Kain MONALISA Seperti apa? Penjelasan singkat dan contoh gambar

Kain monalisa, masih banyak orang yang yang belum mengetahui seperti apa bahan monalisa ini sehingga banyak yang mencari tahu tentang bahan ini mulai dari penjelasan, karakteristik, contoh kain, kelebihan serta kekurangan kain ini.

Pada artikel kali ini admin akan memberikan penjelasan singkat dan detail tentang bahan monalisa, contoh gambar dan produk dari kain ini.

Dunia fashion memang sangat menarik karena perkembangannya sangat cepat mulai dari model serta bahannya. Jika kita mengikuti trend fashion kita akan akan melihat setiap hari ada saja model terbaru. Bisa kita cek di Instagram di akun-akun artis endorse.

Advertisements

Seperti kain monalisa, mungkin untuk beberapa orang sudah familiar dengan bahan ini namun banyak yang belum begitu mengenal kain yang memiliki nama cantik ini.

Seperti apa kain Monalisa?

Kain monalisa adalah kian yang terbuat dari serat sintetis (PE) berkualitas tinggi, memiliki serat kain sangat rapat sehingga permukaan kain sangat lembut dan kain tidak nerawang.

Ada yang bilang jika kain ini berasal dari serat sintetis yang dicampur katun dan sutera, namun kain Monalisa adalah kain yang sama seperti wolfis yaitu 100% berbahan PE atau serat sintetis namun memiliki kualitas yang sangat bagus tentunya diatas kain wolfis.

Advertisements
kain monalisa - kain monalisa seperti apa -

Kain wolfis terkenal karena kain yang polos akan tetapi kain monalisa terkenal dengan kian yang bermotif, namun sebenarnya kain ini juga ada yang polos seperti kain pada umumnya.

Jadi kain monalisa sama seperti kain wolfis namun memiliki memiliki kualitas yang lebih bagus, lebih rapat dan lebih halus dari pasa bahan wolfis. Saya samakan kain monalisa seperti kain wolfis saja karena kain wolfis sudah banyak dijual di pasaran dan saya yakin sudah banyak juga yang mengenal kain ini.

Penting

Sekarang kain monalisa motif sama seperti kain wolfis biasa namun motif jadi sekarang kain monalisa adalah kain wolfis yang bermotif.

Karakteristik Bahan Monalisa

Sama seperti bahan wolfis, kain ini banyak digunakan untuk bahan pakaian wanita seperti baju gamis, raok dan jilbab. Lebih cocok untuk busana wanita karena kain ini memiliki karakteristik yang sangat lentur dan lembut menyerupai kain sutera.

  • Secara umum berikut ciri dan karakteristik bahan monalisa:
  • Kuat karena terbuat dari bahan sinteteis namun tidak tahan terhadap panas
  • Tidak berserabut seperti kain katun
  • Terlihat licin seperti bahan wolfis
  • Lebih tebal dari bahan wolfis
  • Lebih sejuk dari pada bahan wolfis
  • Serat benang lebih rapat
  • Kain lembut, jatuh dan lentur
  • Kin tidak terlalu berat
  • Memiliki tone warna yang keras (cerah)
  • Tidak melar
  • Tidak mudah kusut
  • Mudah di jahit

Di atas adalah gambaran umum kain monalisa premium yang biasa di jadikan bahan produksi oleh eldya store. Jadi tidak semua kain monalisa memiliki karakteristik di atas tadi. Karena sama seperti bahan lain, kain ini juga banyak yang di jual dengan tingkatan kualitas yang berbeda dan dijual dengan harga yang bervariatif pula, mulai dari harga 35.000 sampai 40.000.

Saran saya, selalu beli kain maupun pakaian jadi di toko yang terpercaya seperti eldya hijab store.

Advertisements

Kain Monalisa cocok untuk bahan Jilbab dan Gamis Syari

Lebar kain monalisa sendiri adalah 150 cm atau ada yang memberi istilah “congok dobel” sehingga bahan ini sangat cocok untuk bahan pakaian, ditambah memiliki karakteristik seperti di atas tadi yaitu, cukup tebal, jatuh, lembut dan lentur sehingga sangat cocok untuk bahan gamis dan jilbab syari.

Selain karakteristik yang cocok juga kain monalisa banyak di produksi dengan berbagai motif, seperti motif bunga, motif batik, kotak, army, daun, abstark dan motif cantik lain yang cocok untuk gamis syari.

kain monalisa - gamis-bahan-monalisa -
pict by @sheikahijab
kain monalisa - gamis monalisa syari motif -
pic by lazada.co.id

Bahan ini juga termasuk bahan yang lumayan tebal sehingga jika dijadikan bahan gamis syari tidak membutuhkan kain furing.

Maka tak heran jika kita banyak menemukan gamis syari motif berbahan kain monalisa di pasaran karena memang bahan ini bagus yaitu memiliki motif yang cantik dan termasuk murah serta nyaman dikenakan.

Selain gamis, jilbab monalisa juga banyak digunakan untuk bahan jilbab instan namun biasanya satu set dengan gamis.

Pakaian bahan kain Monalisa

Selain set gamis dan jilbab syari bahan monalisa juga banyak digunakan untuk pakaian lain seperti, mukna, atasan, rok, celana dan lains sebagainya.

Berikut contoh produk dari bahan kain monalisa:

kain monalisa - jilbab bahan monalisa -
Jilbab segi empat bahan monalisa source @rumah.alesha
kain monalisa - gamis monalisa motif -
pict by @sheikahijab
kain monalisa - kemeja-bahan-monalisa -
pict by @kemejamonalisa
kain monalisa - kemja-bahan-monalisa -
pict by @kemejamonalisa
kain monalisa - celana-kulot-monalisa -
pict by rocella.co.id
kain monalisa - tunik-bahan-monalisa -
pict by @byullat

Kelebihan kain monalisa

Semu keunggulan kain monalisa sudah admin jelaskan di atas tadi, akan tetapi admin akan merangkum kembali kelebihan dari bahan monalisa ini sebagai berikut:

  • Memiliki lebar 150 cm
  • Memiliki banyak motif
  • Memiliki ketebalan yang cukup
  • Menyerupai kain sutera yaitu halus, lentur dan jatuh
  • Serat kain sangat rapat
  • Tidak licin
  • Daya serap keringat cukup baik
  • Mudah dijahit
  • Sejuk dan nyaman diapakai

Mari kita bahan point penting kelebihan bahan monalisa

1. Memiliki banyak motif dan corak

Salah satu kelebihan bahan monalisa adalah banyaknya motif yang diproduksi sehingga kain tidak membosankan. Contoh motif kain monalisa yang sering dijual diapsaran yaitu:

Kain Monalisa motif bunga

Motif ini paling banyak dijual dipasaran karena merupakan motif yang identik dengan wanita. Uniknya motif bunga pada kain ini tidak hanya satu gambar saja namun banyak sekali modal bunganya seperti buga mawar, matahari, buga kecil dan bunga besar.

2. Sejuk dan nyaman dipakai

Meskipun kain ini terbuat dari bahan serat sintetis, kain ini cukup sejuk da nyaman dipakai. Kain ini juga memiliki daya serap keringat yang cukup bagus.

Kain ini juga memiliki ketebalan yang pas sehingga tidak membutuhkan kain furing untuk membuat gamis syari.

3. Kain monalisa mudah dijahit

Kain ini termasuk kain yang mudah diproduksi tidak seperti bahan spandeks atau bahan ceruti yang harus menggunakan teknik atau cara menjahit khusus. Jadi bisa digunakan untuk latihan para penjahit pemula.

Kekurangan kain monalisa

Meskipun banyak sekali kelebihan namun ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan sebelum mebeli kain atau produk jadi dari kain ini:

  • Tidak tahan tehadap panas
  • Kurang bagus untuk kemeja pria
  • Kain motif membosankan
  • Mengikuti lekuk tubuh

1. Tidak tahan panas

Tidak tahan terhadap panas maksudnya kain ini tidak tahan terhadap benda yang terlalu panas seperti terkena bara, setrika, knalpot atau rokok.

Memang hal ini terjadi pada kain yang berbahan sintetis karena memiliki sifat seperti plastik jika terkena panas langsung bolong hitam. Jadi sebisa mungkin jauhkan dari benda-benda panas dan saat menyetrika jangan gunakan suhu terlalu tinggi.

2. Kain motif membosankan

Loh bukannya bagus ya ada motifnya? benar salah satu tujuan motif pada kain adalah untuk membuat kain terlihat menarik namun bajau bermotif tidak seperti baju polos yang bisa dipakai sepanjang masa.

Kain motif lebih mengikuti trend sehingga jika sudah tidak zamannya atau tidak trend lagi maka motif tersebut terlihat aneh, kurang bagus, ketinggalan zaman dan lain sebagainya.

3. Kurang bagus untuk pakaian pria

Bagus untuk busana gamis syari namun kurang bagus untuk pakaian pria karena kain ini memiliki karakter yang lembek, jatuh dan mengikuti lekuk tubuh. Jadi jika digunakan untuk kemeja pria terlihat kurang maskulin, kemeja pria lebih bagus menggunakan bahan yang sedikit kaku seperti bahan katun.

Itulah sedikit penjelasan mengenai bahan monalisa, semoga artikel ini bisa menjadi referensi sebelum membeli sebuah produk atau kain monalisa. Terimakasih.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *