Katun Bamboo


Katun Bamboo seperti apa? – Kain katun Bamboo adalah kain yang terbuat dari bahan dasar olahan bambu. Tidak menggunakan serat bambu secara langsung.

Bambu diproses terlebih dulu dengan membentuk kembali selulosa secara kimiawi. Yaitu dengan melebur bambu menjadi bubur untuk dijadikan kapas buatan (serat selulosa).

Prosesnya membuat Katun bambu kurang lebih sama dengan pembuatan Katun Viscose.

Perbedaan Katun Bamboo dan Rayon Bamboo

Ada yang bilang katun bambu ada juga yang bilang rayon bambu. Apa sih perbedaannya?

Sebenarnya baik rayon bambu aupun katun bambu merupakan produk yang sama. Semua bahan dasar kain alami memang sering disebut dengan katun.

Akan tetapi jika dilihat dari jenisnya. Bamboo merupakan jenis kain Rayon. yaitu Rayon Bamboo. Sama halnya seperti Rayon viscose yang terbuat kayu.

Jika Cotton adalah kapas atau kain yang terbuat dari kapas akan tetapi Cotton Bamboo terbuat dari kapas buatan yang berbahan dasar bambu. Jadi lebih pas jika katun atau rayon bambu disebut “Cotton Rayon Bamboo”.

Kelebihan katun Bamboo

katun, bahan kaos -  -

Katun Bamboo sekarang banyak diburu orang, khususnya produk kaos. Lalu apa kelebihan katun Rayon Bamboo ini:

1. Memiliki daya serap sangat bagus

Yang pertama adalah kelebihan umum dari kain yang berbahan dasar alami (katun) yaitu memiliki daya serap keringat yang sangat bagus.

Karena memiliki daya serap keringat yang bagus, kain ini sangat sejuk jika dipakai. Karingat juga dapat terserap dengan baik sehingga tidak menimbulkan bau badan berlebih.

2. Memiliki serat yang halus

Bamboo memiliki karakteristik ringan dan serat yang halus, sehingga kaos yang berbahan rayon bamboo ini sangat nyaman dipakai, walaupun saat berkeringat.

3. Memiliki anti bakteri

Bambu merupakan tanaman yang yang mudah tumbuh di berabagai daerah dan jarang sekali terserang hama, hal ini karena tanaman tersebut memiliki anti bakteri alami.

Nah, kelebihan katun bambu yang tidak dimiliki oleh bahan Cotton (kapas) adalah anti bakteri alami yang ada pada kain tersebut.

4. Tidak menimbulkan iritasi pada kulit

Meskipun terbuat dari bahan dasar bambu, kain tidak menumbukan iritasi pada kulit karena jika sudah menjadi produk jadi, kita sudah tiadak dapat membedakan antara kaun bamboo dan katun kombed. Keduanya mirip sekali.

5. Dapat diproduksi lebih cepat

Tumbuhan kapas harus dirawat dengan baik agar dapat tumbuh dan menghasilkan kapas yang lebih banyak. Sehingga perlu waktu dan biaya lebih.

Akan tetapi bambu merupakan tanaman yang mudah tumbuh diberbagai tempat dan jarang sekali terkena hama, selain itu bambu bukan merupakan tumbuhan musiman jadi sewaktu dapat dipanen untuk dijadikan kain.

Hal ini membuat katun bamboo bisa dijual dengan harga lebih murah dari bahan Cotton akan tetapi dengan kualitas yang sama.

Kekurangan katun Bamboo

katun, bahan kaos - kelebihan dan kekurangan katun bambu - karakteristik katun bambu serta kelebihan dan kekurangannya

Kekurangan katun bamboo yaitu masih terbatasnya jenis kain yang terbuat dari katun bambu ini. Sehingga selain bahan kaos harganya masih sangat mahal.

5 Jenis bahan kaos yang perlu kamu ketahui

Berikut ini 5 jenis bahan kaos yang populer digunakan untuk produksi, termasuk kekurangan dan kelebihan dari masing masing bahan…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *