Katun MADINAH seperti apa? Contoh gambar dan cirinya

detail-katun-madinah

Katun Madinah seperti apa?

Kain katun madinah (Madina Cotton) terbuat dari bahan dasar katun “cotton” atau kapas sehingga kian ini menjadi salah satu kain yang sangat nayaman jika digunakan untuk bahan dasar pakaian, seperti baju gamis, rok atau kemeja.

Selain nayaman kain madina ini memiliki tampilan yang soft, kalem dan unik, cocok untuk busana pira dan wanita.

Perhatikan serat pada gambar di bawah ini. Serat terlihat besar, benang sangat jelas terlihat terbuat dari kapas yang dipintal.

detail-katun-madinah

Jika dilihat, katun madinah ini memiliki serat bergaris yang terlihat mirip seperti katun linen namun tidak sejelas katun linen burberry.

Kain katun madinah juga lebih halus dan lembut jika dipegang, tidak kaku seperti katun panga atau katun linen.

Warna kain madinah ini tidak ada yang mencolok, kain ini cenderung memiliki warna yang soft sehingga secara sekilas kain ini tampilannya mirip dengan katun spernova. Namun jika diperhatikan dengan seksama kedua kain ini jauh berbda, apalagi jika dipegang perbedaanya sangat terasa.

Kain katun madinah tersa sangat tebal dan halus serta terlihat premium sedangkan supernova sedikit lebih ringan dan telihat biasa jika disandingkan dengan katun madinah.

Berikut tampilan katun madinah:

gambar kain katun mainah

 

Warna katun madinah

pict by @tsanun.fashion

Ciri-Ciri katun madinah

Sebenarnya untuk membedakan katun linen burberry dengan katun lainnya tidaklah sulit namun jika tidak terbiasa dengan bahan atau kain mungkin sedikit kebingungan. Secara umum kain madinah memiliki beberapa ciri sebagai berikut ini:

  • Warna soft atau kusam seperti supernova
  • Tidak licin
  • Memiliki serat yang sedikit terlihat hampir mirip seperti katun linen atau katun ima
  • Tipis tapi tidak nerawang, ketebalannya hampir sama dengan supernova.
  • Halus dan jatuh
  • Adem ketika dikenakan
  • Kain tidak nerawang

Yang sering ditanyakan

Berikut ini berapa pertanyaan yang sering ditanyakan dari beberapa costumer.

Apa bedanya katun madinah dengan katun ima?

Untuk membedakan antara katun madinah dan katun ima kita bisa melihat warna yang tersedia, katun ima memiliki tone warna yang cerah sedangkan warna pada katun madinah sedikit buram.

Jika dilihat secara visual katun serat katun ima memiliki serat berags yang tidak beraturan (slub) yang sangat jelas.

perbedaan-katun-madinah-dengan-katun-ima

Katun madinah di kiri

 

Perbedaan katun madinah dengan katun supernova?

Memiliki tampilan warna yang sama bukan berarti tidak bisa membedakannya.

Jika dipegang katun madinah tidak seempuk kain katun supernova serta kain supernova lebih tebal dari pada katun madinah.

Permukaan pada bahan supernova terlihat berserabut, sedangkan permukaan bahan katun madinah permukaanya tidak berserabut.

perbedaan-katun-madinah-dengan-katun-supernova

katun madinah di bagian kiri

Perbedaan katun Madinah dengan katun linen Burberry?

Pertama kita bisa melihat perbedaan dengan melihat serat kain, bahan linen memiliki serat kain yang lebih besar. Sedangkan bahan kain madinah memiliki serat yang lebih kecil sehingga terlihat lebih rapat.

Kedua, bahan linen lebih tebal dari pada katun madinah sehingga katun linen memiliki bobot yang lebih berat dari pada katun madinah.

Katun madinah adalah kain yang tergolong ringan tipis dan tidak nerawang, jadi menang salah satu pilihan kain terbaik untuk membuat busana seperti rok, gamis, baju dan busana lain.

perbedaan-katun-madinah-dengan-katun-linen

Apa ada yang motif atau hanya polos saja?

Sampai saya menulis artikel ini, katun madinah diproduksi tanpa motif, hanya menonjolkan keunikan seratnya saja. Namun seperti bahan lain katun ini biasanya mengalami perkembangan yaitu ditambahkan menjadi beberapa jenis dan ada yang versi maotifnya.

Berapa harga katun madinah permeter?

Ini yang sering sekali ditanyakan. Harga kain tergantung kualitas bukan jenis kainnya. Kami eldya hijab selalu menggunakan bahan katun madinah premium atau katun madinah kulitas paling bagus jika kain dijual harganya sekitar 40.000 sampai 45.000 permeter sama seperti katun ima premium.

Saya sendiri mengecek dipasaran bahwa kain ini ternyata sudah banyak yang  memiliki kualitas yang biasa dan dijual dengan harga yang lebih murah yaitu sekitar 30.000 sampai 35.000.

Katun madinah kain favorit untuk bahan gamis dan jilbab

Kain katun madinah salah satu bahan favorit untuk membuat baju gamis muslim. Karena katun ini sangat nyaman saat dikenakan. Adem dan memiliki daya serap keringat yang sangat bagus.

Selain dari fungsi kain ini juga disukai karena memiliki tampilan yang soft fan serat berkarakter sehingga walaupun polos gamis yang berbahan kain katun madinah terlihat istimewa.

Hijab berbahan katun madinah juga sangat bagus dan nyaman namun sampai saat ini hanya tersedia jilbab pashmina dan segi empat saja karena kain ini tidak melar jadi kurang bagus untuk produksi jilbab instan.

Contoh produk dari katun madinah

Berikut ini adalah contoh produk busana yang terbuat dari katun madinah. Diambil dari berbagai sumber.

Jika kamu ingin mempromosikan Instagram secara gratis di halaman ini? silahkan mengirimkan gambar dan akun Instagram asli mengenakan baju muslim ke admin kita. Gambar akan di upload sesuai dengan tema artikel.

baju katun madinah

pict by @rokdaffa

contoh katun madinah

pict by @rokdaffa

 

gamis-katun-madinah

pict by @karikahijabid

Leave a Reply