kekurangan yang secara tidak langsung telah menjadi karakteristik melekat. Begitu pula bahan lacoste, ada beberapa keunggulan yang membuatnya disukai dan kelemahan yang menjadi pelengkap bagi nilai plusnya tersebut.

Advertisements

Kelebihan lacoste:

· Memiliki Permukaan Halus

Bagian permukaan lacoste terasa sangat halus dan lembut ketika disentuh kulit, sehingga pengguna produk dari bahan ini dijamin akan merasa nyaman. Selain itu, lacoste juga tidak menimbulkan gatal maupun memicu alergi, jadi aman untuk digunakan oleh semua kalangan.

· Menyerap Keringat

Kain lacoste memiliki pori-pori di kedua bagian sisinya, jadi sirkulasi udara bisa berjalan baik. Hal tersebut pula yang membuat bahan ini mampu menyerap keringat secara maksimal. Di samping itu, sebagian kain lacoste juga dikombinasikan dengan katun yang adem dipakai.

· Memiliki Banyak Varian

Lacoste terdiri atas beberapa varian jenis yang dibedakan berdasarkan material bahannya, mulai dari lacoste kombinasi katun, cvc, dan waffle. Banyaknya pilihan jenis tentu menguntungkan konsumen karena bisa memilih jenis mana yang sesuai dengan keinginan.

· Mudah Dikombinasikan dengan Bordir

Atasan yang dibuat dari lacoste cukup mudah dipadukan dengan bordir. Apabila Anda membutuhkan produk kaos dengan logo atau tulisan timbul, maka bisa memilih bahan lacoste. Cocok sekali untuk dijadikan seragam komunitas, organisasi, dan sebagainya.

Kekurangan lacoste:

· Gampang Menyusut

Lacoste terbuat dari material katun 100% dan akan mengalami penyusutan saat dicuci atau disetrika. Oleh sebab itu, ketika hendak membeli produk lacoste, sebaiknya pilih ukuran lebih besar dari ukuran biasa yang sering digunakan, supaya kaos bisa dipakai dalam waktu lama.

Advertisements

· Tidak Bisa Disablon

Kekurangan lacoste lainnya adalah karena tidak bisa disablon, karena karakteristiknya tidak mendukung. Seperti diketahui, lacoste memiliki pori-pori berukuran cukup besar, sementara permukaannya tidak rata. Jadi, akan tampak jelek sekali jika Anda mengaplikasikan sablon.

· Harga Mahal

Sudah menjadi rahasia umum bahwa produk dari bahan lacoste memang dibanderol dengan harga relatif mahal, jika dibandingkan jenis kaos lain. Meskipun begitu, harga tersebut sebanding dengan kualitas produk lacoste yang akan Anda dapatkan.

Harga Bahan Lacoste

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, bahwa kain lacoste memang dibanderol dengan harga cukup mahal, khususnya jika dibandingkan dengan bahan kaos lainnya. Apabila Anda berniat membeli bakal bahan jenis lacoste namun belum memiliki gambaran harga, bisa dilihat di sini:

Jenis LacosteHarga
Lacoste Cotton PiqueRp. 100.000,-
Lacoste PE 20sRp. 55.500,-
Lacoste PE 30sRp. 61.000,-
Lacoste CVC Pique 24sRp. 97.500,-

Jenis-jenis Lacoste

Bahan lacoste dikategorikan atas beberapa jenis, dimana varian jenis tersebut dikelompokkan berdasarkan kombinasi material bahan yang digunakan. Campuran bahan berbeda itu pula yang menjadi pembeda kualitas, tekstur, dan karakteristik produk lacoste di pasaran.

Berikut ini adalah jenis-jenis lacoste:

1. Lacoste Waffle

Jenis ini memiliki struktur serat yang sekilas tampak seperti wafer. Umumnya, lacoste waffle digunakan untuk membuat polo t-shirt. Jadi, sangat recomended sekali bagi pecinta kaos polo dengan tekstur bahan unik dan berkualitas tinggi.

2. Lacoste PE

Kain lacoste PE dibuat dari bahan dasar berupa material polyester. Salah satu ciri khas dari jenis ini adalah tekstur pori-pori pada bahan PE yang cenderung terlihat lebih besar dibanding lacoste varian lain, seperti jenis cotton cvc, maupun cotton pique.

3. Lacoste Cotton Pique

Cotton pique dibuat dari material katun, sehingga memiliki daya serap keringat yang sangat baik. Jadi, sangat nyaman sekali apabila dikenakan, baik di dalam maupun luar ruangan. Meskipun begitu, jenis ini dibanderol dengan harga relatif mahal dibandingkan varian lain.

4. Lacoste Cute

Jenis lacoste cute memiliki lubang-lubang di bagian rajutan bahan kaos. Namun, pori-pori pada varian ini cenderung lebih kecil, khususnya kalau dibandingkan cvc dan cotton.

5. Lacoste CVC Pique

CVC pique terbuat dari perpaduan bahan katun dan polyester, dimana kombinasi kedua bahan tersebut membuat lacoste CVC pique memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya saja, daya serap keringatnya lebih tinggi dari jenis lacoste cotton pique.

Contoh Penggunaan Bahan Lacoste

Sejauh ini, pemanfaatan material lacoste memang masih sangat terbatas. Beberapa produk andalan yang berhasil menaikkan nama bahan ini di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kaos Polo / Polo Shirt

Lacoste memang sangat populer sebagai bahan baku pembuatan kaos polo yang selalu laris manis di pasaran Indonesia. Produk kaos polo sendiri biasanya dikombinasikan dengan berbagai desain bordir simpel yang membuatnya tampak lebih modis dan kekinian.

2. Gamis

Belum lama ini, produk gamis polo bordir dari kain lacoste mulai dikenalkan kepada publik. Produk gamis lacoste merupakan varian baru dari bahan ini dan sepertinya memiliki masa depan cukup cerah dalam industri fashion muslimah.

3. Masker

Produk masker non medis dari lacoste juga semakin banyak beredar di pasaran. Karena lacoste memang terkenal breathable, jadi sangat nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu lama, sebab bahan ini tidak mengganggu dalam bernapas.

Apabila dilihat dari contoh penggunaannya, maka bahan lacoste memang seperti mengalami kemajuan cukup signifikan dengan meluncurkan produk fashion kekinian. Bukan tidak mungkin kedepannya akan hadir beragam produk terbaru dari kain lacoste yang bakal melejit di pasaran.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *