Jenis KAIN KATUN yang populer untuk bahan produksi pakaian

contoh-katun-jepang

Pasti kalian pernah membaca label baju baru yang bertuliskan COTTON 100% dan beberapa tulisan serta kode kecil-kecil lain yang kadang tidak ngerti maksud dari simbol dan tulisan tersebut.

Memang tidak terlalu penting bagi kita sebagai pemakai untuk mengetahui kode-kode tersebut yang penting bahan yang dipakai nyaman (kebanyakan orang seperti itu, termasuk saya).

100-cotton

pict by https://www.joviprinting.com/

Untuk pengetahuan saja, kali ini admin akan membahas mengenai kain katun. Karena kain katun merupakan jenis kain yang paling banyak digunakan untuk bahan pakaian seperti kaos atau t shirt, jaket rok gamis dan lain sebagainya.

Kain COTTON itu apa sih?

“Cotton” atau yang di baca katun berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti “kapas”. Jadi bisa kita tebak kain cotton berasal dari bahan dasar kapas. Yaitu kapas yang di proses sedemikian rupa sehingga menjadi benang dan yang akan dibuat menjadi sebuah produk kain.

kain katun seperti apa

Kain ini sangat disukai oleh masyarakat yang hidup di daerah tropis seperti Indonesia karena jika dipakai tidak terlalu hangat dan juga tidak terlalu dingin, sesuai dengan musim yang ada di negara kita.

Katun bisa diolah dengan berbagai karakter ada jenis mulai dari jenis katun yang kaku, lemes, empuk lentur atau sesuai dengan kebutuhan produk.

Pengolahan bahan katun juga todak 100% bahan katun namun bisa dicampur dengan bahan lain seperti polyester, spandex, sutera, woll dan lain sebagainya.

Contoh produk bahan katun

Berikut beberapa contoh produk berbahan dasar katun.

T shirt

Kain katun untuk produksi t shirt atau kaos memiliki karakter empuk lembut dan agak melar berikut contohnya:

contoh-bahan-katun-kaos

pict by https://www.travelfashiongirl.com/

Baju Gamis

Gamis bahan katun bisa berupa katun yang empuk atau katun yang kaku, seperti katun jepang, madinah atau katun lian. Namun yang paling umum banyak digunakan untuk membuat dress atau gamis adalah katun yang kaku:

contoh-katun-jepang

pict by @sheikahijab

Jilbab

Jilbab juga banyak yang dari bahan katun. Yang paling populer adalah bahan katun paris, katun madinah linen dan katun ima

jilbab-segi-empat-kado-ulang-tahun

pict by @annisazuhra12

Kemeja

Untuk produk kemeja, bahan katun merupakan bahan favorit karena kain katun tidak panas dan memiliki daya serap keringat dengan baik.

kemeja-bahan-katun

pict by @nadafashion.ic

Rok

Rok bahan katun juga banyak diproduksi dengan bahan katun yang agak kaku bukan katun kaos:

contoh katun madinah

pict by @rokdaffa

Celana

Kain katun juga bisa dipakai untuk produksi celana baik celana pria maupun wanita, kain katun untuk celana biasanya memiliki ketebalan yang cukup.

celana-kain-katun

pict by @bajuku_official

Pakaian olah raga

Untuk pakaian olahraga bahan katun 100% jarang digunakan, bahan katun untuk produk olahraga banyak yang di campur dengan spandek, karena baju olahraga selain harus menyerap keringat harus lentur dan lebih kuat.

bahan-katun-untuk-pakaian-olahraga

pict by https://www.aliexpress.com/

Selain produk diatas masih banyak lagi produk yang diproduksi menggunakan kain katun seperti produk kain di furniture, pakaian alam, kaos kaki dan lain sebagainya.

Cukup Jelas kan apa itu kain katun? Oke kita lanjutkan mengenai jenis katun berdasarkan nama yang populer digunakan di Indonesia.

Jenis-Jenis kain katun berdasarkan nama

Setelah bahan dasar dipropses dan menjadi sebuah produk kain, produsen menamai masing-masing produk mereka, sampai saat ini nama kain katun yang beredar di pasaran sangat banyak. berikut jenis kain katun berdasarkan namanya:

  1. Katun Combed: Adalah kain katun empuk dan bisa melar yang sering digunakan untuk produksi t-shirt atau kaos. Kain commbed ini tersedia 3 ukuran yaitu mulai 20s 30s dan 40s. Semakin kecil ukuran semakin halus kain katun combed ini:
    bahan kaos paling bagus
  2. Katun Supernova: Katun supernova merupakan salah satu katun sintetis bukan katun murni, bisa dibilang katun buatan. Bahan dasar katun supernova berasal bubur kayu atau tumbuhan.

    bahan supernova seperti apa

    pict by https://www.mizutex.com/

  3. Katun Jepang: Merupakan kain yang paling banyak dijual di pasaran dengan berbagi motif atau polos. Dinamakan katun jepang karena dulunya katun ini di import dari jepang dan memiliki kualitas standar jepang yaitu tebal dan memiliki daya serap keringat yang sangat baik.
  4. Katun Toyobo: Hampir sama seperti katun jepang namun lebih tebal. Katun ini juga jenis katun import.
    kain-toyobo
  5. Katun Madinah: Katun madinah mempunyai karakter yang unik, lebih tipis dari katun toyobo namun lebih lembut.
    katun madinah

    pict by @tsanun.fashion

    Katun Ima: Katun ima 100% terbuat dari katun, memiliki ketebalan yang cukup. Memiliki sifat halus dan padat sehingga tidak nerawang.

