Kain Rayon VISCOSE seperti apa? Karakteristik dan contoh Gambar

kain-viscose-seperti-apa

Kain Viscose adalah kain yang terbuat dari bahan dasar tumbuhan, paling banyak digunakan adalah pohon akasia.

Pohon di proses secara ilmiah sehingga menghasilkan selulosa yg di regenerasi menjadi sebuah serat “seperti kapas” sehingga kain viscose juga dikenal dengan “katun sintetis” atau kapas buatan.

serat katun viscose

pict by https://www.brosispku.com/

Nantinya kapas buatan ini dipintal menjadi benang yang akan digunakan untuk produksi bahan kain dan kain yang menjadi nama “kain viscose”.

Meskipun kain viscose merupakan kain sintetis atau  kain buatan kain ini memiliki karakteristik yang sama dengan kain bahan “kapas” yaitu nyaman dan memiliki daya serap keringat yang sangat baik. Karena kain ini bukan terbuat dari bahan PE (polyester) melainkan terbuat dari bahan alami.

contoh-katun-viscose

pict by https://www.overstock.com/

 

produk-rayon-viscose

pict by https://www.ovsfashion.com/

Perbedaan katun dan viscose

Jika sudah menjadi sebuah produk kita tiak akan bisa membedakan mana kain viscose dan mana kain katun asli karena keduanya memang terbuat dari bahan alami.

kain-viscose-seperti-apa

pict by https://www.fabrics-hemmers.com/

Jika dibakar katun viscose juga tidak menimbulkan bau seperti bahan polyester namun lebih mirip bahan katun.

Kita hanya bisa mengetahui kain tersebut dari menjualnya atau dari label yang tertera pada sebuah produk atau bahan kain.

Berikut penjelasan bahan katun:

Jenis KAIN KATUN yang populer untuk bahan produksi pakaian

Karakteristik kain Viscose

Seperti yang saya katakan tadi kain viscose memiliki karakteristik sama seperti bahan katun yaitu:

  • Memiliki daya serap keringat yang sangat baik
  • Nyaman saat dikenakan
  • Cocok untuk segala macam pakaian
  • Cocok untuk busana semua usia
  • Gampang di produksi
  • Memiliki tampilan yang bagus
  • Mudah kusut
  • Tidak tahan terhadap bakteri

Katun viscose Campuran

Sama seperti kain katun “kapas” kain katin viscose juga dipadukan dengan bahan lain untuk berbagai kebutuhan.

Seperti Mencampur serat viscose dengan spandex, serat viscose dengan polyester serat viscose dengan katun “kapas” , dengan sutera dan lain sebgaianya.

Pencampuran serat ini sangat lumrah dilakukan oleh perusahaan tekstil, makanya jangan heran jika tapilan katun viscose ada yang seperti katun biasa, ada yang seperti spandex ada juga yang mengkilap dan lain-lain.

Harga kain viscose

Jika dilihat dari harga bahan viscose memiliki harga yang lebih murah dari bahan kapas, karena bahan viscose bisa diproduksi sekala banyak dan tidak terbatas. Sedangkan tumbuhan kapas tergantung pada hasil panen kapas.

Jika sudah menjadi sebuah kain biasanya kain katun viscose juga memiliki harga yang lebih murah dari katun dengan kualitas yang sama.

Katun Viscose dipakai brand ternama

Karena ramah lingkungan serta mudah diperbarui kain ini menjadi pilihan bahan dasar brand-baran ternama, Beberapa brand terkenal yang menggunakan katun viscose adalah: Zara, Uniqlo, H&M dan maish banyak brand-brand besar lain.

Tentunya jika sudah melalui brand-brand tersbut harga produk sudah tidak semurah seperti harga kain yang dijual di pasaran karena cara pengolahan kain sudah berbeda sehingga menghasilkan kualitas produk yang berbeda pula.

Indonesia adalah produsen Rayon Viscose Terbesar se Asia

Perlu kamu ketahui, Negara kita ini memiliki pabrik pebuat kapas buatan “viscose” terbesar se asia yaitu APR (Asia Pacific Rayon). Pabrik ini berada di riau.

Mulai dari pembibitan, penanaman pohon sampai proses pembuatan ada dalam satu area pabrik ini tanpa import sama sekali dari luar negeri. Karena bahan utamanya memang tumbuh subur di riau jadi memang Indonesia sangat strategis untuk produksi rayaon viscose.

Berikut ini video proses pembuatan katun viscose:

Keuntungan Menggunakan Katun Viscose

Berikut ini beberapa keuntungan, menggunakan katun viscose

Murah: Bahan dasar murah dan selalu bisa diperbarui tanpa merusak alam.

Ramah Lingkungan: Tidak seperti polyester, pembuatan bahan dasar kain ini sama sekali tidak merusak lingkungan karena terbuat dari bahan alami. Selain itu kain ini juga dapat terurai dengan mudah.

Nah sampai sampai sat ini ada yang bingung perbedaan antara kain rayon dan viscose. berikut penjelsasannya

Apa perbedaan kain Rayon dan Viscose?

Dari sumber yang saya dapatkan yaitu wikipedia mengatakan bahwa Rayon adalah serat buatan yang terbuat dari bahan alami seperti kayu dan produk pertanian, atau serat selulosa yang di regenerasi.

Sedangkan Viscose adalah metode yaitu me-regenerasi selulosa yang nantinya menjadi sebuah serat. Nah serat viscose ini nantinya akan di pintal menjadi sebuah benang dan dibuat kain oleh pabrik.

Jadi Rayon adalah jenis serat sedangkan viscose adalah metode.

Jadi kalau Viscose adalah metode berarti masih ada lagi metode lain selain viscose? benar, berikut beberapa jenis raon:

  • Nitrocellulose
  • Acetate
  • Cuprammonium method
  • Viscose method
  • Lyocell
  • Modal

Dari ke enam metode diatas yang paling populer adalah metode viscose. Maka dari itu sampai sekarang banyak orang beranggapan antara rayon dan viscose itu sama. Oke, sudah jelas ya?

Leave a Reply