Tips merawat mesin jahit Dinamo Servo agar lebih awet

dinamo-servo

Mesin jahit yang menggunakan dinamo servo memang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh mesin jahit biasa. Salah satu kelebihan yang menonjol adalah konsumsi listrik yang sangat sedikit dan pengaturan speed yang mudah mulai dari speed yang paling lambat sampai yang tercepet.

Namun dinamo servo mesin jahit bekerja karena terdiri dari 2 komponen penting yaitu motherboard dan motor penggerak, sehingga mesin jahit ini memperlakukan perawatan khusus.

box dinamo servo

Jika mesin jahit biasa sering bermasalah pada kanvas, dinamo servo sering memiliki masalah pada motherhood. pada display monitor bisanya terdapat tulisan error, masalah error bisa karena program rusak atau salah satu komponen pada motherboard yang rusak.

Jika program yang rusak, sampai saat ini belum banyak tersebar driver untuk flash program jadi jika terjadi error masih sedikit yang bisa membetulkan nya, bahkan tukang servis jahit biasa belum bisa menangani hal ini.

7 Tips Merawat Dinamo Servo

Agar mesin jahit servo awet dan tidak cepat error maka kamu perlu melakukan tips di bawah ini:

1. Gunakan Stavolt

Sebenarnya dinamo servo sendiri sudah dilengkapi alat untuk menghindari lonjakan arus listrik akan tetapi lebih efektif jika menggunakan alat tambahan yaitu stavlot.

stavolt-dinamo-servo

pict by blibli.com

Perlu tambahan biaya memang namun kita bisa menggunakan stavolt yang memiliki watt besar agar bisa dipakai banyak mesin jahit.

Penggunaan stavolt juga di rekomendasi kan untuk listrik 450 watt. Karena daya dinamo servo yang dibutuhkan saat pertama kali dihidupkan sangat besar jadi listrik biasanya tidak kuat. Dengan adanya dinamo servo ini listrik tetap kuat walaupun saat pertama kali dihidupkan.

2. Jangan matikan mesin saat tidak digunakan

Tidak seperti mesin dinamo biasa, mengunakan jahit servo kamu tidak usah mematikan mesin jika sebentar tidak digunakan. Karena hal ini akan membuat arus yang masuk tidak stabil dan listrik menjadi boros karena lonjakan arus pertama kali.

Jika mesin tidak digunakan atau dinamo tidak berputar arus listrik yang masuk sangat sedikit bahkan kurang dari 5 watt jadi tidak usah kwartir listrik boros.

3. Bersihkan kipas dinamo servo

Mesin jahit dengan dinamo servo tambahan, motor pasti dilengkapi dengan kipas di area bokong. Kipas ini berfungsi untuk menjaga suhu dinamo agar tetap dingin. Jika lubang terdapat kotoran atau area kipas yang terganggu maka kinerja dinamo servo juga akan terganggu. Jadi pastikan agar lubang kipas tidak tertutup.

Jika menggunakan dinamo servo tambahan kamu perlu mengecek dan memastikan dinamo tidak terganggu kinerjanya dari benang. Karena potongan benang yang menempel pada area putaran akan memperberat putaran motor dan hal ini akan mempercepat umur dinamo dan box motherboard.

4. Selalu bersihkan body mesin dari oli dan kotoran

Mesin jahit servo sangat rentan dari benda cair karena terdapat komponen elektronika, jadi usahakan bersihkan mesin jahit baik area body maupun area dinamo dari kotoran dan benda cair agar tidak masuk ke motherboard mesin jahit.

5. Penataan kabel yang bagus

Konektor kabel mesin jahit servo biasanya menggunakan konektor yang mudah dilepas seperti kabel komputer yang mudah sekali lepas. Jadi usahakan area konektor tidak terganggu atau bengkok agar arus listrik juga tidak terganggu.

6. Selalu bersihkan area sekoci dan arus benang

Tips yang terakhir berlau untuk semua mesin jahit yaitu membersihkan area sekoci serta bersihkan kotoran di area jalur benang agar masin jahit nyaman digunakan.

Itulah tips agar dinamo servo dapat berumur panjang dan tidak cepat rusak. Jika memiliki pengalaman tentang dinamo servo atau mengatasi dinamo servo yang rusak silahkan share pengalaman kamu di kolom komentar.

Leave a Reply