Bahan Cordura dilihat dari karakteristik kelebihan/kekurangan serta harga

Banyak orang yang belum mengetahui apa itu bahan/kain cordura dan karakteristiknya. Beberapa orang menganggap bahwa bahwa bahan cordura sama dengan bahan corduroy, karena namanya terdengar mirip. Tetapi, karakteristik dan penggunaan kedua bahan tersebut sangatlah berbeda.

Bahan cordura saat ini banyak digunakan di industri pembuatan tas. Hal tersebut didukung oleh berbagai kelebihan dari bahan cordura ini yang kuat dan tahan air. Bagi Anda yang memiliki tas dengan bahan cordura, Anda juga tidak perlu khawatir dengan cara perawatannya.

Seperti Apa Bahan/Kain Cordura?

Bahan cordura adalah bahan yang terbuat dari berbagai macam campuran bahan misalnya nilon, kapas, dan polyester. Pembuatan bahan cordura ini bisa dibilang cukup rumit dan bahan yang dihasilkan juga memiliki mutu yang tinggi. Harga jual bahan cordura juga cukup tinggi.

Advertisements

Cordura bisa dibilang jenis kain tekstil premium yang biasa digunakan dalam pembuatan tas dan jaket. Sifatnya yang tangguh dan tahan lama membuat bahan ini dimanfaatkan untuk pembuatan peralatan aktivitas outdoor.

Ciri atau Karakteristik

Karakteristik dari bahan cordura ini cukup unik dan membuatnya memiliki harga yang lumayan tinggi. Berikut beberapa ciri atau karakteristik dari bahan cordura, yaitu:

  • Kain cenderung tebal.
  • Memiliki sifat bahan yang ringan.
  • Bahan tidak transparan.
  • Anti air.
  • Bahan cenderung panas.
  • Memiliki tekstur yang cukup kasar.
  • Serat kain yang rapat dan kuat.

Kelebihan-Kekurangan

Banyaknya industri yang ingin menggunakan bahan cordura untuk produknya semakin meyakinkan bahwa bahan ini memiliki banyak kelebihan. Berikut kelebihan-kelebihan bahan cordura yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Advertisements
  • Anti air

Salah satu keunggulan bahan cordura yang menjadi kesukaan banyak orang adalah termasuk bahan anti air. Kelebihan ini membuat banyak peralatan outdoor dibuat memakai bahan cordura. 

Jika Anda sedang mencari peralatan aktivitas outdoor, peralatan dari bahan cordura bisa menjadi jawabannya.

  • Bobot yang ringan

Cordura merupakan jenis kain yang memiliki kemampuan menampung beban berat serta tidak mudah sobek. Tetapi, hal ini tidak berarti bahwa bahan cordura juga memiliki bobot yang berat. Bahan cordura tergolong sebagai kain yang ringan.

Jika Anda menggunakan tas dengan bahan cordura maka Anda tidak akan merasa berat saat membawanya. Hal ini tentu saja berbeda dengan tas yang menggunakan bahan kulit.

  • Kuat

Ketahanan serta kekuatan dari bahan cordura sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah banyak orang yang merasa bahwa tas dari bahan cordura memiliki kekuatan yang bagus. 

Oleh karena itu, Anda tidak perlu heran jika kemampuan bahan cordura sangat baik dalam membawa beban yang cukup berat. Selain itu, bahan cordura juga tidak mudah sobek. Bahan cordura terbuat dari serat-serat yang rapat serta bahan nilon dengan kualitas yang tinggi.

  • Banyak variasi warna

Bahan cordura ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai banyak warna. Banyak orang yang memiliki barang dengan bahan cordura ini karena ada banyak warna yang tersedia. Sehingga, Anda bisa memilih warna sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Advertisements
  • Kesan warna yang cerah

Ketika seseorang menggunakan warna yang cerah maka orang tersebut bisa menjadi pusat perhatian. Hal ini juga sama dengan bahan cordura yang memiliki kesan cerah. 

Bagi sebagian orang hal ini sangat menguntungkan, namun jika Anda tidak ingin terlalu mencolok maka kurang pas dengan bahan cordura.

Selain berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bahan cordura. Terdapat beberapa kelemahan bahan cordura yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda. Berikut beberapa kelemahan dari bahan/kain cordura, yaitu:

  • Tekstur permukaan kain yang kasar

Bahan cordura memiliki permukaan kain yang cukup kasar. Hal ini akan sangat berpengaruh jika menggunakan bahan cordura sebagai bahan pembuatan pakaian dan perlu adanya penambahan furing agar tetap nyaman.

Pada dasarnya bahan cordura memang tidak cocok dibuat menjadi busana, sehingga tidak terlalu nyaman saat digunakan.

