Kain MAXMARA Seperti apa? kenali jenis, karakter dan contohnya

gamis-maxmara

Perlu kamu tahu bahwa kain maxmara diambil dari rumah mode italian style yang terkenal di dunia yaitu Max Mara. Kamu bisa cek dan belanja di official online storenya di https://world.maxmara.com/. Selain belanja langsung dari websitenya kita juga bisa menemukan official storenya di seluruh dunia termasuk kota besar di Indonesia.

Entah bagaimana ceritanya sebuah nama brand bisa menjadi sebuah nama dari jenis kain satin. Padahal Max Mara tidak hanya menjual produk yang berbahan satin. Malahan jika kita cek di websitenya barand ini lebih banyak menjual pakaian pakaian tebal ala italia. Di Max Mara juga tidak menjual hijab atau busana musalim.

max-mara

gambar toko online max mamara

Oke, apapun itu sekarang lebih dari 90% masyarakat mengenal Max Mara adalah kain “maxmara” yaitu nama kain yang memiliki karekater berkiilau halus dan lembut. Persis seperti kain satin tepatnya satin roberto cavali. (lah memang kain satin)

Jika dilihat dan dipegang memang kain ini dari jenis satin sih mungkin dengan merubah sedikit karakter kain dan memberi nama seperti brand terkenal akan membuat kain ini banyak peminatnya. Dan memang terjadi saat ini banyak sekali pengguna kain ini untuk busana termasuk jilbab.

Ya, bisa dibilang strategi pemasaran cukup sukses, sama dulu ada jilbab ayu ting-ting, pashmina sabiyan jilbab serut Jokowi dan whatever. Padahal  pak Jokowi tidak memakai jilbab namun para produsen memanfaatkan kepopulerannya saja.

4 Jenis kain Maxmara

Walaupun dari jenis satin, ada yang bilang kain maxmara adalah jenis kain sendiri karena kain maxmara ini masih dibagi menjadi beberapa varian yaitu:

1. Kain Maxmara Lux

Kain maxmara lux merupakan jenis kain maxmara yang paling populer digunakan untuk busana sperti gamis dan jilbab karena maxmara lux adalah jenis maxmara yang memiliki karakteristik yang paling adem, paling ngeflow, paling lembut dibandingkan dengan maxmara lain.

kain-maxmara-lux

pict by@wearingklamby

Maxmara jenis lux memiliki serat yang terlihat sehingga tone warna dari kain ini tidak terlalu mencolok, meskipun tampak mengkilap namun lebih doff sehingga kain ini cocok digunakan untuk busana sehari-hari.

 2. Kain Maxmara Galaxy

Jenis maxmara galaxy memiliki karakter yang lebih kaku dari pada maxmara lux, jenis kain ini juga banyak digunakan untuk bahan bahan hijab karena tidak terlalu lemes sehingga jilbab bisa dibentuk.

kain-maxmara-galaxy

pict by @maddinahijab

Jika maxmara lux memiliki serat kain yang terlihat, maxmara galaxy seratnya yang kurang begitu terlihat sehigga tone warna kain lebih glossy dari pada maxmara lux.

3. Kain Maxmara Midi

Nah jenis kain maxmara midi ini paling mirip dengan kain satin karena memiliki tone yang yang paling mengkilap dan licin serta serat tidak terlihat seperti karakter kain satin pada umumnya.

kain-maxmara-mdi

pict by @guzeltextile

Jenis kain maxmara midi ini kurang cocok untuk bahan jilbab karena kurang adem seperti maxmara lux. Namun jika untuk bahan gamis sangat cocok karena memiliki ketebalan yang cukup.

4. Kain Maxmara Polos

Sebenarnya kain maxara polos ini karena kain ini tidak memiliki motif atau polos. Nah kain maxmara polos biasanya memiliki grade yang lebih bagus.

Berbeda degan kain motif yang ditonjolkan adalah kualitas namun kain polos biasanya yang di tonjolkan adalah kualitas dan karakter dari kain tersebut, termasuk kain maxmara ini.

Maka dari itu kian maxmara plos grade a memiliki karekater yang halus, lembut, flowing dan adem jika dikenakan.