  6. Katun ima seperti apa

    pict by https://www.mizutex.com/

  7. Katun Linen: Linen memang bukan berasal dari katun “kapas” melainkan terbuat dari bahan rami. Meskipun bukan terbuat dari bahan kapas linen dikenal dari bahan katun.

    tekstur linen

    pict by https://dawnfarias.com

  8. Katun Paris: Katun paris paling banyak digunakan untuk bahan jilbab segi empat karena katun paris tipis dan nerawang jadi cocok untuk digunakan di bagian kepala.

    jilbab-paris-warna-moka

    pict by @shillanisrina_

  9. Katun Minyak: Seperti namanya kain ini terlihat agak mengkilap dan berminyak, biasa digunakan untuk busana khusus seperti acara pernikahan. Kelemahan katun ini adalah efek glwoing atau minyak akan berkurang setelah beberapa kali di cuci.

    katun-minyak-seperti-apa

    pict by tokopedia.com

  10. Katun China: katun China memiliki nama lain katun twill, katun ini memiliki ciri yang hampir sama dengan katun Jepang, hanya saja katun China atau katun twill lebih tipis dan agak kasar serta memiliki kualitas dibawah katun jepang.

    katun-twill

    pict by http://indonesian.printedcottoncanvas.com/

Sebenarnya asih banyak jenis katun lain yang beredar dipasaran karena dunia tekstil terus dikembangkan sampai saat ini.

Bahan dasar katun atau kapas termasuk bahan dasar yang mahal dan membutuhkan waktu lama jika di budidayakan sehingga sekarang ini banyak orang yang mengembangkan bahan dasar kain selain dari kapas, tentunya yang lebih murah, gampang di dapat serta ramah lingkungan.

Nah salah satu bahan kain selain kapas yang banyak digunakan adalah viscose rayon.

Rayon Viscose

Apa itu viscose rayon? Rayon viscose adalah serat “seperti kapas” yang nantinya dibuat menjadi sebuah benang untuk bahan dasar kain.

Berbeda dengan Cotton, viscose terbuat dari bahan dasar kayu yang diolah menjadi plup atau bubur yang diproses secara kimia sehingga menjadi serabut seperti kapas atau “viscose”.

Kayu yang sering digunakan adalah kayu akasia, sama seperti bahan dasar kertas.

Nah, Indonesia sendiri memiliki pabrik viscose terbesar di Asia yang berada di riau yaitu APR (Asia Pacific Rayon). Mulai dari pembibitan pohon sampai jadi sebuah kapas buatan “viscose” ada dalam satu area.

Baca artikel mengenai kain Viscose:

Kain Rayon VISCOSE seperti apa? Karakteristik dan contoh Gambar

Viscose katun sintetis?

Kayu yang diolah dan menjadi serat viscose hasilnya akan mirip sekali dengan kapas (katun) sehingga bisa dikatakan rayon viscose merupakan katun sintetis atau katun buatan manusia.

katun viscose

pict by https://www.brosispku.com/

Sekarang istilah katun tidak hanya dipakai untuk penyebutan bahan yang berbahan dasar kapas saja namun lebih cenderung ke bahan dasar alami. Contohnya katun viscose, katun linen dan lain sebagainya.

Apkah Linen bagian dari cotton?

Seperti yang saya katakan tadi, bahwa sekarang istilah kain katun tidak hanya untuk kain yang berbahan dasar kapas saja namun untuk penyebutan bahan dasar kain alami. Seperti  linen misalnya.

Linen sendiri bukan terbuat dari “Cotton” atau kapas buatan “Viscose”. Akan tetapi linen terbuat dari tumbuhan yang berserat (rami) sehigga tidak usah diproses menjadi bubur terlebih dahulu namun langsung diproses dengan mesin agar serat menjadi lebih halus. Jadi wajar saja meskipun dari bahan alami kain linen memiliki karakter yang lebih kaku dibanding kain bahan viscose atau katun.

Baik Cotton, viscose dan linen semua terbuat dari bahan alami yang di kelompokan menjadi kain katun.

Baca lengkap tentang kain linen di artikel ini:

Kain Linen seperti apa, karakteristik, ciri dan contohnya

Proses pembuatan kain katun

Berikut proses pembuatan kain katun mulai dari panen kapas, dipintal menjadi benang dan diproses menjadi sebuah kain:

Leave a Reply