  • Panas saat digunakan

Selain permukaannya yang kasar, bahan cordura juga panas saat digunakan. Kemampuan cordura dalam menyerap air atau keringat tidak begitu baik walaupun bahan ini terbuat dari katun. Sehingga, bahan cordura tidak banyak digunakan sebagai bahan pembuatan baju.

Namun, bahan cordura bisa dibuat menjadi jaket atau rompi dengan kemampuan menahan datangnya angin ketika berkendara.

  • Tidak menampilkan kesan yang mewah

Jika Anda menyukai hal-hal yang terlihat mewah maka Anda tidak akan begitu menyukai bahan cordura. Bahan cordura akan terlihat sederhana dan biasa ketika dibuat menjadi suatu barang. Walaupun begitu hal ini sangat bergantung pada selera masing-masing orang.

Harga Bahan/Kain Cordura

Bahan cordura dijual di marketplace dengan kisaran harga mulai dari Rp18.000 sampai Rp44.000. Penjual bisa saja menjual bahan cordura dengan harga yang berbeda. 

Jika Anda menginginkan bahan cordura asli dengan kualitas terjamin tentu saja lebih baik Anda melakukan survei terlebih dahulu.

Jenis Bahan/Kain Cordura

Bahan cordura secara umum bisa dibagi menjadi tiga jenis yaitu cordura biasa, nylon, dan cordura 1000. Berikut beberapa jenis bahan cordura secara lebih lengkap, yaitu:

· Cordura AFT Fabric

Bahan cordura ini memiliki tekstur yang kasar dan tidak mudah sobek. Dibuat dengan konstruksi rajut terbuka dan dirancang untuk mempunyai kekuatan yang tinggi. Bahan cordura AFT juga memiliki bobot yang ringan.

· Cordura Baselayer Fabric

Bahan cordura baselayer merupakan bahan bersifat lentur dengan konstruksi fleksibel ringan. Dibandingkan jenis cordura lainnya, kainnya lebih lembut namun tetap kuat.

· Cordura Ballistic Fabric

Profil kain tenun pada cordura ballistic cukup rapat. Jenis cordura ini juga kuat dan sangat tahan terhadap sobekan.

· Cordura HP Fabric

Bahan cordura HP tersedia dalam berbagai pilihan warna dan motif. Sama dengan jenis cordura lainnya, cordura HP memiliki tekstur yang kasar, tahap terhadap sobekan, dan tahan air.

· Cordura Classic Fabric

Jenis cordura classic memiliki tekstur bahan yang kasar dan tahan terhadap abrasi. Cordura classic juga memiliki ketahanan yang kuat dan tahan air atau waterproof.

· Cordura Lite/Lite Plus Fabric

Karakteristik dari cordura lite atau lite plus yaitu kuat dan kasar. Bahan cordura jenis ini juga tahan air dan terlihat lebih mengkilap.

· Cordura Nyco FR Fabric

Bahan cordura nyco lebih nyaman digunakan dan terlihat otentik. Kain cordura nyco juga memiliki ketahanan yang kuat dan tahap dari abrasi.

· Cordura Naturalle Fabric

Jenis cordura naturalle memiliki bobot yang ringan dengan tampilan lebih matte. Bahan cordura naturalle juga tahan terhadap air, kuat, dan memiliki tekstur kasar.

· Cordura Ultralite Fabric

Bahan cordura ultralite memiliki bobot yang ringan dan kuat. Penampakan bahan cordura ultralite juga terlihat mengkilap dan tahan air.

Contoh Penggunaan Bahan/Kain Cordura

Bahan cordura banyak dipakai sebagai bahan pembuatan tas. Cordura memiliki berbagai macam warna serta relatif tahan lama untuk dibuat menjadi tas. Tas yang kuat dan tahap terhadap robek tentu saja menjadi incaran banyak konsumen.

Selain tas, bahan cordura juga dapat dibuat menjadi jaket dan peralatan untuk aktivitas outdoor, misalnya tali climbing atau tali rompi. Tidak hanya tas saja, jika Anda kreatif dan mau mencoba membuat bisnis baru Anda bisa menciptakan suatu barang dengan bahan cordura. Bahan cordura memiliki banyak kelebihan yang sangat cocok dibuat menjadi berbagai barang dengan nilai jual yang bagus.

Diambil dari berbagai sumber:

https://ilhamteguh.com/bahan-cordura/#Kelebihan_Bahan_Cordura
https://aminama.com/bahan-kain-cordura/
https://fitinline.com/article/read/4-keunggulan-tas-kain-cordura-dan-cara-merawatnya-biar-tetap-awet/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *