Bahan Voal

Bahan voal merupakan kain yang terbuat dari material katun semi transparan dan kelihatan tipis. Umumnya, voal dibuat menjadi berbagai jenis produk penunjang fashion, khususnya untuk wanita muslimah, seperti hijab, masker, pashmina, scarf, baju, hingga rok.

Kata voal disadur dari bahasa Perancis, dimana artinya adalah “Jilbab”. Produk jilbab dari voal banyak diburu oleh para wanita muda karena terkenal praktis, dan banyak pilihan warna serta motif. Hal tersebut pula yang mendorong kenaikan permintaan akan produk jilbab voal di pasaran.

Seperti Apa Bahan Voal?

kain polycotton, Bahan Voal - -

Meskipun material voal ini sudah sangat populer dan berbagai produknya juga mudah ditemukan di  pasaran. Faktanya, tidak sedikit yang masih bingung dalam mendefinisikan seperti apa material voal itu sebenarnya. Apalagi variannya cukup beragam, jadi agak rumit dalam membedakannya.

Dalam dunia fashion, voal biasanya digunakan sebagai bahan dari produk jilbab. Ciri khasnya adalah berupa tekstur yang lembut saat dipegang. Sementara untuk pilihan warnanya sendiri sangat beragam, jadi tidak bisa dikenali hanya dengan berdasarkan pada warnanya saja.

Jilbab dari katun voal yang paling laris saat ini adalah jenis bermotif printing. Selain tampak lebih unik dan kekinian, motif printing juga tampak lebih feminim apabila dibandingkan dengan warna polos. Tidak mengherankan kalau kaum Hawa biasanya lebih memilih jilbab voal bermotif.

Ciri atau Karakteristik Voal

Bahan voal atau Turkish Voile adalah salah satu bahan kain yang mengandung serat katun murni 100%. Namun, ada juga yang dikombinasikan dengan material lain, seperti polyster, linen, rayon, dan silk. Voal memiliki karakteristik berupa tekstur lembut, halus, tipis tapi tidak menerawang, dan dingin.

Baca Juga  Kain Linen: Yuk ketahui detail kain, karakteristik dan contohnya

Setiap jenis voal mempunyai karakteristik berbeda-beda, mulai dari tekstur hingga tampilannya. Pada voal premium misalnya, akan tampak detail berupa serat benang dan bulu-bulu halus. Selain itu, teksturnya juga lebih soft dibandingkan voal jenis lainnya.

Meskipun voal ini bisa dikatakan sangat tipis, namun tidak transparan, sehingga Anda bisa tetap tampil stylish seharian dengan tetap menutup aurat. Wajar saja, kalau produk voal menjadi pilihan masyarakat milenial, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua.

Kelebihan dan Kekurangan Voal

kain polycotton, Bahan Voal - kelebihan bahan voal -

Bahan voal memiliki kelebihan dan kekurangan yang sebaiknya dipertimbangkan oleh calon pengguna. Dengan begitu, maka Anda bisa menentukan apakah produk dari material voal ini cocok untuk dikenakan harian atau tidak.

Kelebihan voal:

  • Memiliki karakteristik kain ringan serta nyaman, jadi cocok sekali untuk pemakaian di luar ruangan dan siang hari karena voal dapat menyerap keringat dengan cepat.
  • Dibuat dari benang-benang yang renggang, jilbab voal lebih mudah dimasuki udara sehingga pengguna tidak akan merasa kepanasan atau gerah ketika memakainya.
  • Umumnya voal terbuat dari 100% material katun, sehingga teksturnya lebih halus ketika bersentuhan dengan kulit dan Anda juga akan betah berlama-lama mengenakannya.

Kekurangan voal:

  • Karena bahannya yang terlalu lembut, kadang produk dari voal sulit untuk dikreasikan sesuai keinginan pemakai. Misalnya kalau ingin jilbab berdiri tegak di bagian atas dahi, maka membutuhkan usaha ekstra dalam pengaplikasiannya.
  • Jenis voal yang terbuat dari bahan katun murni mempunyai berat sangat ringan, sehingga mudah tertekuk saat terkena angin. Selain itu, kainnya juga terbilang mudah robek apabila sering dipakai namun perawatannya kurang baik.
  • Voal tidak dapat dicuci menggunakan mesin karena bahannya terlalu lembut. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan mencucinya dengan tangan atau secara manual supaya voal tidak rusak.
Baca Juga  Cara membedakan kain Wolfis premium dan Wolfis biasa

Harga Kain Voal

Harga bahan kain voal cukup variatif, tergantung pada jenis voal tersebut. Berikut di bawah ini adalah referensi harga voal meteran terbaru yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

Jenis VoalHarga Per meter
Cotton Japan / Katun JepangRp. 35.000,-
Voal Waterproof / Water SplashRp. 36.000,-
Voal Superfine PremiumRp. 47.000,-
Voal Maxmara / SatinRp. 75.000,-
Voal LinenRp. 60500,-
Voal PrintingRp. 26.000,-
Voal MoshiRp. 41.000,-

Jenis-Jenis Voal

Secara umum, produk dari bahan kain voal yang beredar di pasaran terbagi atas beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut:

1.     Voal Basic

Karakteristik bahan voal basic sekilas tampak seperti jenis Jepang. Hanya saja tekstur kainnya lebih lemas serta tidak mudah menjadi kusut, tidak mengherankan kalau jenis ini sangat laris manis. Umumnya, jilbab dari voal basic ini memiliki size lebih kurang 115 cm.

2.     Voal Jepang

Meskipun kain voal jenis Jepang ini terbilang kaku serta mudah lecek, namun voal Jepang dihadirkan dalam berbagai macam pilihan warna menarik. Akan tetapi, permintaan pasar akan produk jilbab voal Jepang yang tinggi membuat bahan ini jadi sulit didapatkan.

3.     Voal Dobby

Jenis ini mempunyai ciri khas berupa tekstur kotak-kotak unik dan lembut. Pada awalnya, voal dobby hanya digunakan sebagai bahan pashmina saja. Namun seiring perkembangan zaman, sekarang voal dobby sudah hadir dalam varian produk jilbab kekinian.

4.     Voal Two Tone

Sebagaimana nama yang diberikan, voal two tone mengusung dua varian warna berbeda. Keunikan tersebut tentu saja membuat produk dari bahan two tone semakin laris.

5.     Voal Superfine

Voal jenis superfine mempunyai tekstur soft dan berkualitas tinggi. Sesuai namanya, jenis ini memang lebih unggul jika dibandingkan voal lain. Memiliki kemampuan menyerap keringat yang tinggi, maka Anda akan tetap merasa nyaman mengenakannya seharian.

Baca Juga  Bahan WOLFIS seperti apa?

6.     Voal Ultrafine

Tidak begitu berbeda dengan jenis superfine, jilbab voal ultrafine juga memiliki tekstur halus ketika bersentuhan dengan kulit. Jadi, cocok sekali untuk pemakaian sehari-hari.

Contoh Penggunaan Voal

kain polycotton, Bahan Voal - -

Bahan voal telah dimodifikasi menjadi berbagai macam jenis produk fashion kekinian dengan harga cukup terjangkau, tergantung pada jenisnya. Berikut ini adalah beberapa contoh produk voal yang mudah ditemukan di pasaran, dan mungkin satu di antaranya sering Anda gunakan:

1.     Jilbab

Belakangan ini, trend jilbab voal memang semakin berkembang. Biasanya jilbab dari kain voal mengusung bentuk segi empat dengan pilihan warna soft dan tampak matte.

2.     Pashmina

Voal juga banyak digunakan sebagai bahan untuk pashmina modis dan kekinian. Apalagi, tekstur lembut dan halusnya memiliki kesan jatuh yang bagus ketika membingkai wajah.

3.     Baju

Selain jilbab, voal juga banyak digunakan sebagai bahan membuat gaun, baju, maupun atasan. Baju voal umumnya mempunyai tekstur tipis, longgar, dan berkesan adem dipakai.

4.     Syal

Memiliki karakteristik yang dingin dan lembut, voal juga dipakai sebagai bahan syal. Apalagi, bahan ini sangat ramah di kulit dan syal dari voal bermotif, akan membuat Anda elegan.

5.     Rok

Meskipun cenderung sangat tipis, namun voal memiliki sifat loose (jatuh, melambai) sehingga cocok menjadi rok. Anda akan terlihat begitu feminim dan berkelas saat mengenakan rok dari kain voal yang teksturnya akan melekat mengikuti pergerakan kaki.

Seiring dengan perkembangan zaman, kreasi produk dari bahan voal juga semakin beragam. Terutama dalam industri fashion, dimana pasar voal memang sangat luas dan peminatnya juga sudah sangat banyak. Tidak heran kalau produk terbaru dari voal terus bermunculan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *