Kain Lotto: Berikut detail bahan Lotto dilihat dari karakteristiknya

Nama kain lotto diambil dari sebuah brand produk pakaian olahraga dari Treviso Italia, yang memproduksi sepatu tenis, sebelum akhirnya merambah ke produksi perlengkapan olahraga lain. Sejak dikenalkan kepada masyarakat Indonesia, ternyata sambutan akan lotto sangat antusias.

Hal tersebut pula yang kemudian membuat banyak produsen mulai melakukan replikasi terhadap material bahan pada lotto, untuk digunakan dalam produknya. Jadi, tidak heran kalau harga pakaian lotto di Indonesia jauh lebih murah jika dibandingkan dengan brand aslinya.

Advertisements

Seperti Apa Bahan Lotto?

Bagi Anda yang gemar berolahraga atau bahkan tergabung di sebuah klub olahraga, pasti sudah tidak asing dengan bahan lotto. Apalagi, kain ini memiliki karakteristik yang cukup mencolok dan gampang dibedakan, bahkan hanya dengan melihatnya secara sekilas saja.

Pakaian bahan lotto biasanya akan tampak agak berkilau, serat kainnya terasa halus ketika dipegang, dan bobotnya lebih ringan dibandingkan jenis kain kebanyakan. Umumnya, material ini diaplikasikan pada produk yang berbau sport, seperti setelan olahraga misalnya.

Bahan utama kain lotto yaitu polyester dan campuran-campuran lain, seperti campuran katun, viscose atau spandek. Jadi, kain ini memang memliki sifat yang kuat dan sedikit mengkilap.

Karakteristik Kain Lotto

Sejak pertama kali dikenalkan, produk pakaian olahraga dari bahan lotto memang sudah mendapat sambutan hangat dari masyarakat di Indonesia. Sebabnya, produk dari lotto memang mempunyai karakter khas dan cukup istimewa, sehingga penggemarnya semakin membludak.

  • Lotto memiliki bobot atau berat yang relatif ringan karena dibuat dari campuran serat katun, dan serat sintetik. Umumnya, tingkat ketebalan disesuaikan dengan tujuan penggunaan.
  • Bagian permukaan lotto tampak sangat rapat tanpa adanya celah untuk cahaya menembus kain. Jadi, meskipun dari luar terlihat seperti berongga, namun tetap tidak tembus pandang.
  • Persentase serat katun yang digunakan pada lotto mempengaruhi tingkat kehalusan dan kelembutan bahan. Apabila teksturnya soft, artinya bahan katunnya lebih banyak dari sintetik.
  • Kandungan material sintetik dalam bahan lotto membuat kain ini memiliki tingkat elastisitas tinggi. Seperti diketahui, serat sintetik sangat mempengaruhi kelenturan pada suatu kain.
  • Lotto hadir dalam berbagai varian warna dan corak berbeda. Untuk satu jenis warna saja terbagi atas beberapa pilihan corak, sehingga Anda bisa memilih sesuai selera.
Baca Juga  Bahan Lacoste seperti apa? yuk ketahu detalnya

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Lotto

Meskipun kain lotto mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan sebagaimana jenis bahan lain. Namun lotto termasuk variasi kain berkualitas tinggi, sehingga tidak mengherankan kalau peminatnya datang dari semua kalangan. Terlebih lagi, harga lotto juga terbilang bersahabat.

Advertisements

Kelebihan bahan lotto:

Tekstur Lembut

Bahan lotto mempunyai serat rapat dan hal tersebut berdampak pada teksturnya yang lembut. Produk pakaian dari bahan lotto juga biasanya terbilang awet, dan lembut sekali apabila diraba dengan tangan. Selain itu, bahan lotto juga tampak mengkilap.

Tekstur Halus

Selain lembut, material lotto juga memiliki tekstur yang halus. Tidak mengherankan kalau jenis kain ini banyak digunakan untuk membuat jaket, pakaian olahraga, maupun sweater. Bukan hanya itu, lotto juga terasa sangat adem ketika dipakai beraktivitas.

Cepat Kering

Proses mengeringkan bahan lotto terbilang lebih cepat apabila dibanding kain jenis lain. Hanya dengan diangin-anginkan saja, maka lotto akan kering. Selain itu, idealnya lotto juga tidak dijemur di bawah terik matahari supaya tidak merusak kualitas bahannya.

Cocok di Segala Kondisi Cuaca

Bahan lotto dapat dipakai pada semua jenis kondisi cuaca, baik saat panas maupun lembab. Hal tersebut karena lotto memiliki daya serap yang tinggi dan tidak terasa lengket saat dikenakan. Jadi, Anda bisa bebas beraktivitas seharian dengan nyaman.

Kekurangan bahan lotto:

Advertisements

Tingkat Perawatan Tergolong Rumit

Tidak seperti bahan biasa yang dapat dicuci dengan deterjen dan dimasukkan ke mesin cuci sesuka hati. Lotto membutuhkan perawatan ekstra, termasuk ketika mencuci. Sebaiknya hindari penggunaan deterjen berlebihan dan cucilah secara manual dengan tangan.

Kurang Cocok untuk Suhu Ekstrim

Bahan lotto tidak begitu tebal, sehingga tidak direkomendasikan untuk dipakai ke tempat yang memiliki suhu ekstrim, seperti naik gunung misalnya. Meskipun lotto kerap dijadikan bahan membuat jaket, namun tingkat kehangatan yang diberikan masih terbilang rendah.

Baca Juga  Bahan Babyterry

Harga Kain Lotto

Saat ini tidak sulit untuk menemukan bahan lotto dijual dipasaran. Untuk kisaran harganya sendiri sangat bervariasi, tergantung pada jenis material atau kualitas lotto, serta wilayah dimana Anda tinggal. Di area kota besar, biasanya harga kain akan cenderung lebih murah.

Berikut ini adalah kisaran harga lotto berdasarkan ukurannya:

UkuranHarga
Lotto per meterRp. 35.000,-
Lotto per ballRp. 1.500.000,-

Jenis-Jenis Bahan Lotto

Tidak seperti bahan lain yang memiliki belasan hingga puluhan jenis hingga sulit dihafal satu-persatu. Secara umum, bahan lotto dikelompokkan atas dua jenis saja. Jadi, Anda tidak akan menemukan kesulitan dalam membedakannya, di antaranya adalah sebagai berikut:

· Lotto Special

Jenis bahan lotto special terbilang tipis, namun tidak menerawang. Hal tersebut pula yang membuat produk pakaian dari bahan jenis ini menjadi lebih adem dan ringan saat dikenakan. Di samping itu, harganya juga lebih murah apabila dibandingkan jenis lotto super.

· Lotto Super

Salah satu ciri khas dari lotto super adalah tingkat ketebalan produknya. Lotto jenis ini juga dikenal dengan sebutan grade premium karena menawarkan kualitas yang tidak main-main. Sedangkan harganya bisa dikatakan lebih mahal, menyesuaikan dengan kualitasnya.

Contoh Penggunaan Kain Lotto

Kain lotto adalah jenis material pakaian bertekstur halus dan lembut, sedangkan tingkat ketebalannya sama seperti katun. Wajar apabila pakaian dari bahan lotto sangat diminati oleh banyak kalangan. Terlebih lagi, material ini terkenal dingin dan mampu menyerap keringat dengan bagus.

Berikut ini adalah contoh produk bahan lotto:

1. Seragam Klub Olahraga

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa sebagian besar seragam klub olahraga terbuat dari bahan lotto premium berkualitas tinggi. Tidak mengherankan kalau banyak klub-klub besar yang mempercayakan produk bahan pakaiannya pada lotto kualitas super.

Baca Juga  Bahan Polycotton: kenali lebih detail karakterstiknya

2. Pakaian Sport

Produk pakaian sport atau olahraga dari bahan lotto juga sangat disukai oleh banyak orang. Memiliki tekstur yang lembut dan halus, melakukan kegiatan olahraga dengan lotto memang terbilang sangat nyaman, sehingga olahraga bisa dijalankan secara maksimal.

3. Jaket

Masih berkaitan dengan olahraga, jaket berbahan dasar lotto juga biasanya dipakai untuk olahraga. Contoh mudahnya adalah dikenakan oleh pelatih klub atau guru olahraga. Selain menampilkan kesan sporty, jaket lotto juga sangat mendukung aktivitas fisik.

4. Sarung Kursi

Selain dijadikan bahan baku produk pakaian, bahan lotto juga banyak diaplikasikan pada furniture rumah tangga, seperti kursi dan sofa misalnya. Bahannya yang mengkilap memang menjadi daya tarik sendiri dan membuat hunian tampak lebih nyaman dan berkelas.

5. Cover Meja

Meskipun produk cover meja dari lotto kurang populer, namun faktanya ada beberapa toko yang menawarkan taplak meja lotto. Sebenarnya hal tersebut sangat wajar, mengingat lotto memiliki berbagai macam varian warna menarik yang dijamin disukai oleh siapa saja.

Hingga detik ini, sebagian besar produk dari kain lotto masih didominasi oleh pakaian olahraga. Sedangkan varian produk lainnya terbilang sangat terbatas. Tentunya semua itu bukan tanpa alasan, apalagi lotto memang sangat cocok dipakai untuk melakukan aktivitas fisik yang cukup berat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *