jilbab pet antem yang bagus

Jilbab pet Antem seperti apa? contoh jilbab antem terbaru

Belum tahu istilah antem? silahkan ikuti artikel ini sampai selesai.

Sekarang ini jilbab mengalami perkembangan yang lumayan pesat baik model, desain maupun bahannya. Memang fungsi utama sebuah jilbab atau hijab adalah untuk menutupi aurat yang harus ditaati oleh semua muslimah tanpa terkecuali.

Namun, Islam tersebar di seluruh dunia yang memiliki beragam budaya yang berbeda. Contoh mudahnya adalah negara kita Indonesia.

Indonesia sendiri memang bukan negara islam karena terdiri dari suku dan bangsa dengan pakaian adat yang berbeda.

Agama islam adalah agama yang fleksibel, sehingga pertumbuhannya sangat pesat di Indonesia. Orang yang ingin masuk Islam tidak harus sama persis seperti orang arab yang mengenakan gamis, cadar dan lain sebagainya cukup mengucap syahadat dan melakukan kewajiban sebagai orang Islam.

Nah, sebagai orang awam yang imannya belum seperti para ulama. Dalam pendekatannya tidak langsung memaksa dengan meninggalkan budaya-budaya leluhur dan mengganti ke budaya Islam. Namun memberikan solusi agar budaya dan agama saling berkaitan. Seperti dulu yang dilakukan sudan kali jaga yang menyebarkan agama islam dengan kisah pewayangan.

Sama seperti dalam hal berpakaian khususnya berhijab, tidak mungkin hanya beberapa orang Indonesia yang mau berhijab jika jilbab yang dikenakan harus menggunakan setelan gamis besar, hitam semua badan tertutup kecuali mata. Karena pada dasarnya semua budaya Indonesia tidak ada yang berpakaian seperti itu.

Agar berhijab banyak peminatnya para produsen membuat desain jilbab sesuai dengan selera orang Indonesia. terlepas untuk apakah jilbab digunakan.

Salah satu daya tarik banyak muslimah ingin memakai jilbab adalah banyak desain yang lucu sehingga mereka beranggapan dengan memaki jilbab mereka malah terlihat anggun dan cantik.

Dari sini timbullah rasa suka berhijab sehingga jika sudah menjadi kebiasaan mereka akan malu keluar tanpa berhijab karena terlihat aurat dan merasa tidak cantik.

Salah satu desain jilbab yang menjadikan daya tarik muslimah mengenakan hijab adalah desain pet antem. Apa itu pet antem?

Apa itu jilbab pet ANTEM?

Istilah Pet dalam dunia jilbab adalah topi atau busa jilbab sedangkan sentem sendiri singkatan dai “anti tembem”. Jadi jilbab pet antem adalah jilbab instan yang memiliki pet anti tembem.

Pet antem atau anti tembem didesain agar pet tidak mengikuti wajah, kokoh sehingga pemakai terlihat memiliki rahang yang tirus. Hal ini sangat disukai oleh muslimah Indonesia karena pada dasarnya orang Indonesia memiliki wajah tembem atau bulat

Perbedaan pet Aantem dan biasa

Jika dilihat pet yang sudah menempel pada jilbab memang tidak ada perbedaan sama kali namun jika dipakai pet akan terasa berbeda baik tampilan maupun kenyammanannya.

Perhatikan tabel perbandingan dibawah ini:

Ket.Pet AntemPet biasa
BahanHarus busa yang bagus gar bisa berdiri tegakBisa menggunakan sembarang busa
Kain (jilbab)Menghindari bahan spandex atau kaosMenggunakan semua bahan
DesainUkuran harus sesuaiYang penting berbentuk pet
UkuranLebih besar dan lebih panjangTidak tentu yang penting berupa pet
TampilanWajah terlihat tirusWajah terlihat oval

1. Bahan Pet antem

Pet jilbab sendiri dibuat berbagai beberapa bahan yaitu busa, kain staplek dan kain kapas. Namun untuk bahan pet antem yang paling banyak menggunakan bahan busa.

Ada dua busa yang digunakan yang sering digunakan untuk jilbab adalah busa angin dan busa hati.

  • Busa angin: Busa yang berongga
  • Busa hati: Busa spon (tidak berongga)

Kedua busa tersebut bisa digunakan untuk membuat pet antem namun yang perlu diperhatikan adalah busa sendiri memiliki kualitas yang berbeda.

Busa angin juga memiliki kualitas dan tingkat kerapatan yang berbeda, semakin rapat makan semakin bagus untuk pet jilbab karena busa lebih kenyal dan tidak akan rusak setelah dicuci.

Selain itu jika menggunakan busa angin yang kualitas bagus pet jilbab tidak megkerut dan juga tidak lembek. Sehingga jika dipakai benar benar bisa menutupi pipi yang bulat.

Sayangnya tidak semua jilbab pet antem yang dijual dipasaran menggunakan jenis busa yang berkualitas. Pasalnya busa tidak terlihat karena terbungkus kain jilbab, dan jika sama-sama belum dicuci busa terasa sama saat dikenakan.

Jadi jangan heran kadang ada orang yang bisa menjual jilbab sangat murah. Itu dikarenakan selain kain, pet yang digunakan juga berkualitas rendah.

Jilbab pet antem produksi eldya hijab semuanya menggunakan busa yang rapat dan berkualitas sehingga busa awet, dan kenyal meskipun sudah beberapa kali di cuci.

Sama degan busa spon atau busa hati. Jilbab pet spon yang bagus juga menggunakan busa yang kualitas bagus.

2. Kain atau bahan jilbab

Jilbab pet antem tidak bisa dipasang pada kain jilbab yang terlalu melar seperti bahan spandex atau bahan Jersey. Kalau terpaksa dipasang pada jilbab yang menggunakan bahan melar maka jika jilbab dipakai, pet akan mengikuti wajah.

Kain yang cocok untuk jilbab pet antem yaitu: wolfis, diamond crepe, bubble crepe, ceruti, shifon dan kain lain yang tidak terlalu melar seperti spandex.

3. Pola/desain pet antem

Busa pet antem di desain menggunakan ukuran khusus, setiap produsen memiliki lekukan yang berbeda. Jadi meskipun sama-sama menggunakan pet antem, jika dipakai biasanya rasanya berbeda. Ada yang pas, ada yang mengkerut ada juga yang terasa mengganjal di pipi.

eldya hijab sendiri menggunakan 2 pola untuk jilbab antem instan biasa dan jilbab syari.

Pola pet antem jilbab instan

Berikut ini pola pet antem untuk jilbab instan basa, yaitu jilbab yang digunakan untuk kegiatan sehari hari, seperti jilbab serut atau jilbab simple pet.

pet, jilbab instan, antem - pola pet antem -

Jika sudah menjadi jilbab pet akan seperti ini:

pet, jilbab instan, antem - jilbab pet antem yang bagus -

Pola pet antem khimar syari

Dan untuk jilbab syari atau jilbab yang besar, eldya menggunakan pola seperti ini:

pet, jilbab instan, antem - pola pet antem syari -

Kedua pola di atas sudah melalui beberapa percobaan ke beberapa jenis wajah orang. Jadi 90% orang yang memiliki wajah normal akan cocok mengunakan pola pet ini.

Banyak prodesen jilbab yang tidak menggunakan pattern yang pas, hanya memotong sesuai cetakan yang diukur dari tempat produksi lain tanpa mengetahui pola dan lekukan yang pas jadi wajar saja jika pet antem kebanyakan malah terlihat aneh dan tidak pas.

4. Ukuran busa pet antem

Ada yang berukuran kecil juga ada yang berukuran besar bahkan sangat besar. Seperti gambar diatas tadi, ukuran pet antem eldya sudah disesuaikan dengan kebanyakan wajah orang Indonesia.

Pola diatas ukurannya juga bisa dirubah sesuai degan ukuran wajah pemakai, baik diperbesar maupun diperkecil.

5. Pet yang bagus ketika dipakai

Jilbab pet yang sesuai ukuran dan desain memang berfungsi untuk menutupi pipi yang tembem, dahi yang lebar serta membuat pemakai tidak terlihat memiliki badan yang terlalu gemuk (jika berbadan gemuk).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × five =