Karakteristik dan harga Kain Taslan bahan waterproof

Jika Anda memiliki hobi mendaki atau sedang membutuhkan jaket anti air maka Anda bisa mencoba jaket dengan bahan kain taslan. Bahan taslan memiliki banyak kelebihan untuk dijadikan sebagai pakaian activewear.

Memiliki jaket dengan bahan taslan akan menguntungkan ketika musim hujan. Selain itu, bahan taslan juga cukup ringan sehingga tidak terlalu berat saat dibawa pergi. Walaupun begitu tidak semua jenis pakaian cocok dibuat menggunakan bahan taslan.

Seperti Apa Kain Taslan?

Bahan taslan merupakan bahan yang memiliki kerapatan serat tinggi dan sedikit licin. Benang yang digunakan dalam pembuatan bahan taslan adalah benang sintetis bertekstur, sehingga kain yang dihasilkan ringan, lembut, kuat, dan memiliki daya tahan yang tinggi.

Advertisements

Selain itu, terdapat juga bahan taslan yang terbuat dari serat polyester atau diberi tambahan lapisan coating untuk mendapatkan hasil kain yang lebih baik. Umumnya, jenis kain dengan tambahan coating dipakai dalam pembuatan jas hujan atau perlengkapan outdoor lainnya.

Ciri atau Karakteristik

Bahan taslan memiliki karakteristik yang khas dan penggunaan bahan juga cukup berbeda dengan jenis kain lainnya. Berikut ciri atau karakteristik dari bahan taslan, yaitu:

  • Bahan taslan lebih mudah kering daripada bahan katun.
  • Sebagian besar bahan taslan memiliki sifat anti minyak dan anti jamur, sehingga perawatannya lebih mudah.
  • Memiliki tekstur kain yang lembut dan cocok dipakai sebagai bahan pembuatan pakaian.
  • Memiliki elastisitas yang tinggi dan membuat pemakainya merasa nyaman.
  • Kain taslan dengan harga premium memiliki sifat yang sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit.
  • Termasuk jenis kain yang aman dipakai di badan, karena bahan taslan memiliki sifat menjaga kelembaban yang berlebihan di badan.

Kelebihan-Kekurangan Kain Taslan

Bahan taslan sangat cocok dibuat sebagai bahan pembuatan pakaian outdoor dengan berbagai kelebihannya. Walaupun begitu, bahan taslan juga tetap memiliki kekurangan. Berikut kelebihan dari bahan taslan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

Advertisements
  • Kain taslan dibuat menggunakan nanoteknologi

Bahan taslan adalah kain yang bisa bertahan di segala macam cuaca dan awet. Hal ini berkaitan dengan pembuatan kain yang memakai teknologi canggih berhubungan dengan nanoteknologi. Bahan taslan banyak digunakan sebagai activewear karena sifat bahan yang elastis. 

Selain itu, bahan taslan juga digunakan sebagai bahan trench coat yang mampu melindungi penggunanya dari cuaca ekstrem.

  • Anti noda dan jamur

Walaupun pakaian dari bahan taslan banyak digunakan untuk kegiatan outdoor, namun bahan taslan memiliki kelebihan mudah dibersihkan. Anda bisa membersihkan bahan taslan menggunakan kain basah untuk mengurangi debu yang menempel pada pakaian.

  • Bahan anti air

Nanoteknologi dalam pembuatan bahan taslan membuat kain ini anti air. Apabila Anda mencoba menuangkan air di atas kain maka Anda bisa melihat butiran air yang bulat sempurna. Sehingga, kain taslan sangat cocok dipakai ketika musim hujan.

  • Mudah kering

Bahan taslan bisa dipakai sebagai bahan yang praktis. Setelah dibersihkan, waktu pengeringan pakaian juga tidak terlalu lama. Pakaian dengan bahan taslan hanya perlu diangin-anginkan semalaman maka pakaian sudah bisa digunakan lagi. 

Bahan taslan juga termasuk sebagai bahan yang tidak mudah lecek.

  • Hangat dan bisa melawan udara dingin

Bahan taslan ini memiliki ketebalan yang cukup dan tekstur yang lentur. Oleh karena itu, jaket yang terbuat dari bahan taslan sangat cocok digunakan ketika udara dingin. Bahan taslan akan membuat suhu tubuh menjadi lebih hangat.

Advertisements

Selain memiliki kelebihan-kelebihan yang patut Anda pertimbangkan, ada juga kekurangan dari bahan taslan. Berikut kekurangan-kekurangan dari bahan taslan, yaitu:

  • Sulit untuk dijahit

Umumnya, kebanyakan bahan dengan karakteristik tahan terhadap air dan tebal akan lebih sulit dijahit. Hal ini tidak menjadi masalah jika Anda membeli pakaian jadi dengan bahan taslan dan tidak menjahitnya sendiri.

