Pasar KLIWON KUDUS: Pasar grosir murah dan lengkap

Lokasi grosir jilbab pasar kliwon kudus

Berencana ingin ke pasar kliwon Kudus untuk kulakan? atau mau datang ke kota Kudus dan ingin sekalian mampir ke pasar grosir ini? baca artikel ini dulu untuk mengetahui kondisi, lokasi, tempat parkir dan tips saat di pasar tersebut agar tidak bingung setelah sampai di sana.

Lokasi grosir jilbab pasar kliwon kudus

Sejarah Pasar Kliwon Kudus

Pertama, kita bahas sedikit sejarah mengenai pasar kliwon Kudus terlebih dahulu. Dari berbagai sumber pasar ini ternyata sudah ada sejak zaman belanda. Dari dulu memang pasar ini menjadi salah satu pusat niaga di kota kudus dan kota sekitarnya, namun tidak sebesar sekarang ini.

Karena dulu pasarnya tidak terlalu besar jadi pasar ini terdapat terminal delman (dokar) atau dalam istilah Jawa terminal itu disebut koplakan.

Semakin lama pasar semakin ramai, sampai terminal delman (koplakan) menjadi penuh, digunakan untuk jual beli burung dan ayam atau unggas lain. Sehingga pemerintah kudus berinisiatif memindahkan “kpolakan” ke sebelah tenggara pasar yang tempatanya lumayan jauh dari pasar kliwon, sehingga pasar kliwon ini steril dari unggas dan di khususkan untuk pasar yang menyediakan kebutuhan sehari-hari.

pasar-kliwon-tempo-dulu

gambar ilustrasi (pict by www.gahetna.nl)

Dilihat dari namanya dulu pasar kliwon ini dulu hanya beroperasi pada hari Jawa yaitu “Kliwon” namun sekarang pasar ini beroperasi setiap hari. Penjual dan pembeli mulai berdatangan dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Dilihat dari sejarah bangunan pasar ini mengalami 2 kali terbakar tepatnya pada tahun 1981 dan 2011. Setelah terbakar pasar ini pembaharuan dan renovasi sampai sekarang bangunan sekarang ini.

Lokasi Pasar Kliwon Kudus

Letak pasar ini berada di sebelah timur simpang 7 dan alun-alun kota kudus, lokasinya kurang lebih 1 km tepatnya di Jl. Jendral Sudirman yaitu jalan arah Jepara-Pati jalur kota.

Jalan utama menuju pasar kliwon Kudus yaitu Jl. Jendral Sudirman mengalami beberapa perubahan, pertama jalan bisa dilalui dua arah, karena jalan sempit sepat diberlakukan satu arah saja dan dibuatkan khusus jalur becak. Sekarang jalan diperlebar dan jalur becak sudah dihilangkan sehingga dibuka untuk dua arah.

Jika kita dari jalur Semarang, jalan yang paling mudah adalah lewat simpang 7 kemudian ke timur arah pati. Jika kita dari arah Jepara, kita lurus saja sampai alun-alun kudus kemudian ambil jalur arah ke timur arah pati dan jika kita dari arah Pati, dari jalan jalur pati kita lurus ke barat arah alun-alun Kudus pasar berada di kiri jalan.

Atau bisa menggunakan peta Google map berikut ini:

<

Apa saja yang bisa kita dapatkan di pasar kliwon Kudus?

Pasar Kliwon Kudus merupakan pasar terbesar di Jawa bagian timur yang menyediakan berbagai macam barang jadi baik grosir maupun ecer.

Tak hanya pembeli di dari kota kudus saja namun banyak pedagang dari kota tetangga seperti Jepara, Demak, Pati, Demak bahkan semarang sampai kota brebes banyak yang datang untuk kulakan di pasar kliwon ini untuk dijual di kota mereka.

Tak sedikit juga pedagang yang datang dari luar pulau seperti kalimantan yang sengaja datang rombongan untuk kulakan di pasar ini. Pasalnya harga harga barang yang di jual di pasar kliwon termasuk murah jika membeli grosir dan tahu cara membelinya.

Pasar ini menyediakan berbagai barang jadi seperti, pakaian, sepatu/sendal, tas, oleh-oleh haji dan umroh, aksesoris mainan, elektronik, peralatan rumah tangga, sampai peralatan tukang ada di sini. Bahkan kita juga bisa menemukan makanan, daging dan sayur di pasar ini tentunya dengan lokasi yang berbeda.

Lokasi penjual pakaian di pasar Kliwon Kudus

Untuk menemukan pakaian jadi di pasar ini sangatlah mudah. Dari pintu utama yang berada di sebelah timur dekat dengan parkiran kita sudah bisa menemukan pakaian jadi seperti baju gamis, celana dan lain sebagainya. Kita bisa memilih toko pakaian jadi sepanjang jalan.

Grosir jilbab di pasar Kliwon Kudus

Salah satu barang yang sering dicari orang adalah jilbab, jika kamu ingin kulakan jilbab atau membeli jilbab grosir di di pasar kliwon kamu bisa mengunjungi di block A1, A2, B1, C1, D1 baik di dalam maupun diluar pasar.

Jilbab yang dijual di setiap blog memiliki harga yang berbeda jadi kita harus teliti dan pintar-pintar menawar harga. Ingat jilbab yang dijual di pasar kliwon kebanyakan jilbab kelas bawah jadi kualitas dan bahan standar.

Untuk membeli jilbab dan gamis grosir maupun ecer kualitas terbaik dan harga cukup murah datang saja ke eldya atau cek di produk di produk eldya

Lebih jelasnya tentang lokasi penempatan bisa melihat peta lokasi atau block penjualan di pasar kliwon:

peta lokasi block pasar kliwon kudus

Tips belanja dan berkunjung di pasar kliwon Kudus

Jika kamu belum pernah belanja di pasar kliwon Kudus, silahkan membaca tips berikut ini:

1. Hari Minggu

Hari minggu adalah hari paling ramai di pasar ini, rata-rata pedagang dari luar kota belanja setiap hari minggu ini. Jadi jika kamu menghindari keramaian jangan datang di hari minggu. Nun jika ingin kulakan usahakan datang pada hari minggu karena jika datang di hari senin barang biasanya sudah kehabisan.

2. Datang sebelum jam 9

Datang lebih awal agar dapat tempat parkir yang nyaman karena jika kamu datang di atas jam 9 biasnaya tidak dapat parkir. Kalupun dapat biasanya lokasinya lumayan jauh dari pintu masuk.

3. Tiket Parkir

di pasar kliwon ada dua pilihan lokasi parkir yaitu di halaman pasar atau di dekat jalan yang kedua yaitu di gedung parkir.

Kebanyakan orang memilih di halaman pasar karena lebih mudah dan dekat dengan pintu masuk namun jika parkir di halaman dekat pintu masuk tiket parkir mobil sebesar 500.00 untuk hari biasa dan 10.000 hari hari mendekati lebaran, motor 2.000 untuk hari biasa dan 5.000 hari mendekati lebaran.

Untuk parkir di gedung parkir hanya tersedia untuk parkir mobil yaitu sekarang Rp 3.000 saja baik hari bisa atau menjelang lebaran.

Walaupun jauh namun di gedung parkiran sudah disediakan lift dan lebih aman tentunya.

4. Ajak teman yang sudah faham

Pasar kliwon terkenal murah namun jika kita tidak pernah datang atau belum kenal dengan pedagang nya kita tepat diberi harga mahal. Jadi lebih baik ajak teman atau ikut pedagang yang sudah faham saja.

Jika tidak ada, silahkan meyakinkan penjual jika kamu adalah pedagang dan cek harga jual terlebih dahulu sebelum kamu kulakan banyak agar tidak tertipu dengan harga.

Fasilitas yang ada di pasar Kliwon Kudus

Pasar kliwon ini termasuk pasar yang bersih dan aman serta tidak ada preman yang berkeliaran jadi bisa dibilang sangat aman namun kita harus tetap waspada. Berikut fasilitas dari pasar kliwon kudus

  • Area parkir
  • Lift
  • Eskalator
  • Ruang informasi
  • Tempat makan
  • Tolilet
  • ATM semua bank
  • Becak

Itulah informasi singkat mengenai pasar kliwon kudus, semoga bermanfaat.

Leave a Reply