Kain Baby Canvas seperti apa?

Pada awalnya, kain kanvas hanya digunakan media melukis. Namun, seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya industri fashion, saat ini kanvas juga banyak digunakan untuk membuat berbagai produk, seperti pakaian. Salah satu varian yang paling dikenal adalah kain baby canvas.

Saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan bermacam-macam produk dari baby canvas di pasaran online maupun offline, mulai dari jaket, hingga topi, dan tas. Apalagi harga produk baby canvas juga terbilang sangat terjangkau, sehingga tidak heran kalau peminatnya sangat banyak.

Advertisements

Seperti Apa Baby Canvas?

bahan polyester, Bahan Baby Canvas - bahan kain babycanvas sperti apa - contoh kain baby canvas

Secara umum, baby canvas tidak jauh berbeda dengan kain dari bahan kanvas lainnya. Hanya saja, campuran bahan lain seperti katun dan polyester turut berdampak pada kualitasnya. Karena kombinasi material tersebut membuat baby canvas memiliki kualitas lebih tinggi.

Meskipun bahan baby canvas lebih tipis jika dibandingkan kanvas sejenisnya, namun bahan ini memiliki serat kokoh. Pasalnya, bagian permukaan kain bertekstur halus, sehingga membuat baby canvas menjadi semakin tahan lama dan cenderung water splash alias tahan terhadap air.

Karakteristik Kain Baby Canvas

Baby canvas memiliki beberapa ciri atau karakteristik yang membuatnya berbeda dengan jenis kain lainnya. Anda mungkin menyadari perbedaannya, tapi sulit untuk mengungkapkannya. Supaya lebih jelas, silahkan simak apa saja karakteristik baby canvas pada poin-poin di bawah ini:

  • Tidak gampang kusut.
  • Kain tidak kaku.
  • Tekstur pada permukaan kain terasa lembut dan halus ketika disentuh.
  • Serat bahan pada baby canvas sangat kuat.
  • Dibandingkan kain kanvas jenis lain, baby canvas memiliki pori-pori lebih kecil.
  • Bahan baby canvas tergolong lebih tipis dibandingkan jenis kanvas lain, tapi masih lebih tebal dibanding bahan drill.
Baca Juga  Bahan WAFFLE seperti apa? Contoh gambar dan karakteristik kain waffle

Kelebihan dan Kekurangan Baby Canvas

Seperti bahan pakaian jenis lain, kain baby canvas juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh sebab itu, apabila Anda berniat membeli produk atau hendak memproduksi pakaian dari baby canvas, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai keunggulan serta kelemahannya.

Kelebihan baby canvas:

Tekstur Kain Lembut

Advertisements

Baby canvas mempunyai tekstur bahan kain sangat lembut dan nyaman sekali ketika dikenakan. Jadi, cocok apabila dipakai untuk melaksanakan kegiatan indoor maupun outdoor.

Tidak Mudah Kusut

Selain memiliki bahan yang tidak kaku, baby canvas juga tidak mudah kusut. Jadi, tidak masalah kalau dipakai tanpa disetrika terlebih dahulu, karena kain akan tampak rapi.

Bahan Berkualitas

Baby canvas termasuk dalam kategori bahan pakaian berkualitas tinggi, selain itu juga awet dalam penggunaannya. Dengan perawatan yang baik, maka bisa dipakai bertahun-tahun.

Kuat

Advertisements

Dipintal dengan rapat membuat baby canvas menjadi sangat kokoh. Tidak mengherankan kalau bahan ini biasanya digunakan untuk membuat produk, seperti jaket, parka, dan tas.

Tersedia Berbagai Pilihan Motif dan Warna

Ada banyak opsi warna serta pola bahan baby canvas yang dapat dipilih oleh konsumen. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri, karena pembeli bisa berkreasi memilih bahan yang disukai.

Harga Terjangkau

Bahan atau bakal, maupun produk jadi dari bahan baby canvas terkenal dengan harga yang terjangkau. Wajar saja apabila kemudian sangat diminati oleh para konsumen.

Kekurangan bahan baby canvas:

Panas

Bahan baby canvas cenderung memberikan kesan terasa panas ketika digunakan. Jadi, idealnya memang dipakai keluar rumah ketika cuaca sedang dingin atau hangat.

Tidak Menyerap Keringat

Kain jenis ini juga tidak memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik. Bagi Anda yang belum biasa menggunakan bahan ini, mungkin akan merasa kegerahan saat mengenakannya.