  • Tidak bisa digunakan setiap waktu

Penggunaan bahan taslan akan sangat menguntungkan ketika hujan maupun pergi ke daerah yang dingin. Namun, jika Anda menggunakannya saat keadaan panas maka Anda akan merasa sangat tidak nyaman.

  • Sulit menyerap pewangi

Jika Anda ingin mencuci dan menambahkan pewangi pada bahan taslan maka pewangi akan sulit menempel. Hal ini berhubungan dengan kemampuannya yaitu anti air.

Harga Kain Taslan

Harga bahan taslan yang berkisar di Indonesia mulai dari harga Rp30.000 per meter. Semakin murah harga bahan taslan yang ditawarkan biasanya kain yang dijual cukup tipis. Untuk bahan taslan yang cukup tebal biasanya dijual diatas Rp 40.000 per meter. 

Untuk harga taslan dengan kualitas premium bisa mencapai Rp130.000 per meter.

Jenis Kain Taslan

Berdasarkan kegunaan dan desain terdapat beberapa jenis bahan taslan yang dijual. Berikut beberapa jenis bahan taslan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu:

Taslan Milky

Taslan milky adalah jenis taslan dengan coating berwarna putih susu atau milky di bagian dalamnya. Taslan milky bersifat water resistant dan cocok digunakan dalam pembuatan jaket, tas, atau bean bag. 

Ciri khas taslan milky adalah permukaan kain yang licin dengan kerapatan serat yang cukup tinggi.

Taslan salur

Taslan salur merupakan varian kain taslan yang biasanya dibuat menjadi jaket outdoor, jaket windbreaker, jaket parka, dan jaket lainnya.

Taslan balon

Taslan balon adalah jenis kain dengan permukaan bahan lumayan licin, terdapat coating balon, dan kerapatan serat yang cukup tinggi. Lapisan balon pada kain membuat bagian dalam taslan balon tahan air dan jika terkena air tidak akan merembes ke bagian dalam.  

Walaupun terdapat coating balon, tetapi bahan taslan ini tetap ringan dan mudah untuk dilipat. Jika dibuat menjadi pakaian juga tidak akan terasa panas.

Taslan Coating Bening

Sifat dari taslan coating bening ini hampir sama dengan taslan milky yaitu anti air dan bisa digunakan untuk pembuatan tas, jaket, dan bean bag. Selain sifat bahan yang mirip, penampakan bahan taslan coating bening juga hampir serupa. 

Bukan berwarna putih susu, lapisan anti air pada bahan taslan coating bening berwarna bening.

Taslan parasut

Jenis taslan parasut memiliki spesifikasi yang khusus. Taslan parasut terbuat dari polyester dengan lapisan rubber coating. Jenis taslan ini bersifat windproof 95%, waterproof, serta nyaman digunakan ketika aktivitas outdoor.

Taslan latex

Jika dilihat secara sekilas jenis taslan latex mirip dengan taslan balon. Namun, kedua jenis taslan ini memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Berbeda dengan taslan balon, taslan latex tidak boleh terlalu lama terekspos dengan air.

Contoh Penggunaan

Bahan taslan bisa dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai jenis pakaian maupun barang lainnya. Umumnya, bahan taslan digunakan sebagai bahan pembuatan jaket dan celana untuk keperluan kegiatan outdoor. 

Selain pakaian, bahan taslan juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan tas, jas hujan, bean bag, body cover, dan tenda. Kemampuannya bahan taslan dalam menghalau udara dingin membuat bahan ini sangat cocok dibuat menjadi berbagai macam keperluan untuk aktivitas outdoor. 

Body cover kendaraan dari bahan taslan juga mampu melindungi kendaraan dari debu, air hujan, serta panas matahari.

Saat ini ada banyak jaket outdoor kain taslan dijual di pasaran dengan harga yang bervariasi. Untuk memperoleh pakaian dengan kualitas yang bagus maka Anda harus teliti sebelum membelinya. Jangan sampai Anda tergiur dengan harga yang terlalu murah.

Diambl dari Berbagai Sumber:

  • https://ilhamteguh.com/bahan-taslan/#Kekurangan_Kain_Taslan
  • https://olympics30.com/kain-taslan/
  • https://fitinline.com/article/read/6-jenis-kain-taslan-dan-pemanfaatannya-pada-produk-pakaian-hingga-perlengkapan-outdor/
  • https://www.popbela.com/fashion/style-trends/michaelrichards/kelebihan-dan-kekurangan-bahan-taslan/5
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *