9 Jenis kain CREPE yang populer untuk bahan jilbab dan gamis

bahan bubble seperti apa

Kain crepe atau yang di baca “krep” termasuk kain yang banyak digunakan untuk bahan produksi busana wanita seperti baju gamis, rok atasan dan jilbab.

Walaupun terbuat dari bahan PE atau serat sintetis kian ini sangat dicari orang. Satu keunikan yang paling disukai dari jenis kain ini adalah karena memiliki karakter unik yaitu, tekstur kain yang kasar seperti kulit jeruk atau pasir.

Kain krep seperti apa?

Seperti yang saya katakan diatas tadi kain krep adalah kain yang memiliki tekstur kasar seperti kulit jeruk atau seperti pasir ada juga yang memiliki tampilan seperti lumut.

Kain krep sendiri memiliki banyak macam, dari mulai yang tipis, yang agak kaku, yang melar dan yang halus. Kita bisa memilih kain sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya untuk baju, gamis atau gaun, rok, tunik atau jilbab.

Kain krep yang kita temui hampir semua tidak memiliki motif atau polos saja, namun sebenarnya kain krep ini juga diproduksi dengan motif berbagai motif.

Kain motif memiliki batas tend atau mempunyai masa, jika tidak sedang rend maotif terlihat aneh atau kuno jadi toko kain tidak banyak menjual kain crepe motif karena pembeli lebih suka yang polos. Selain itu kain crepe ini memiliki tekstur unik seperti pasir, jadi tanpa motifpun kain ini sudah terlihat berkarkter.

Kain krep yang beredar di pasaran Indonesia sendiri sangat banyak namun yang paling banyak kita temui ada 9 jenis kain krep. Apa saja itu?

  1. Bubble crepe
  2. Diamond Italiano 
  3. Diamond Georgette
  4. Moss crepe
  5. Arabian crepe
  6. Crezia crepe
  7. Barbie Crepe
  8. Wolly crepe
  9. Baby doll

Sekarang kita bahan satu persatu agar tahu perbedaan serta penjelasan singkat dari kain crepe yang disebutkan di atas.

1. Kain Bubble crepe

Kain bubble merupakan jenis kain crepe yang paling besar tekstur kasarnya. Jika di ibaratkan tekstur pada kain ini terlihat benar benar seperti kulit jeruk.

bahan bubble seperti apa

Bahan bubble sangat elastis dan melar jika ditarik sehingga kain ini banyak disukai untuk bahan jilbab instan. Selain itu bahan ini juga tidak licin dan lumayan adem sehingga banyak juga digunakan untuk bahan gamis, tunik baju dan rok.

contoh produk bahan bubble

2. Kain Diamond Italiano

Bahan diamond Italiano merupakan kain yang sering dijadikan untuk bahan gamis dan jilbab. Salah satu jilbab yang trend dari bahan ini adalah “pashmina diamond Italiano”.

gambar kain diamond

Jika kita melihat di instagram banyak sekali selebgram yang memakai jilbab pashmina bahan diamond italiano ini.

Kain ini memiliki tekstur kasar dan rapat seperti pasir dan agak melar. Kain ini juga lumayan tebal, sedikit kaku dan tidak transparan.

pashmina ternd terbaru

3. Kain Diamond Georgette

Bahan diamond georgette juga termasuk keluarga crepe karena juga memiliki tekstur pasir. Namun tekstur pasir pada bahan diamond georgette lebih kecil dan lebih halus.

bahan-diamond-georgette

pict by @benang.la

Kain diamond geoargette juga tidak setebal diamond Italiano jadi bahan ini sering digunakan untuk jilbab yang memiliki dobel layer atau dobel kain. Seperti jilbab segi emat instan atau jilbab syari.

