kain supernova seperti apa

Mengenal bahan SUPERNOVA dan contoh produknya

Bahan supernova adalah salah satu jenis kain dari keluarga katun namun mirip sekali dengan kain denim. Kain ini sangat mudah dikenali karena memiliki karakteristik yang khas yaitu memiliki warna yang agak kusam dan lembut. Berikut detail bahannya:

supernova, katun - bahan supernova seperti apa -
pict by https://www.mizutex.com/

Jika dilihat dengan detail, permukaan bahan ini terdapat serabut-serabut kecil dari serat kain atau dalam bahasa jawa namanya “njerabut”.

supernova, katun - katun-jepang-vs-supernova -

Dari berbagai sumber mengatakan bahwa kain ini terbuat dari serat katun sintetis atau serat katun buatan (rayon). Bukan dari serat buatan dari polyester namun dari bahan alami seperti dari serat tumbuhan yang diolah menjadi sebuah serat kapas.

Bukan dari kapas murni sehingga kain ini merupakan jenis kain katun yang memiliki harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan katun lain seperti jepang, katun ima, katun toyobo dan katun madinah. Selisih harga bisa mencapai 5 sampai 20%.

Meskipun tidak terbuat dari katun murni “kapas” kain ini sangat nyaman jika digunakan untuk busana seperti baju, gamis, rok atau jilbab. Karena kain ini memiliki karakteristik yang sangat lembut, halus, adem dan juga ringan.

Tidak sedikit orang yang memakai bahan ini sebagai bahan pakaian, banyak juga yang menggunakan bahan ini sebagai bahan jilbab non instan karena tidak licin dan bisa digunakan untuk menutupi pipi tembem yaitu jilbab pashmina supernova dan jilbab segi empat supernova.

Memang setiap orang memiliki standar ukuran bagus namun menurut kami, kain ini sudah cukup bagus untuk bahan gamis atau jilbab karena dari beberapa produk eldya store yang berbahan supernova (premium) sangat laris, produk bisa di cek di halaman eldya hijab product.

Jenis katun supernova

Di pasaran kain supernova dijual dengan dua varian yaitu model yang tebal dan yang tipis.

Spernova tebal sering dinamakan denim supernova dan banyak digunakan untuk bahan pashmina atau segi empat, baju, celana dan rok.

Sedangkan supernova yang tipis biasanya dibuat untuk pakaian wanita seperti gamis ataupun juga rok.

Kain superova yang tipis tetap tidak nerawang, tetap bisa digunakan sebagai bahan gamis tanpa menggunakan furing atau pelapis tambahan.

Karakteristik bahan supernova

Tanpa membandingkan kain ini dengan kain katun lain kita sebenarnya sudah bisa mengenalnya secara langsung. berikut ini ciri dan karakteristik bahan supernova secara umum:

Baca Juga  Bahan katun Ima seperti apa, karakteristik, ciri dan contohnya
  • Kain lembut dan empuk
  • Terlihat kusam
  • Terdapat serabut di permukaan kain
  • Tidak flowing (tiak jatuh ke bawah)

Bahan supernova saat ini juga sangat populer digunakan untuk bahan pakaian seperti outer, rok, tunik, gamis, baju pria dan jilbab non instan. Karena kain ini meskipun murah kualitas dan tampilan tak kalah dengan kain mahal walaupun sebenarnya kain ini memiliki beberapa kekurangan.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan kain Supernova versi eldya store.

Kelebihan katun Supernova

Kita bahas kelebihan bahan supernova ini terlebih dahulu. Seperti yang saya sampaikan di atas tadi bahwa bahan supernova memiliki beberapa kelebihan yang banyak disukai orang yaitu:

  • Murah
  • Cocok untuk busana dan jilbab yang dipakai sehari-hari
  • Warna tidak mencolok
  • Adem ketika dipakai

1. Murah

Supernova termasuk kain yang memiliki harga jual yang terjangkau, jika di toko kain harganya dibawah katun jepang dan katun ima.

Walaupun termasuk kain katun murah namun jika sudah menjadi sebuah produk kain ini terlihat seperti kain mahal karena tampilannya yang rapi dan kalem. Apalagi jika pakaian di buat oleh desainer yang kreatif serasa memakai pakaian high calss.

2. Cocok untuk kegiatan apapun

Kain ini memiliki tampilan dan karakteristik yang casual, jadi sangat cocok dan nyaman untuk digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Kain ini juga sebagai bahan favorit jilbab pashmina dan segi empat karena tidak licin dan tidak terlalu lembek jadi bisa menutupi pipi yang tembem.

3. Warna tidak mencolok

Salah satu keunikan bahan ini adalah memiliki warna yang terbatas, dan tidak mencolok. Warna memiliki tone yang soft jadi bisa dikenakan pada semua warna kulit. Cocok sekali untuk kulit orang Indonesia yang cenderung coklat.

supernova, katun - katun-supernova -

4. Adem ketika dikenakan

Seperti karakteristik kain katun pada umumnya, supernova sangat nyaman yaitu kain terasa dingin atau adem ketika dikenakan baik untuk pakaian maupun jilbab.

Baca Juga  Bahan WOLLYCREPE seperti apa? inilah ciri, keunggulan dan contohnya

Kekurangan katun supernova

Terlepas dari beberapa kelebihan diatas, kain ini memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu perhatikan sebelum membeli bahan ini.

Berikut ini beberapa kekurangan bahan supernova yang harus kamu pertimbangkan:

  • Warna terlihat kusam
  • Tidak banyak pilihan warna
  • Kurang ngeflow
  • Banyak tiruannya
  • Tidak cepat kering
  • Gampang kusut
  • Serat gampang rusak apalagi jika disikat
  • Kain tidak sekuat kain katun.

1. Warna terlihat kusam

Meskipun menjadi daya terik tersendiri namun nyatanya ada beberapa orang yang tidak suka dengan tampilan bahan ini, pasalnya warna kusam terlihat seperti kain murahan atau kain lawas.

2. Tidak banyak pilihan warna

Kain ini tidak memiliki banyak pilihan warna seperti kain katun pada umumnya, jadi jika kamu ingin membuat busana dengan warna tertentu pasti akan kesulitan.

3. Kurang ngeflow (tidak jatuh)

Kain ini tidak seperti bahan wolfis atau bahan diamond, kain ini lebih berkarakter seperti katun pada umumnya yaitu agak kaku dan bahan tidak jatuh.

Namun saya sendiri tidak menganggap ini sebagai kekurangan karena memang karakter bahan katun seperti itu.

3. Banyak tiruannya

Kain ini termasuk kain yang sangat populer dan dibuat degan bahan dasar yang murah jadi banyak yang memproduksi tiruannya sehingga biasanya dijual dengan harga sangat murah.

Supernova tiruan terlihat sama seperti asli namun jika dipakai tidak senyaman yang original. Yang di maksud tiruan adalah kain supernova yang dibuat dengan kualitas lebih rendah dari standarnya.

4. Tidak cepat kering

Kain ini termasuk kain katun yang terbuat dari serat tumbuhan atau serat sintetis alami jadi memang kain tidak bisa cepat kering seperti bahan polyester sehingga gampang sekali terkena bakteri. Setelah dicuci kain gampang bau jika tidak terkena sinar mata hari atau tidak benar-benar kering.

Maka dari itu jika menjemur bahan ini pastikan agar benar-benar kering dan terkena sinar mata hari agar tidak bau.

5. Gampang kusut

Bahan supernova jika dirawat dengan baik akan terlihat sangat rapi, namun bahan supernova gampang sekali kusut setelah dicuci jadi jika ingin terlihat rapi harus dirawat dengan baik dan harus disetrika terlebih dahulu.

Baca Juga  Bahan WAFFLE seperti apa? Contoh gambar dan karakteristik kain waffle

6. Serat gampang rusak apalagi jika disikat

Memiliki serat kain yang berserabut “njrabut” membuat kain ini gampang sekali rusak. Apalagi jika disikat, jadi hindari menyikat saat mencuci bahan ini. Cukup direndam sebentar dan dikucek, hindari penyikatan secara berlebihan agar permukaan tidak bertambah “njarabut”.

7. Kain tidak sekuat kain katun

Kain ini memiliki serat yang tidak begitu kuat, seperti kain katun toyobo atau ima. Jika terkena atau tercantol sesuatu seperti paku biasanya kain lebih gampang sobek.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bahan supernova, semoga bisa di jadikan referensi sebelum membeli produk atau bahan supernova.

Contoh produk katun Supernova

Berikut ini beberapa contoh produk dari bahan supernova yang kita ambil dari berbagai sumber. Jika kami ingin mempromosikan foto atau akun media sosial secara gratis di website ini kamu bisa mengirim foto dan akun media sosial ke admin kami. Foto dan akun media sosial akan di tampilkan di halaman ini sesuai tema yang di bahas.

supernova, katun - contoh pashmina supernova -
Pict by @ty_hijab.id
supernova, katun - Gamis Supernova -
Pict by @reistaputri
supernova, katun - baju supernova -
Pict by @banju_bandung_olshop
supernova, katun - kain supernova seperti apa -
pict by @warungmpokofficial

Tips merawat kain Supernova

Kain ini sebenarnya tidak membutuhkan perawatan khusus seperti bahan sutera atau bahan ceruti namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Hindari meyikat terlalu kuat: Jika tidak terlalu kotor lebih baik tidak usah disikat saat mencuci karena bahan ini mrupakan bahan yang memiliki permukaan sedikit berserabut jadi jika terlalu keras disikat serabut semakin banyak.

2. Jemur di tempat yang teduh dan kering: Kain supernova memiliki karakter warna yang pudar atau kusam jadi kalau bisa hindari penjemuran langsung dibawah terik matahari agar karena tidak semakin kusam.

Selain itu jika masih terdapat air deterjen dan langsung terkena panas kain akan cepat rusak.

3. Usahakan disetrika terlebih dahulu sebelum dipakai: Kain katun khususnya supernova memiliki karakter yang mudah sekali kusut jadi jika setelah dicuci tidak disetrika kain sangat terlihat sekali kusutnya.

4. Jagan memakai dalam keadaan basah: Jangan menggunakan baju yang terbuat dari bahan supernova dalam keadaan belum kering 100%, karena sangat tidak nyaman.

Kain ini terbuat dari bahan katun sehingga bahan tidak cepat kering dan mudah terkena bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + eight =