Dinamo Servo mesin jahit, apa kelebihan dan kekurangannya

Dinamo servo

Dinamo servo memang awalnya bukan digunakan untuk industri tetapi lebih digunakan untuk sebuah produk seperti mainan. Namun, seiring berkembangnya zaman sekarang dinamo servo banyak digunakan untuk penggerak mesin industri karena hemat energi serta gampang di setting (otomatis)

Salah satu mesin industri yang sekarang memanfaatkan dinamo servo sebagai penggerak adalah mesin jahit yang dikenal dengan dinamo servo mesin jahit.

Dinamo servo pada mesin jahit sendiri ada yang permanen dana ada yang tidak permanen. Dimana mesin jahit servo permanen adalah mesin jahit yang dibuat khusus menggunakan dinamo servo sedangkan non permanen adalah dinamo yang dipasang sendiri pada mesin jahit biasa bahkan mesin jahit lama seperti barfly.

Jika ingin mengganti dinamo mesin jahit kamu dengan dinamo servo, silahkan baca serba-serbi tentang dinamo servo terlebih dahulu.

Dinamo Servo Mesin Jahit

Dinamo servo mesin jahit memiliki fungsi yang sama dengan dinamo atau motor yang terdapat pada mesin jahit pada umumnya. Yaitu untuk memutar roda imbang (balance while) sebuah mesin jahit agar jahit bisa berjalan dan digunakan.

Dinamo biasa vs dinamo servo

dinamo servo vs dinamo biasaPerbedaannya terdapat pada bentuk fisik serta cara kontrol kedua motor tersebut. Motor jahit biasa memiliki bentuk fisik yang lebih besar karena kecepatan putaran di kontrol menggunakan piringan kampas. cara kerjanya hampir sama seperti kampas rem pada sepeda motor.

Sedangkan dinamo servo memiliki fisik yang lebih kecil karena tidak menggunakan kampas akan tetapi menggunakan komponen elektronik untuk mengontrol kecepatannya.

Kekurangan Dinamo Servo

Motor servo di sebut-sebut dapat menggantikan dinamo mesin jahit biasa karena lebih hemat energi listrik, namun sebelum mengganti atau membeli dinamo servo mesin jahit pertimbangkan dulu kekurangan dinamo servo ini. Berikut kekurangan dinamo servo:

1. Dinamo Servo Mesin Jahit Tidak Bisa di Servis

Dinamo servo mesin jahit menggunakan rangkaian elektronika untuk mengontrol putaran. Artinya semua kontrol kendali berpusat pada rangkaian tersebut. Sedangkan rangkaian elektronika lebih mudah rusak dibandingkan mesin biasa.

Jika kontrol dinamo rusak bengkal atau tukang servis mesin jahit biasa tidak bisa memperbaiki karena harus mengerti sifat-sifat komponen elektronika. Kalaupun bisa memperbaiki biasanya harus mengganti satu block komponen dan pastinya lebih mahal.

Jika terjadi error pada software, untuk memperbaikinya harus di flash atau di software ulang terlebih dahulu namun sekarang ini belum banyak yang memiliki alat untuk flash mesin dinamo servo jadi kalau ada kerusakan biasanya harus di ganti 1 block rangkaian mesin.

2.Dinamo Servo Mesin Jahit lebih Mahal

Tentu, kita lihat di pasaran dinamo servo memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dinamo biasa. Harga dinamo servo yang bermerk berkualitas masih diatas 1 juta.

3. Tidak Bisa Pastikan Kualitas Rangkaiannya

Bagi kita, dinamo servo termasuk alat yang canggih, namun bagi negara lain  dinamo servo adalah teknologi biasa apalagi china. Nah negara tersebut bisa membuat barang yang sama dan harga jauh lebih murah namun memiliki kualitas yang kurang bagus.

Saat ini dipasaran banyak sekali dinamo servo mesin jahit yang dijual dibawah 1 jutaan, pasti kualitas rangkaian tidak sama dengan aslinya jadi jika kita membeli yang murah jangan harap perawatan dinamo lebih irit dibandingkan dinamo biasa.

3. Onderdil Dinamo Servo Masih Langka

Di kota kecil onderdil dinamo ini masih sangat angka, bengkel mesin jahit belum pasti memilikinya. Jika onderdil langka biasanya harganya lebih mahal.

4. Dinamo Servo Tidak Lebih Kuat dari Dinamo Biasa

Dinamo servo memiliki fisik yang kecil serta energi yang dibutuhkan juga kecil, hal ini membuat dinamo servo tidak lebih kuat dari dinamo biasa yang memiliki fisik besar serta energi yang besar pula.

5. Dinamo Servo Teknologi Baru Mesin Jahit

Dinamo servo termasuk teknologi terbaru dalam dunia industri masin jahit jadi, hanya pt atau orang orang tertentu yang menggunakannya jadi belum benar-benar terbukti dapat menggantikan dinamo mesin jahit biasa.

Berbeda dengan dinamo mesin high speed biasa yang sudah lama digunakan dalam Industri mesin Jahit.

Itulah 5 alasan yang harus kau pertimbangkan sebelum membeli atau mengganti dinamo bisa ke dinamo servo.

Tips merawat mesin jahit Dinamo Servo agar lebih awet

Kelebihan Dinamo Servo

Kelebihan dinamo servo sebenarnya sudah di paparkan oleh sales marketingnya namun saya akan memaparkan lagi kelebihan dinamo servo di halaman ini:

1. Hemat Energi

Secara logika memang benar, dinamo servo mesin jahit bisa menghemat energi listrik karena dinamo berhenti saat pedal tidak di tekan (diinjak).

Pada keterangan produk memiliki watt 550 pada saat angkatan pertama dan 150 watt pada saat berputar sedangkan pada saat pedal tidak di injak konsumsi listrik kurang lebih 2 sampai 5 watt saja. Cocok untuk pengguna listrik subsidi atau 450 watt.

2. Dapat di atur Kecepatannya

Kita dapat mengatur kecepatan yang sudah di sediakan pada controller dinamo tersebut. Selain kecepatan bisa di atur, kita juga bisa membuat dinamo berputar lawan arah serta membuat dinamo berputar secara otomatis tanpa pedal di injak. Cocok untuk pemula yang membutuhkan putaran lambat.

3. Tidak Usah Ganti Kampas

Motor servo kecepatannya di atur menggunakan rangkaian elektronika bukan menggunakan kampas. Jadi kita tidak usah sering membongkar motor untuk mengganti kampas dinamo yang aus.

4. Menggunakan Magnet Permanen

Motor servo menggunakan magnet permanen (tidak menggunakan coil) yang di claim memiliki konsumsi energi yang sedikit namun memiliki  putaran yang lebih kuat lebih kuat serta suhu tetap dingin dan tidak berisik walaupun terus menerus digunakan.

5. Ringan

Motor servo memiliki berat kurang dari 1 Kg, jika dengan box dan saklarnya beratnya kurang dari 2 kg. Keuntungannya, meja jahit lebih awet dan tidak cepat melengkung karena kelebihan beban.

Dinamo servo juga bisa dipasang di berbagai mesin konveksi, seperti mesin obras, mesin kolor, mesin wolsum/neci dan lain sebagainya. Pemasangan dinamo servo juga sangat mudah sama seperti dinamo mesin jahit biasa.

Kesimpulan

Setelah kita lihat kekurangan dan kelebihan dinamo servo kita bisa mempertimbangkan apakah kita menggunakan dinamo servo atau dinamo biasa.

Mesin jahit servo

Image by @darus_machinery

Saat ini memang sudah banyak penjahit yang beralih pada mesin jahit servo karena alasan hemat energi. banyak yang mengganti dinamonya saja ada juga yang membeli mesin jahit servo permanen. Yaitu jahit yang dinamo dan kontrolnya langsung terpasang pada mesin jahit.

Beberpa merk mesin jahit dan dinamo servo yang beredar dipasaran saat ini adalah:

  • Bretheren
  • MIQI
  • Jack
  • Yuasa
  • Typical
  • Kaesar
  • Keyman
  • Dan lain sebagainya

Feature image @darus_machinery

Leave a Reply