Kenali karakterisitik Kain Drill lebh detail

Bagi pengusaha dalam bidang tekstil, kain drill bukan merupakan produk baru lagi. Kain ini sagat familiar dan banyak sekali digunakan untuk berbagai bahan pakaian.

Beberapa produk yang biasanya diproduksi dari drill adalah celana baggy, almamater, kemeja, jaket safari, hingga blus. Hal tersebut dikarenakan drill memang memiliki karateristik yang tabal dan kuat.

Advertisements

Seperti Apa Kain Bahan Drill?

katun, Kain Tebal, Kain Seragam, bahan polyester - kain drill seperti apa -

Dalam bidang industri pakaian tebal, drill adalah salah satu jenis kain yang paling banyak digunakan oleh produsen. Hal tersebut dikarenakan drill memiliki begitu banyak keunggulan dan keunikan yang membuatnya disukai oleh konsumen karena tingkat ketebalan kainnya yang memang jempolan.

Dilihat dari teksturnya, drill mengusung pintalan diagonal yang kokoh dan umumnya dibuat dari material katun dan polyester tebal,sehingga membuat produk drill lebih awet. Di sisi lain, drill sangat nyaman dipakai untuk beraktivitas di dalam maupun luar ruangan.

Karakteristik Bahan Drill

Salah satu karakteristik kain drill yang paling menonjol dan dikenal oleh masyarakat adalah tingkat ketebalan dan keawetan bahannya. Tapi bukan hanya itu, sebenarnya masih ada beberapa ciri khas dari drill yang tidak dimiliki kain jenis lain, karakteristik tersebut di antaranya adalah:

  • Sebagian besar produk drill mengusung warna khaki, khususnya pada drill jenis tertentu.
  • Tekstur pintalan drill menggunakan alur miring atau diagonal sehingga tampak unik.
  • Permukaan luar drill memiliki tekstur halus dan terdapat perbedaan gradasi warna.
  • Produk drill tidak akan mudah robek, meskipun tergores oleh benda tajam.
Baca Juga  Kain Baby Canvas seperti apa?

Kelebihan dan Kekurangan Kain Drill

katun, Kain Tebal, Kain Seragam, bahan polyester -  -

Apabila dibandingkan dengan jenis kain dari bahan lain, drill memang termasuk kategori unggul. Meskipun begitu, bahan ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang harus diketahui oleh calon konsumen. Jadi, tidak salah dalam memilih jenis drill yang akan dibeli.

Kelebihan bahan Drill:

Awet dan Tahan Lama

Advertisements

Bahan drill dipintal rapat mengaplikasikan alur diagonal yang memberikan efek kuat serta tidak mudah robek. Jadi, tidak mengherankan kalau drill seringkali menjadi pilihan oleh para produsen seragam. Pasalnya, kualitas dan keawetannya tidak perlu diragukan lagi.

Warna Tidak Mudah Pudar

Drill mempunyai warna yang lebih awet jika dibandingkan jenis kain lain. Meskipun sering dicuci, dijemur, dan disetrika, namun warna pakaian drill tidak akan memudar. Hal ini menjadi nilai plus bagi konsumen, karena tidak perlu merogoh kocek lebih untuk gonta ganti pakaian.

Tidak Mudah Kusut

Selain gampang disetrika dan tidak rusak ketika disetrika dengan temperatur tinggi, pakaian dari bahan drill juga tidak akan kusut meskipun tanpa disetrika. Jadi, kalau Anda sedang buru-buru bisa langsung memakainya tanpa khawatir pakaian terlihat lusuh.

Nyaman Dipakai

Advertisements

Meskipun memiliki serat benang lebih tebal, namun bahan drill tetap adem dan nyaman saat dipakai. Hal tersebut tidak terlepas dari kandungan katun yang terdapat di dalamnya. Di samping itu, drill juga mempunyai daya serap yang bagus terhadap keringat.

Kekurangan bahan drill:

Bahan Drill Tergolong Berat

Karena memiliki tingkat ketebalan lebih tinggi dibandingkan rata-rata, sebagian orang menganggap drill cukup berat. Khususnya jenis drill premium yang seratnya lebih tebal.

Tergoloang kain Mahal

Setiap jenis bahan drill dibanderol dengan harga berbeda, namun semurah-murahnya drill masih tergolong lebih mahal dibandingkan kain berkualitas standar kebanyakan. Mahalnya harga drill sebenarnya sangat wajar mengingat kain ini dibuat dari bahan katun tebal.

Baca Juga  Bahan Twiscone seperti apa? kenali karakteristik dan cirinya

Beberapa Jenis Drill Warnanya Cepat Pudar

Sebagaimana kain jenis lain, drill juga mempunyai beberapa jenis dan grade berbeda yang turut mempengaruhi kualitasnya. Pada drill grade rendah, maka warnanya bisa lebih cepat pudar, tidak seperti drill premium yang warnanya bisa awet bertahun-tahun.

Harga kain Drill

Umumnya, kain drill dijual dalam hitungan per meter di pasaran, kecuali jika Anda ingin membeli produk dari hasil pemanfaatan drill. Bagi Anda yang sedang mencari referensi harga bahan drill dalam bentuk mentah atau bakal, maka bisa langsung menyimak tabel penjelasan di bawah:

Jenis DrillHarga Per Meter
Twist Drill / Twill DrillRp. 50.000 /meter
American DrillRp. 40.000 /meter
Japan DrillRp. 41.500 /meter
Hisofy DrillRp. 47.000 /meter
Castillo DrillRp. 36.000 /meter

Jenis-Jenis Bahan Drill

katun, Kain Tebal, Kain Seragam, bahan polyester -  -

Kain drill mempunyai berbagai variasi jenis berbeda, dimana hal ini sudah pasti menjadi sebuah keuntungan bagi pihak konsumen maupun produsen sebab dapat memilih varian yang sesuai kebutuhan. Terlebih lagi, setiap jenis biasanya dibuat untuk produk-produk berbeda.

Berikut ini adalah jenis-jenis bahan drill yang umum digunakan di Indonesia:

1. Castillo Drill

Jenis castillo merupakan bahan drill dengan harga ekonomis, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki budget terbatas. Meskipun murah, namun kualitasnya juga bagus, karena castillo dibuat dengan pintalan rapat, tidak mudah kusut, dan sangat lembut.

2. Twist Drill

Varian ini merupakan salah satu jenis drill yang paling dikenal oleh masyarakat, dan bahkan tidak sedikit yang menganggap kalau twist drill adalah satu-satunya variasi drill. Twist drill bersifat water repellent, dan berserat kecil. Wajar saja jika sangat diminati konsumen.

3. Hisofy Drill

Drill jenis hisofy mempunyai karakteristik berupa kain lebih lemas, dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Jadi, akan menimbulkan kesan adem dan nyaman saat dikenakan, terutama untuk masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia.

Baca Juga  Katun Bamboo: Karakeristik, contoh, kelebihan dan kekuragannya

4. American Drill

Apabila dibandingkan jenis twist drill, serat pada american drill terbilang lebih besar. Namun, tekstur kain ini tetap lembut. Berdasarkan material yang digunakan, american drill dibagi atas 2 kelompok, yaitu polyester dan katun, dimana keduanya sangat famous di industri fashion.

5. Japan Drill

Serat lebih besar pada japan drill nyatanya membuat kain ini menjadi semakin kuat dan tahan lama. Meskipun hal tersebut memiliki dampak pada tingkat ketebalan kainnya menjadi lebih tinggi, tapi untuk masalah kualitas tidak perlu Anda ragukan lagi.

Contoh Penggunaan Kain Drill

katun, Kain Tebal, Kain Seragam, bahan polyester -  -

Bahan drill terdiri atas bermacam-macam jenis yang bukan hanya mempengaruhi kualitas dan harganya, namun juga penggunaannya di industri pakaian dan tekstil. Contoh sederhananya adalah, tekstur dan tingkat ketebalan kain sangat mempengaruhi jenis pakaian yang akan diproduksi.

Berikut adalah contoh beberapa produk dari kain drill:

  1. Seragam

Jenis drill jepang biasanya dipakai membuat seragam koki dan militer karena bahannya lebih tebal dan kuat, sehingga tidak mudah sobek maupun rusak ketika dipakai melaksanakan pekerjaan. Selain itu, ketebalan kain juga bisa menjadi proteksi untuk kulit pemakainya.

2. Almamater

Produk berupa jas, almamater, dan sejenisnya biasanya dibuat dari bahan twist drill atau american drill, karena mempunyai serat kecil dan teksturnya sangat soft saat dikenakan. Jadi, pengguna tidak akan merasa kepanasan meskipun mengenakannya seharian.

3. Blouse

Kaos umumnya dibuat dari bahan drill yang tipis, seperti hisofy drill yang memiliki karakteristik lemas dan lembut. Jadi, nyaman sekali dipakai pada siang hari saat cuaca panas.

4. Kemeja

Kebanyakan produk kemeja dibuat dari bahan castillo drill yang mempunyai serat lebih tipis, namun tetap adem dan lembut. Jadi, tidak memberikan kesan gerah ketika dipakai.

Kain drill terbagi atas beberapa jenis dengan keunggulannya masing-masing. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan pemakaian. Selain itu, sebaiknya belilah bahan drill Grade A, meskipun harganya cenderung lebih mahal, namun kualitasnya jauh lebih bagus.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *