Kain Blacu

Kain blacu merupakan bahan mentah atau greige yang belum melewati proses finishing. Oleh sebab itu, kain ini dulunya tidak mempunyai memiliki warna dan hanya tersedia dalam satu varian warna alami. Warna tersebut ialah putih gading atau kecoklatan yang menjadi ciri khas dari produk berbahan blacu.

Akan tetapi untuk memenuhi permintaan pasar, produsen kain balcu ini menambahkan bebera warna. Namun warna dari kain tersebut tidak terlalu banyak dan tidak secerah kain kusus industri tekstil.

Advertisements
Bahan Blacu -  -

Pada awalnya, blacu hanya dijadikan sebagai karung pembungkus beras dan gula, namun kemudian mengalami modifikasi yang signifikan seiring berjalannya waktu. Saat ini, blacu banyak digunakan untuk membuat produk souvenir, aksesoris, dan aneka kerajinan tangan unik lainnya.

Kain Blacu Seperti Apa?

Saat ini produk dari bahan blacu memang sudah semakin mendapatkan tempat di pasaran. Dengan harga yang terbilang murah, namun kualitas cukup oke yang menjadi nilai plusnya, penggemar produk blacu juga semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman.

Umumnya, bahan blacu digunakan untuk membuat berbagai souvenir, tas, pakaian, dan aksesoris lain yang banyak diminati masyarakat. Untuk membedakannya dengan produk dari bahan lain sebenarnya cukup mudah, terutama karena blacu memiliki tekstur sedikit kasar dan warna monoton.

Bahan Blacu -  -

Meskipun begitu, saat ini sudah semakin banyak varian atau jenis blacu yang dijual secara luas, dengan warna-warni yang lebih hidup pula. Jadi, penggemar produk dari blacu memiliki lebih banyak pilihan dan bisa menyesuaikan dengan yang diinginkan.

Karakteristik Bahan Blacu

Meskipun secara umum karakteristik kain bahan blacu ini terbilang sangat mencolok, tapi faktanya tidak sedikit orang yang masih kesulitan dalam mengenali perbedaannya. Untuk memudahkan membedakan blacu dengan bahan lain, maka bisa mengikuti petunjuk karakteristik blacu di bawah ini:

Baca Juga  KAIN CERUTI seperti apa? inilah penjelasan dan contoh gambar
Advertisements
  • Mengusung warna alami (putih gading)
  • Blacu memiliki sifat go green dan ramah lingkungan, sehingga bisa dipakai berulang kali
  • Bahan blacu lebih fleksibel
  • Aman dan nyaman saat digunakan karena dibuat dari pintalan kapas asli
  • Terdapat serat menyembul yang terasa agak kasar
  • Produk blacu terasa lebih ringan

Kelebihan dan Kekurangan Kain Blacu

Bahan blacu memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan. Apabila Anda merupakan pengguna produk berbahan blacu, atau berencana membangun usaha dengan mengolah blacu menjadi berbagai kerajinan tangan. Sebaiknya ketahui apa saja nilai plus dan minus dari bahan ini.

Kelebihan bahan blacu:

  • Ramah Lingkungan

Blacu terbuat dari bahan dasar kapas yang mudah terurai. Jadi, apabila sudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi Anda bisa langsung membuangnya karena kain ini ramah lingkungan.

  • Nyaman Dipakai

Terbuat dari tenunan kapas alami tanpa campuran bahan kimia, blacu memang terasa lebih adem dan lembut saat bersentuhan dengan kulit. Jadi, Anda akan betah saat memakainya.

  • Aman

Bagi yang memiliki alergi terhadap senyawa kimia tertentu, maka produk dari blacu bisa menjadi alternatif solusi terbaik. Pasalnya, tidak akan memicu timbulnya alergi maupun iritasi.

  • Fleksibel

Bahan blacu mempunyai sifat fleksibel sehingga mudah dikreasikan menjadi berbagai macam bentuk produk kerajinan sesuai keinginan si pembuat. Tidak mengherankan kalau blacu menjadi pilihan berbagai produsen produk kreatif, seperti souvenir dan sebagainya.

  • Harga Terjangkau

Dibanderol dengan harga terjangkau, tentunya menjadi nilai plus untuk produsen dan konsumen. Di satu sisi, produsen bisa menekan anggaran produksi dan di sisi lain konsumen dapat membeli produk unik serta kekinian dengan harga yang murah.

Advertisements

Kekurangan bahan blacu:

  • Pilihan Warna Sangat Terbatas

Kain blacu umumnya tidak menggunakan tambahan zat pewarna pakaian yang membuat pilihan warnanya sangat terbatas. Hal ini merupakan suatu tantangan untuk produsen karena harus pandai memilih desain kreatif, supaya produk tidak terlihat membosankan.

  • Bahan Sedikit Kasar
Baca Juga  Bahan WOLFIS seperti apa?

Sesuai dengan harganya, Anda juga tidak bisa berharap muluk-muluk akan kualitas produk blacu. Kain ini memiliki permukaan yang sedikit kasar dan serat menyembul.

Harga Kain Bahan Blacu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa bahan blacu dibanderol cukup murah apabila dibandingkan kain dari bahan lainnya. Di bawah ini adalah kisaran harga bahan blacu terbaru:

Diameter Harga
Hitungan per meter Rp. 10.500 – Rp. 15.000 /meter
Hitungan per roll (p 40 m x l 160 cm) Rp. 610.000 /roll
Bahan blacu warna-warni Rp. 23.000 /meter

Jenis-Jenis Kain Blacu

Sebagaimana kain jenis lain yang umumnya dipakai membuat produk pakaian, bahan blacu juga memiliki beberapa jenis varian yang dibedakan berdasarkan pada material yang digunakan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Blacu Kanvas

Jenis ini bisa dibilang sebagai produk mentahan bahan kanvas dan biasanya dibagi atas beberapa tingkat ketebalan. Dengan nilai, semakin kecil oz-nya maka tekstur kainnya semakin lemas dan begitu begitu pula sebaliknya. Contohnya ada di bawah ini:

  • Blacu Kanvas 10 oz

Kain dengan ketebalan 10 oz ini sangat cocok digunakan membuat berbagai produk seperti tas serta material dasar untuk kain kanvas.

  • Blacu Kanvas 14 oz

Varian ini lebih tebal dibandingkan sebelumnya dan perfect dijadikan sebagai produk kerajinan tangan berkualitas premium.

2. Blacu Twill

Terbuat dari kombinasi 50% bahan blacu dan 50% bahan twill. Jenis ini memiliki karakteristik serat kain yang miring dan cukup tebal, sehingga cocok menjadi bahan baku barang-barang kerajinan tangan, seperti sepatu maupun tas.

3. Blacu Katun Paris

Jenis ini juga merupakan bahan dasar mentah dari kain katun paris sebelum diolah. Blacu katun paris mempunyai bagian permukaan cenderung kasar, selain itu juga tipis. Jadi, cocoknya dibuat sebagai aksesoris, khususnya yang mengusung konsep vintage.

4. Blacu PE

Bahan blacu non finished ini terbuat dari serat poliester dan biasanya ditemukan pada warna putih, maupun warna natural lainnya. Blacu PE merupakan bahan dasar dari produk kerajinan, biasanya dipakai menjadi media printing pada sistem digital sublimasi.

  • Blacu PE Putih
Baca Juga  Kain Spunbond: Contoh penggunaanya dalam industri dan harga bahan Spunbond

Digunakan membuat tas simple dengan aplikasi print motif atau sublim.

  • Blacu PE Warna Natural

Dipakai untuk membuat tas, pernak-pernik, dan souvenir karena memiliki harga ekonomis. Umumnya varian ini dijual dalam berbagai ukuran berbeda.

5. Blacu Katun Tebal

Jenis ini biasa disebut dengan nama blacu baby kanvas yang terbuat dari bahan katun. Dibandingkan katun paris, jenis katun ini lebih tebal sehingga cocok sekali apabila dipakai membuat produk, seperti, tas blacu, goodie bag, dan sejenisnya.

Contoh Penggunaan Bahan Blacu

Meskipun pada awalnya kain blacu hanya dimanfaatkan sebagai wadah tepung terigu dan gula. Namun seiring perkembangan zaman, blacu telah hadir dalam bentuk produk kekinian yang fashionable dan disukai anak muda. Berikut adalah beberapa contoh produk blacu terlaris:

Tas Blacu

Produk tas blacu terkenal kuat namun ringan saat dibawa ke mana-mana. Modelnya juga sangat beragam, mulai dari tote bag, drawstring bag, dan goodie bag dengan beragam bentuk berbeda dan pastinya akan membuat pengguna tampak lebih bergaya.

Bahan Blacu -  -

Taplak meja

Selain memiliki fungsi dekoratif, taplak meja blacu juga bisa melindungi table dari goresan benda-benda yang diletakkan di atasnya.

Bantal peluk

Kain blacu merupakan salah satu bahan favorit untuk bahan bantal peluk. Alasannya selain kain murah, kain tidak licin dan sejuk sehingga lebih nyaman jika dipegang,

Bahan Blacu -  -

Gorden jendela

Produk gorden jendela bukan hanya berfungsi menjadi cover saja, namun juga memberikan kesan vintage pada ruangan, terutama karena warna bahan blacu yang khas.

Selain ramah lingkungan karena dipintal dari bahan kapas, kain blacu juga dapat dimanfaatkan sebagai produk untuk digunakan sehari-hari. Apalagi saat ini sudah hadir beragam model dan desain produk blacu kekinian, dan bisa menjadi solusi fashion harian yang go green.

Gamis atau pakaian

Seiring berkembangnya zaman, kain blacu juga digunakan untuk bahan pakaian seperti gamis atau pakaian.

Pakaian yang berbahan kain balcu ini memang tidak sama dengan bahan peralatan rumah tangga seperti tas atau gorden.

Untuk gamis atau pakaian, produsen menggunakan kain blacu yang paling bagus (berkualitas). Selain itu, produsen juga menambahkan kombinasi kain lain seperti katun atau rayon motif agar terlihat lebih hidup.

Bahan Blacu -  -

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *