Bahan WOLFIS seperti apa? ketahui kelebihan dan kekurangannya

kain wolfis seperti apa

Siapa sih yang tidak mengenal kain ini, kain yang bisa dibilang kain sejuta umat karena hampir semua orang mengenal dan mempunyai busana yang berbahan wolfis ini.

Kain wolfis sendiri sangat banyak dibuat produk pakaian jadi seperti gamis, rok, tunik jilbab dan produk lain karena tampilannya yang bagus dan gampang sekali ditemui di toko kain.

Selain itu kain wolfis termasuk kategori kain yang murah, harga kain wolfis biasa dipasaran dipatok dengan harga 25.000 sampai 35.000 premeter.

Nah, jika kamu ingin mebeli kain atau produk bahan wolfis dan belum begitu faham dengan kain wolfis ini, saya akan mencoba menjelaskan tentagna bahan wolfis meliputi ciri, karakteristik, jenis dan kelebihan serta kekurangnya secara singkat.

Seperti apa bahan wolfis?

Bahan woll peach atau yang dikenal dengan naman “wolfis ” ini jika dilihat secara kasat mata kain wolfis memiliki tampilan permukaan yang halus, serat kain tidak terlihat dan jika dipegang menggunakan tangan terasa lembut namun agak licin.

Secara umum kita bisa menggambarkan bahan wolfis dengan ciri-ciri di bawah ini:

  • Halus dan lembut
  • Kain jatuh
  • Serat kain kecil dan tidak terlihat
  • Serat kain rapat
  • Kain tidak terlalu tipis dan juga tidak terlalu tebal (sedang-sedang)
karakteristik bahan wolfis

pict by @mizutextile

Kain wolfis sendiri terbuat dari serat sintetis atau 100% polyster (PE). Serat sintetis atau polyster adalah serat buatan yang berasal dari dari sampingan pengolahan minyak bumi. Jadi walaupun terlihat sangat halus jika dipakai untuk busana tidak senyaman kain katun.

Meskipun tidak senyaman bahan katun, kain wolfis sangat diminati sebagai bahan untuk membuat gamis maupun jilbab karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahan katun.

Keunggulan bahan wolfis

Ada beberapa keunggulan bahan wolfis yang menjadi daya tarik tersendiri oleh masyarakat kita. Sebagai berikut:

  • Tidak banyak jenisnya
  • Mudah ditemui di toko kain
  • Murah-meriah
  • Tampilan bagus
  • Halus, lembut dan jatuh
  • Lumayan tebal
  • Tidak melar
  • Ringan
  • Banyak pilihan warna
  • Cocok untuk bahana dasar berbagai macam produk

Meskipun memiliki banyak kelebihan, kain wolfis ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu kita pertimbangkan sebelum membeli kain ini.

warna kain wolfis

pict by alibaba.com

Kekurangan bahan wolfis

Berikut ini beberapa kekurangan bahan wolfis yang perlu kita ketahui:

  • Terlalu bayak yang KW
  • Tidak setebal bahan katun
  • Daya serap keringat kurang bagus
  • Tidak tahan panas

Itulah beberapa kekurangan bahan wolfis ini. Untuk lebih detailnya mari kita bahas kelebihan dan kekurangannya satu persatu.

Apa kelebihan bahan wolfis?

Berikut ini adalah kelebihan kain wolfis beserta uraiannya

Tidak banyak jenis bahan wolfis

Tidak seperti bahan katun yang memiliki jenis yang sangat banyak dan hampir mirip, di Indonesia kain wolfis tidak mempunyai bermacam jenis.

Sampai saat ini ada dua jenis wolfis yaitu wolfis biasa yang kebanyakan dijual di pasaran dan wolfis jetback.

Ada beberapa kain wolfis yang memang dicampur dengan bahan lain seperti, katun sutera, licra dan lain sebagainya namun jarang ditemui di Indonesia

Apa itu wolfis Jetblack?

Wolfis jetblack adalah kain wolfis yang hanya diproduksi berwarna hitam pekat dan memiliki kualitas diatas wolfis biasa. Kain ini biasanya digunakan untuk gamis-gamis syari yang bercadar yang digunakan di padang pasir karena kain lumayan tebal.

Pada dasarnya jetblack memang di khususkan untuk bahan pakaian di negara yang panasnya ekstrim seperti negara Arab.

wolfis jetblack

pict by @zaydan.fabrics

Tidak hanya dari wolfis, jetblack juga ada yang berasal dari kain wollycrepe dan kain lain.

Kain Wolfis memiliki tampilan yang bagus

Sekilas, jika dilihat kain wolfis tidak seperti bahan murahan karena kain ini memiliki look yang sangat bagus, bisa dikatakan mirip kain sutera yaitu memiliki permukaan yang halus. Jika dipakai orang busana juga tidak terlihat kaku sehingga bisa membentuk sesuai tubuh pemakai.

Bahan Wolfis memiliki karakteristik yang bagus

Meskipun berbahan dasar 100% polyster, kain wolfis termasuk kain yang adem dan nyaman dipakai. Bahan ini juga tidak terlalu tipis jadi jika dibuat gamis tidak usah menggunakan furing.

Selain itu bahan wolfis termasuk kain ringan namun jatuh jadi sangat cocok sebagai bahan busana seperti gamis syari.

Memiliki banyak variasi warna

Warna kain ini sangat banyak sekali, mulai dari warna yang cerah sampai warna yang kalem semuanya tersedia. Jadi kita bisa memilih warna sesuai dengan selera.

Murah dan cocok digunakan untuk berbagai produk

Dengan tampilan yang bagus dan memiliki lebar kain 150 cm, wolfis termasuk kain murah, harganya dibawah kain katun. Selain itu kain ini cocok untuk berbagai macam produk seperti, pent, rok, tunik, baju gamis jilbab dan lain sebagainya.

Hal ini yang menjadikan banyak sekali produk bahan wolfis yang kita temui di toko online. Menurut dari survey penjual kain, bahan wolfis paling banyak digunakan sebagai jilbab dan baju gamis.

contoh-produk-bahan-wolfis

Lalu apa kekurangan bahan Wolfis?

Dari poin diatas tadi, mari kita uraikan disini. Apasih kekurangan bahan sejuta umat ini? kekurangan ini bisa kita jadikan perhatian dalam membeli kain wolfis atau busana yang mengunakan bahan wolfis.

Banyak sekali yang KW

Sebenarnya, kain wolfis memiliki karakteristik sama persis seperti yang saya tulis diatas tadi. Namun pada kenyataannya banyak sekali costumer eldya yang membeli kain wolfis tidak sesuai deskripsi.

Hal ini karena banyak sekali produsen kain yang membuat bahan wolfis dengan kualitas standar. Jadi kemungkinan wolfis yang dibeli adalah wolfis biasa bukan wolfis original atau premium.

Perlu kita ketahui bahwa kain wolfis sekarang banyak diproduksi di oleh pabrik lokal Indonesia. Dan mereka biasanya menurunkan kualitas bahan agar bisa menjual dengan harga lebih murah.

Kualitas wolfis bisa kita kategorikan menjadi beberapa grade atau tingkatan yaitu wolfis premium atau original, wolfis grade A dan wolfis biasa.

 

Lah terus bagaimana cara membedakannya Kak?

Perhatikan tabel berikut ini:

Jenis kainWolfis OriginalWolfis Grade AWolfis Biasa
HargaPaling mahalSedikti dibawah originalSangat murah
Tekstur kainPermukaan halus saat disentuh dan serat tidak terlihatHampir sama dengan originalAgak kasar dan sedikit kaku, serat agak terlihat.
KetebalanTebal dan tidan nerawangHampir sama dengan yang originalLebih tipis dan terlihat nerawang
Jika disobekJika disobel kain lurus sesui seratHampir sama dengan yang originalMeskipun tidak semua kadang kainwolfis biasa jiak disobek akan melenceng.
KemasanTerdapat hologram pada lembaran kainAda yagn terdapat ada yang tidak namaun kemasan lebih bagusPolos tidak ada hologram dan merk
GulunganDalam satu gulung kain tidak ada sambunganTidak ada sambunganKadang kain ada yang disambung di tengah gulungan

Dari tabel diatas bisa kita simpulkan bahwa antara grade A dan original memiliki kualitas yang hampir sama karena harga juga tidak jauh berbeda sedangkan wolfis kw atau wolfis biasa kualitas tidak seperti yang kita harapkan meskipun dijual dengan harga yang sangat murah.

Eldya hijab selalu menggunakan bahan wolfis original. Lihat produk bahan wolfis.

Tidak senyaman bahan katun

Meskipun menggunakan bahan wolfis original akan tetapi jika dipakai tetap lebih nyaman bahan katun karena kain ini memang bukan terbuat dari bahan alami seperti katun.

Daya serap kain wolfis juga tidak sebagus katun, jadi jika memprioritaskan kenyamanan lebih baik pilihlah kain katun saja. Salah satu katun yang memiliki harga murah adalah katun supernova. Silahkan baca artikel dibawah ini:

Bahan Supernova seperti apa? penjelasan lengkap dan contohnya

Contoh produk bahan wolfis premium

Inilah beberpa contoh produk yang berbahan dasar wolfis premiuam

 

gamis bahan wolfis

jilbab rempel serut

Leave a Reply