cara-mengatasi-mesin-jahit-macet

Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri)

Kebanyakan penjahit tidak bisa mengatasi masalah kecil yang terjadi pada mesin jahit, apalagi penjahit wanita. Mereka lebih memilih meminta bantuan orang lain atau memanggil tukang jahit panggilan untuk membenahi mesin jahit jika ada masalah. Padahal masalah pada mesin jahit yang ditimbulkan tidak seberapa, seperti jahitan loncat, jahitan kendor atau putaran jahit macet.

Nah kali ini admin akan memberikan tips cara mengatasi mesin jahit industrial yang macet tanpa perlu memanggil tukang jahit. Kamu bisa mengatasinya sendiri atau minta bantuan orang sekitar dengan melihat panduan ini.

Sebelum mengatasi mesin jahit macet, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya

Penyebab Putaran mesin jahit macet

Ada beberapa penyebab mesin jahit tidak bisa berputar, seperti baut rumah sekoci (hook) kendor sehingga rumah sekoci bergeser dan timing menjadi rusak atau terkena jarum sehingga mesin tidak bisa berputar.

Ada juga yang macet karena ada gigi atau tuas yang berada pada mesin jahit patah sehingga menyebabkan ganjalan dan mesin jahit tidak bisa berputar.

Namun yang paling sering membuat mesin jahit macet adalah karena rumah sekoci (hook rotary) terlilit benang jahit sehingga putaran menjadi terhambat atau macet. Kenapa Hook rotary bisa terlilit benang? bisanya karena kesalahan dari penjahit seperti penempatan benang tidak pas atau karena ara tersebut tidak pernah dibersihkan dan menjadi sangat kotor.

Cara mudah mengatasi jahit Macet

Kali ini admin akan memberikan cara mengatasi jahit macet karena rumah sekoci terlilit benang. Karena ini termasuk kerusakan ringan, jika karena gear atau tuas yang patah silahkan bawa atau hubungi teknisi jahit saja.

Oke pertama yang perlu disiapkan adalah obeng min (-) untuk membuka buat dan pinset serta gunting kecil untuk membersihkan kotoran dan benang yang mengganggu putaran.

jahit macet - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri) - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri)

1. Buka penutup Gigi dan Gigi

Pertama buka punutup gigi yang berada tepat di bawah jarum. Gunanya untuk mempermudah membersihkan rumah sekoci (hook rotary).

Setelah itu buka gigi jahit dengan membuka baut terlebih dahulu:

jahit macet - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri) - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri)

1. Buka badan jahit

Ambil sekoci dan bobin kemudian buka badan jahit dengan jara dibuka kebagian depan sehingga terlihat area bawah jahit. Lalu lihat apakah ada benang yang melilit area hook.

jahit macet - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri) - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri)

2. Buka tuas pengunci

Jika ada kotoran, area rumah sekoci susah dibersihkan karena tempatnya yang sempit dan tidak bisa bergerak. Sehingga kita perlu membuka tuas pengunci rumah sekoci mesin jahit agar rumah sekoci bisa berputar.

Setelah tuas pengunci terbuaka, kita bisa memutar jahit sekalian rumah sekoci. Sekarang kita bisa cari benang yang melilit atau kotoran yang mengganggu.

Baut tuas pengunci ditunjukkan di nomer 1

3. Bersihkan area sekoci termasuk hook rotary

Bersihkan area sekoci sampai benar benar bersih menggunakan pinset, atau kuas jika diperlukan. Agar kotoran yang menempel pada rumah sekoci tidak mengganggu kinerja putaran mesin jahit.

Pastikan antara hook rotary bisa berputar terpisah (tidak terlilit benang). Setelah bisa berputar silahkan pasang kembali tuas pengunci dan coba putar mesin jahit dengan tangan. Jika bisa berputar berarti kamu sudah berhasil.

Pada gambar nomer 3 dan 4 bisa berputar sendiri sendiri

Ini loh yang namanya hook rotary atau rumah skoci, jika tidak pernah dibersihkan akan ada sisa-sisa benang yang membuat putarannya macet.

jahit macet - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri) - Cara mudah mengatasi jahit Macet (bisa dilakukan sendiri)
pict by alibaba.com

 

Agar tidak terjadi hal yang serupa selalu bersihkan mesin jahit setelah digunakan.

Nah itulah cara mudah mengatasi mesin jahit yang macet karena rumah sekoci terlilit benang. Jika kurang jelas silahkan menanyakan ke amin pada kolom komentar di blog ini. Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three − 1 =