Jenis maxmara polos juga paling populer di pasaran, namun hati hati jangan salah pilih kain maxmara polos mirip sekali dengan kain satin reberto cavali. Perbedaannya terlihat dari tone warna, warna maxmara polos sedikit lebih buram dari pada ain satin yang memang memiliki warna ngejreng.

kian-maxmara-polos

pict by @haura.tabina

Ada beberpa istilah lain seperti maxmara italiano, maxmara premium, maxmara silk, maxmara lokal dan lain sebagainya biasnya hanya brbeda pada penyebutan dan grade dari bahan tersebut. Jadi wajar saja banyak sumber yang membagi kain ini sampai puluhan jenis.

Warna kain maxmara

Seperti yang saya katakan diatas kain maxmara ini memiliki tone warna yang kurang keras tidak seperti kain satin. Dan perlu kamu ketahui warna kain maxmara tanpa motif (polos) lebih banyak dibandingkan yang motif.

variasi-warna-kain-maxmara

pict by @muhdy_collection

Untuk kain maxmara motif lebih diutamakan jenis motif yang sangat bervariatf dengan warna motif yang berbeda.

Karakteristik kain maxmara

Seperti yang saya jelaskan tadi kain maxara ini memiliki karakter yang sama seperti kain satin yaitu memiliki serat yang padat, licin dan berkilau serta memiliki tampilan sisi yang berbeda (sama seperti satin kebanyakan).

kain-maxmara-seperti-apa

pic by @ridho_textille

Kilau kain ini sama seperti satin velvet atau roberto cavali yaitu kilau doff (tidak glossy) sehingga kilauan tidak terlalu mencolok walaupun terkena cahaya.

Terlepas dari nama brand besar, kain satin jenis maxmara disukai banyak orang karena kilauan kain tidak terlalu mencolok seperti jenis kain satin kebanyakan. Sehingga kain terkesan lebih natural dan dapat digunakan siapa saja bahkan untuk busana sehari-hari. Lalu apa perbedaan kain maxmara dengan kain satin?

Perbedaan kain maxmara dan satin

Tentunya kain ini tidak bisa dibedakan karena pada dasarnya kain maxmara adalah salah satu jenis kain satin. Namun maxmara tidak seperti kain satin kebanyakan, berikut perbedaan maxmara dengan satin.

gambar-kain-maxmara-polos

Contoh kain maxmara polos (pict by @grosirkain.bandung)

 

gambar kain satin

Contoh kain satin

Berikut penjelasan perbedaan sari kedua kain di atas:

  • Tidak seperti bahan satin yang tidak bisa dikenakan sehari-hari dan hanya bisa digunakan untuk acara-acara tertentu saja. Kain maxmara dapat digunakan untuk pakaian sehari-hari karena kain lebih nyaman dan adem dan tidak terlalu berkilau seperti satin.
  • Jika bahan satin banyak dipakai untuk furing kain brokat dalam sebuah busana namun kain maxmara digunakan tanpa furing, seperti kain-kain pada umumnya.
  • Bahan satin lebih populer tanpa motif (polos) sedangkan maxmara lebih populer dengan varian motifnya yang cantik.
  • Kebanyakan bahan satin jika dipakai akan terlihat sekali lekukan tubuh pemakainya bahan sampai terlihat jelas pakain dalam yang dipakai namun kain maxmara tidak.

Kain satin sendiri memiliki banyak jenis dan banyak karakter berikut ini penjelasan dan jenis kain satin:

Penjelasan KAIN SATIN lengkap dengan video dan gambar

Kain maxmara nyaman dikenakan

Kain maxmara yang beredar di pasaran rata-rata terbuat dari bahan polyester dan rayon bekualitas tinggi karena jika dipakai kain terasa lembut adem dan nyaman.

gamis-maxmara

pict by @wearingklamby

Kain ini bisa kita kenakan untuk daily wearing, karena kain kuat dan tidak perlu perawatan khusus sama seperti bahan wolfis atau bahan katun.

Harga kain maxmara

Kain maxmara saat ini memiliki harga yang hampir sama dengan kain satin velvet atau roberto cavali yaitu antara 25.000 sampai 40.000 permeter. Tergantung kualitas dan daerah penjualan kain. Karena saat ini banyak sekali jenis kain maxmara dan varian kualitas kain ini yang dijual di pasaran.

Leave a Reply