Kain Hyget seperti apa? Yuk cek harga, karakteristik dan penggunaannya

Apakah kamu pernah melihat baju untuk kampanye partai politik? Bahan baju yang biasa digunakan yaitu menggunakan kain hyget. Bahan hyget ini tergolong sebagai kain yang murah, sehingga banyak digunakan untuk berbagai acara besar yang membutuhkan baju dalam jumlah yang banyak.

Namun, sebenarnya ada juga bahan hyget yang memiliki kualitas bagus dan digunakan untuk pembuatan baju gamis. Bahan hyget dengan kualitas yang bagus memiliki ketebalan yang cukup dan tidak panas ketika digunakan.

Seperti Apa Kain Hyget?

Bahan hyget merupakan bahan kaos yang dibuat dari kombinasi cotton dan polyester namun tipis. Umumnya, jenis bahan ini digunakan untuk pembuatan kaos atau jersey. Namun, saat ini bahan hyget banyak juga dipakai dalam pembuatan gamis serta jilbab.

Advertisements

Di Indonesia, bahan hyget terkenal sebagai bahan yang murah dibandingkan bahan untuk kaos lainnya. Walaupun murah, bahan hyget masih nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Ciri atau Karakteristik

Kain hyget memiliki tampilan yang sedikit mengkilat, tidak cepat rusak, dan cukup ringan. Berikut ciri atau karakteristik dari bahan hyget yang membedakan dengan bahan kaos lainnya, yaitu:

  • Permukaan kain terlihat mengkilap dan tidak mudah kusut. Setelah bahan hyget dicuci maka tampilan tetap akan tetap terlihat rapi dan tidak terlalu kusut.
  • Bahan hyget bisa digunakan langsung setelah dicuci tanpa harus disetrika terlebih dahulu.
  • Dibandingkan jenis bahan lainnya, harga bahan hyget tergolong murah. Hal ini banyak menjadi pertimbangan orang yang ingin membuat kaos dalam jumlah yang banyak.
  • Ketebalan bahan hyget tergolong cukup tipis, namun beberapa jenis bahan hyget ada yang lebih tebal. Bahan hyget tipis membuat tubuh pengguna mudah kepanasan saat cuaca terik dan mudah kedinginan saat hujan atau cuaca dingin.
  • Bahan hyget tersedia dalam berbagai macam warna dan bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan.
  • Daya serap keringat bahan hyget kurang baik jika dibandingkan dengan kain katun. Hal ini bisa membuat penggunanya merasa kegerahan. Namun, pada jenis hyget super kemampuan daya serap keringat lebih baik dari bahan hyget jenis lainnya.

Kelebihan-Kekurangan

Memiliki kualitas dibawah bukan berarti bahan hyget tidak memiliki kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dari bahan hyget, yaitu:

Advertisements
  1. Harga yang murah

Salah satu pertimbangan banyak orang dalam membeli sesuatu adalah mengenai harga. Bahan hyget dijual dengan harga yang tergolong murah. Oleh karena itu, jenis bahan ini sangat cocok untuk dibuat menjadi kaos partai atau acara lainnya dalam jumlah yang cukup banyak.

  1. Bahan tidak mudah kusut

Bagi Anda yang menyukai gamis, Anda bisa mencoba gamis dengan bahan hyget. Bahan hyget tidak akan mudah kusut walaupun habis dicuci. Sehingga, Anda bisa menggunakannya dalam waktu yang cepat tanpa harus menyetrika gamis atau jilbab bahan hyget terlebih dahulu.

  1. Tebal dan nyaman

Tidak semua bahan hyget memiliki ketebalan yang sama. Untuk bahan hyget kualitas bagus maka ketebalan bahan sedang dan nyaman ketika digunakan. Bahan jenis ini sangat cocok untuk dibuat menjadi jilbab.

  1. Mudah menyerap keringat

Kelebihan ini dimiliki oleh bahan hyget dengan jenis super yang memiliki daya serap keringat lebih baik. Berbeda dengan bahan hyget tipis yang memiliki kemampuan daya serap keringat kurang baik.

Tidak hanya kelebihan saja yang dimiliki oleh bahan hyget, terdapat juga beberapa kelemahan. Berikut beberapa kelemahan bahan hyget, yaitu:

  1. Tipis

Salah satu hal yang perlu Anda ketahui saat membeli bahan hyget tipis atau hyget biasa adalah ketebalannya yang tipis. Jenis hyget ini tidak terlalu nyaman digunakan saat cuaca terik maupun cuaca dingin.

  1. Bahan panas

Baju dengan bahan hyget tidak terlalu direkomendasikan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena karakteristiknya yang sulit menyerap keringat, sehingga akan terasa panas saat digunakan.

Advertisements

Harga Kain Hyget

Bahan hyget dijual dengan harga yang bervariasi tergantung toko dan kualitas bahan itu sendiri. Berikut daftar bahan hyget yang dijual dengan minimal order sebanyak 50 ribu pcs, yaitu:

Jenis BahanHarga (Rp/pcs)
Hyget 70-80 gram4.000
Hyget 80-90 gram4.500
Hyget 90-100 gram4.800
Hyget 100-110 gram5.300
Hyget 110-120 gram5.500

Umumnya, banyak pihak yang membeli kain hyget dalam jumlah yang besar sehingga harga terlihat murah. Namun, banyak juga marketplace yang menjual bahan hyget satuan.

Jenis Kain Hyget

Anda bisa membeli berbagai jenis bahan hyget yang ada di pasaran. Berikut beberapa jenis bahan hyget yang bisa Anda temukan, yaitu:

Bahan hyget tipis

Bahan hyget tipis adalah jenis hyget yang dijual dengan harga paling murah dan kualitas paling rendah. Jenis hyget tipis ini biasanya digunakan untuk bahan pembuatan baju event atau kampanye politik. 

Ciri bahan hyget tipis adalah mirip dengan kain kaos dengan ketebalan yang tipis.

Bahan hyget biasa

Tidak berbeda jauh dengan jenis hyget tipis, bahan hyget biasa juga memiliki kualitas yang rendah dan dijual dengan harga murah. Bahan hyget biasa banyak dipakai untuk pembuatan kaos kampanye partai dan kaos acara.

Bahan hyget super

Bahan hyget super atau ada juga yang menyebutnya hyget premium adalah jenis bahan dengan tekstur yang lebih rapi dan tebal daripada hyget biasa. Tekstur permukaan hyget super lebih tebal dan cenderung rapat.

Bahan hyget balon

Bahan hyget balon mempunyai tekstur yang sangat lembut menyerupai sutra dan adem ketika digunakan. Bahan hyget balon ini terbuat dari campuran spandek. Jenis bahan hyget balon bisa dikatakan mirip dengan bahan spandek, namun hyget balon tidak elastis.

Bahan hyget serena

Jika bahan hyget terkenal dengan harga yang murah, jenis hyget serena adalah bahan hyget yang dijual dengan harga lebih mahal dan berkualitas baik. Bahan hyget serena cenderung adem, tebal, dan lentur. Biasanya bahan hyget ini banyak digunakan untuk pembuatan kaos olahraga.

Perbedaan dengan Bahan yang Hampir Sama

Jenis bahan hyget ini memiliki beberapa kemiripan dengan jenis kain lainnya. Hyget bisa dikatakan sebagai bahan spandek paling ringan dengan kualitas paling bawah. Sementara itu, spandek cenderung lebih melar, nyaman digunakan, dan jatuh mengikuti lekuk tubuh. 

Spandek bangkok atau balon kadang juga disebut sebagai jersey lokal memiliki karakteristik yang mirip dengan bahan hyget, namun kualitasnya diatas hyget. Lycra termasuk sebagai jenis spandek yang memiliki tekstur lembut, tebal, dan kuat. 

Sementara itu, jersey adalah bahan yang lebih tebal, tidak panas, dan melar. Terdapat banyak tingkatan jersey untuk berbagai kebutuhan.

Contoh Penggunaan

Di Indonesia, kain hyget ini banyak digunakan untuk pembuatan kaos oblong, tepatnya adalah kaos keperluan kampanye maupun acara besar. Untuk jenis bahan hyget super atau serena bisa juga dibuat menjad kaos voli, badminton, dan olahraga lainnya.

Saat ini bahan hyget tidak hanya digunakan dalam pembuatan kaos oblong saja. Bahan hyget juga dijadikan sebagai bahan pembuatan gamis muslim maupun jilbab. Jenis hyget yang digunakan adalah bahan hyget yang cukup tebal, nyaman, dan adem ketika dipakai.

Kini Anda sudah mengetahui bahwa terdapat bahan yang secara sekilas terlihat seperti kain hyget. Bahan hyget ini sangat cocok digunakan untuk keperluan acara skala besar, sehingga tidak terlalu memakan biaya yang besar untuk produksi baju.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *