Gambaran bahan katun Toyobo, apa keistimewaannya?

By | October 16, 2019
kain-toyobo

Pic by @mizutextile

Kain toyobo termasuk salah satu jenis kain yang masih dalam kategori katun. Jadi karakternya dan penampilannya hampir mirip seperti katun jepang atau katun Ima.

Ada beberapa ciri yang membedakan antara katun Toyobo dengan katun lainnya. Simak penjelasan berikut:

Katun Toyobo Seperti Apa ?

Katun toyobo memiliki karakteristik seperti katun pada umumnya yaitu menyerap keringat dan adem jika dikenakan.

Sekilas bahan ini memiliki tekstur yang yang mirip sekali dengan katun ima slup yaitu memiliki serat kain yang halus dan rapat. Namun jika dipegang katun toybo juga terasa lebih lembut dibandingkan katun jepang dan katun ima.

Toyobo memang berbahan dasar katun yang terkenal kaku, tetapi tidak pada kain ini. Kain ini sudah dicampur dengan beberapa bahan dasar lain sehingga kain ini terasa lembut, ringan dan dan jatuh saat dikenakan namun sifat jatuh pada bahan ini tidak lebih dari bahan wolfis.

Katun toyobo lebih sering dijadikan untuk bahan gamis, baju, kemeja dan celana karena memiliki sifat yang rapi serta adem dan nyaman dikenakan seperti katun jepang pada umumnya.

Tidak terlalu banyak digunakan untuk bahan hijab apalagi jilbab instan, namun ada beberapa produsen yang menggunakan bahan ini untuk bahan jilbab pashmina dan segi empat yang pinggirannnya dibuat model rawis.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai katun toyobo di sini saya akan membandingkan dengan bahan lain yang hampir mirip yaitu katun ima dan katun jepang.

Apa Perbedaan Katun Toyobo dengan Katun Jepang?

Meskipun memiliki bahan dasar dan serat yang sama katun jepang dan katun toyobo jelas berbeda. Katun jepang memiliki serat kain yang sedikit lebih kasar dan agak besar sedangkan katun toyobo memiliki serat yang halus dan lebih kecil.

Apa Perbedaan katun Toyobo dengan Katun Ima?

Kalau dengan katun ima polos ini memang sangat mirip, namun tampilan katun toyobo lebih glossy. Jika ditimbang katun toyobo memiliki bobot yang lebih ringan dari katun ima karena memang toyobo termasuk kain yang ringan.

10 Keistimewaan Katun Toyobo

Termasuk kain yang bisa dikatakan memiliki trend penjualan yang cenderung naik dan semakin populer, terbukti banyak sekali yang mencari informasi mengenai katun ini di mesin pencari Google.

Berikut 10 keistimewaan kain toyobo yang menjadi daya tarik peminatnya:

  1. Tidak Melar
  2. Kain halus dan rapat
  3. Tidak tembus pandang sehingga bisa dipakai tanpa furing
  4. Kain adem dan bisa menyerap keringat
  5. Memiliki sifat ringan dan jatuh
  6. Terlihat rapi apalagi setelah di setrika
  7. Tahan panas tidak seperti kain diamond
  8. Memiliki kesan mewah karena kain sedikit glossy
  9. Memiliki pilihan warna elegan
  10. Warna lebih awet

Kain ini sangat laris masin dipasaran karena cocok sekali untuk bahan busana yang dikenakan untuk acara formal dan non formal atau casual.

Harga Kain Toyobo Permetar

Katun toyobo yang paling banyak di jual memiliki ukuran lebar 150. Harga permater kain toyobo kualitas premium sekitar 40.000 sampai 50.000, Tergantung lokasi penjualan.

Kain ini tergolong bahan yang mahal, lebih mahal dari katun jepang tapi sekarang harganya sudah setara dengan kain katun Ima. Jika sudah dibuat produk jadi seperti gamis misalnya, harganya bisa mencapai 300 ribuan bahkan bisa lebih.

Namun sekarang banyak kain yang mirip dengan katun toyobo bahkan ada juga katun toyobo kw yang memiliki kualitas standar dengan harga jual yang lebih rendah.

Pastikan kamu membeli kain atau produk di tempat yang terpercaya seperti di toko busana muslim eldya hijab. Semua bahan yang digunakan untuk membuat produk menggunakan bahan original (atau premium) jadi wajar saja kalau eldya memiliki pelanggan tetap meskipun harga relatif mahal.

Tips Merawat Katun Toyobo

Kain katun merupakan jenis kain yang kuat, jadi untuk merawat kain ini tidak membutuhkan penanganan khusus. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Saat mencuci jangan mencampur kain ini dengan kain warna lain agar tidak kelunturan warnanya.

2. Sesekali gunakan setrika uap agar kain terlihat rapi atau cuci di tempat laundry favorit, karena kain toyobo termasuk kain yang terlihat tidak bagus jika kucel.

3. Jika kain berupa busana seperti gamis, setelah di setrika simpan menggunakan gantungan agar tidak lecek kembali.

Spread the love

Leave a Reply