Jangan salah ya, kain diamond georgette tidak sama dengan ceruti georgette. Kain ceruti georgette seperti chifon transparan dan ada sedikit tekstur pasir, namun untuk kain diamond georgette meskipun tipis tidak transparan.

jilbab-instan-salwa

4. Kain Moss crepe

Kain Moss crepe memiliki tekstur yang hampir mirip dengan diamon crepe yaitu seperti tekstur yang rapat kecil seperti butiran pasir. Namun kain moss crepe ini lebih lentur dari pada kain diamond Italiano.

penjelasan bahan moss crepe

Kain ini lebih banyak digunakan untuk bahan gamis dari pada bahan hijab karena memiliki karakteristik yang jatuh dan tidak transparan.

5. Kain Arabian crepe

Kain ini persis seperti kain moss crepe, ada yang mengatakan kalau arabian crepe adalah kain moss crepe namun memiliki kualitas yang lebih bagus.

kain arabian crepe

pict by @mjestex

Benar memang kain ini sama dengan moss crepe baik tekstur maupun ketebalan namun arabian crepe terasa lebih lembut jika dipegang.

6. Kain Crezia crepe

Crezia crepe termasuk kain keluarga crepe yang sangat elastis, bisa ditarik secara vertikal maupun horizontal dan kain akan kembali seperti semula.

kain-crezia-crepe

pict by https://www.mizutex.com

Kain ini hampir mirip diamond geoargette, ringan halus dan agak nerawang namun tidak setipis kain diamond georgette.  Banyak digunakan untuk jilbab gamis maupun atasan.

7. Kain Wolly crepe

Dari beberapa jenis kain crepe, kain ini adalah kain crepe yang paling tebal namun memiliki tekstur pasir yang halus dan tidak terlalu terasa jika dipegang.

amunzen-crepe

pict by @mizutextile

Ada satu jenis kain wolly crepe namun memiliki kualitas yang lebih bagus yaitu Amuzen crepe. Amuzen crepe, bisa dibilang Amuzen crepe adalah jenis kain wolly crepe yang memiliki kualitas bagus.

Contoh produk gamis bahan wolly crepe:

gamis-bahan-wollycrepe

pict by @le_khari

8. Kain Barbie crepe

Bahan barbie crepe yaitu kain keluarga crepe yang memiliki karakter sama persis dengan wolly crepe namun lebih halus dan memiliki kualitas yang lebih bagus. Harganya pun sedikit lebih tinggi dari bahan wollycrepe.

kain-barbie-crepe

pict by https://www.mizutex.com

9. Kain Baby Doll

Kain ini termasuk jenis kain ceruti premium yaitu kain tipis dan transparan namun tidak setipis kain shifona tau kain ceruti georgette. Kain ini juga memiliki tekstur seperti pasir sehingga kita bisa memasukkan kain ini ke keluarga crepe. Kain ini juga memiliki karakter yang sangat jatuh dan adem sehingga banyak digunakan untuk jilbab syari dua layers.

kain babay doll

Walaupun tipis kain ini tidak melar seperti crezia crepe. Bnayak digunakan untuk hijab dan gamis atau sebagai variasi dalam busana.

produk-kain-babydoll

pict by @asrihan

 

Berikut ini tabel ringkasan dari penjelasan bahan di atas:

noBahanKetebalanTekstur KasarProduk
1Bubble crepetipisBesargamis, jilbab, rok, baju, tunik
2Diamond ItalianoTebalKecilgamis, jilbab, rok, baju, tunik
3Diamond GeorgettetipisLebih kecil dan halusjilbab, baju
4Moss crepetebalkecil kasar mirip diamnd italianogamis, jilbab, rok, baju, tunik
5Arabian crepetebalkeci kasar mirip diamond iatalianogamis, jilbab, rok, baju, tunik
6Crezia crepetipiskecil agak kasargamis, jilbab, rok, baju, tunik
7Barbie Crepetebalnya sama dengan wolycrepekecil, halusgamis, rok, baju
8Wolly crepepaling tebalkecil, halusgamis, rok, baju
9Baby dolltipiskecil, halusjilbab, atasan

Perkembangan dunia kain sangat cepat, dan kemungkinan ada jenis bahan crepe terbaru.

Leave a Reply