Baca Juga  Mengenal bahan SUPERNOVA dan contoh produknya

Warna Gampang Pudar

Untuk kelemahan baby canvas yang satu ini, sebenarnya sangat tergantung pada jenis kain yang dipilih. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, maka belilah produk dari baby canvas premium atau Grade A supaya Anda tidak merasa kecewa.

Tidak Tahan Suhu Panas

Baby canvas tidak bisa disetrika pada suhu tinggi karena akan lengket dan merusak tekstur kain. Oleh sebab itu, sebaiknya setrika pakaian baby canvas dengan suhu rendah.

Membutuhkan Perawatan Ekstra

Ketika membeli produk baby canvas, maka Anda dituntut tahu bagaimana cara merawatnya. Karena jika tidak dirawat dengan benar, maka kualitas kain akan terus menurun.

Harga Kain Baby Canvas

Harga yang dibanderol untuk bahan baby canvas sangat bervariasi tergantung pada grade atau kualitasnya. Di bawah ini adalah harga pasaran yang bisa Anda jadikan sebagai referensi:

Jenis Baby CanvasHarga
Baby canvas kombinasi katunRp. 46.500,-
Baby canvas kombinasi polyesterRp. 31.000,-

Jenis-Jenis Bahan Baby Canvas

Kain baby canvas dikelompokkan atas belasan jenis berbeda, jadi memang cukup kompleks, terutama bagi yang tidak tahu menahu tentang kain bahan.

Setiap jenis baby canvas tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, karena kualitasnya juga berbeda. Jenis-jenis bahan baby canvas:

Baby Canvas Katun

Seperti namanya, jenis ini dibuat dari material bahan campuran antara baby canvas dan katun. Kombinasi kedua bahan tersebut membuat produk yang dihasilkan menjadi lebih kuat, fleksibel, ringan, dan nyaman saat digunakan untuk beraktivitas.

Baby Canvas Polyester

Kombinasi bahan baby canvas dengan polyester menciptakan produk pakaian yang tidak mudah kusut saat dicuci, cepat kering ketika dijemur, serta lebih kuat dan awet. Kadar serat polyester yang lebih tinggi juga bisa membuat produk memiliki ketahanan terhadap bakteri.

Baca Juga  Cara membedakan kain Wolfis premium dan Wolfis biasa

Baby Canvas Anti Air

Jenis baby canvas satu ini memiliki tekstur dan karakteristik seperti American drill. Cocok sekali untuk dijadikan sebagai seragam dinas, khususnya bagi yang bekerja di bidang kesehatan. Pasalnya, jenis ini lebih kebal terhadap serangan kuman maupun bakteri.

Contoh Penggunaan Kain Baby Canvas

bahan polyester, Bahan Baby Canvas - kain baby canvas -

Berbicara mengenai produk yang terbuat dari material bahan baby canvas tidak jauh dari outfit, seperti jaket dan parka. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar produk dari baby canvas memiliki ketahanan tinggi terhadap rembesan air. Selain itu, juga bisa memberikan kehangatan bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa contoh produk baby canvas:

1. Jaket

Dalam beberapa tahun terakhir produk jaket, baik itu parka maupun bomber dari baby canvas memang semakin diminati, terutama oleh kalangan milenial. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kualitas bahan, desain kekinian, dan juga harganya yang terjangkau.

2. Pakaian

Saat ini ada banyak sekali produk pakaian, baik itu berupa baju, kemeja, maupun celana dari bahan baby canvas. Meskipun agak panas, namun tetap nyaman dikenakan sehari-hari.

3. Tas

Model tas kanvas yang sudah dipasarkan sekarang ini banyak sekali, khususnya ransel dan tote bag. Selain memiliki daya tahan yang kuat, tas kanvas juga sangat ringan saat dipakai.

4. Topi

Produk topi modis dan kekinian dari baby canvas juga begitu diburu oleh kaum muda belakangan ini. Apalagi dengan adanya berbagai motif unik yang menghiasi topi, tidak heran kalau sangat disukai oleh publik.

Meskipun kain baby canvas memberikan rasa hangat ketika dikenakan, namun bahan ini tidak tahan terhadap suhu panas. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda berhati-hati saat menyetrikanya. Kalau takut lengket, maka bisa dilapisi dengan kain bahan katun tipis supaya permukaan kanvas tidak rusak.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *